Snapdragon X Elite diluncurkan pada gelaran Snapdragon Summit 2023. (Sumber gambar: Qualcomm)

Snapdragon X Elite, Prosesor PC Terbaru dari Qualcomm yang Diklaim Super Ngebut

26 October 2023   |   14:46 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Qualcomm meluncurkan prosesor terbarunya, Snapdragon X Elite pada gelaran Snapdragon Summit 2023. Prosesor komputasi ini diklaim paling kuat, cepat, dan efisien yang pernah dibuat untuk personal computer (PC) dengan pemanfaatan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. 

Rebranding dari Snapdragon 8cx, chipset terbaru Qualcomm ini disebut-sebut membuat kinerja CPU ngebut berkat teknologi CPU Oryon yang memiliki kecepatan hingga 3.8Ghz dengan single atau dual-core boost hingga 4.3GHz. Prosesor ini pun menjadi paling efisien di PC dengan masa pakai baterai hingga beberapa hari dengan sekali pengisian daya.

“Snapdragon X Elite mewakili lompatan dramatis dalam inovasi untuk komputasi saat kami menghadirkan CPU Qualcomm Oryon khusus kami yang baru untuk kinerja super-charged," ujar Kedar Kondap, Senior Vice President & General Manager of Compute & Gaming Qualcomm, dikutip Hypeabis.id dari laman resmi, Kamis (26/10/2023).

Baca juga: Cek Fitur Snapdragon G Series, Lini Chipset Khusus Konsol Game Handheld Terbaru dari Qualcomm

Snapdragon X Elite dibekali Hexagon NPU yang memberikan pengalaman AI yang super cepat dan aman. Memanfaatkan Qualcomm AI Engine, Snapdragon X Elite dapat menjalankan model AI generatif lebih dari 13 miliar parameter pada perangkat. Perusahaan mengklaim platform seluler memiliki pemrosesan AI 4,5 kali lebih cepat dibandingkan pesaingnya.

"Pengalaman AI pada perangkat yang kuat akan memungkinkan multitasking yang mulus dan pengalaman intuitif baru bagi pengguna, memberdayakan konsumen dan bisnis,” sebut Kondap.

Buat para gamer, Snapdragon X Elite memiliki arsitektur System-on-a-Chip 4nm yang didukung CPU Oryon 12-core terbaik di kelasnya hingga 3,8 GHz untuk peningkatan single-core dan dual-core hingga 4,3 GHz. Semakin nyaman lantaran kinerja CPU lebih cepat.

Sementara itu, GPU Adreno memberikan grafis yang menakjubkan untuk grafis yang lebih imersif. GPU ini menawarkan dukungan untuk tampilan 4K pada 120Hz dan HDR10, juga memiliki dukungan layar eksternal triple UHD (4K) dan dual-5K. 

Streaming, pengunduhan, dan koneksi seluler pun super ngebut berkat modem Snapdragon X65 5G yang mampu mendukung kecepatan unduh puncak 10Gbps dan kecepatan unggah 3,5Gbps. PC yang ditenagai oleh Snapdragon X Elite diprediksi keluar dari vendor pada pertengahan 2024. 

Bersamaan dengan Snapdragon X Elite, Qualcomm meluncurkan Snapdragon 8 Gen 3, prosesor seluler baru yang berfokus pada aplikasi AI pada perangkat. Perusahaan juga meluncurkan Snapdragon Seamless, sistem lintas perangkat baru Qualcomm yang memungkinkan konsumen berpindah PC, tablet, dan perangkat seluler melalui sistem operasi yang berbeda. 

Snapdragon Seamless dimasukkan ke dalam platform Snapdragon 8 Gen 3 dan Snapdragon X Elite baru. Snapdragon Seamless memungkinkan pengguna dengan mudah beralih di antara perangkat favorit. 
 

Baca juga: Bawa Snapdragon 8 Gen 2, Cek Keunggulan Prosesor Samsung Galaxy S23 Series 5G

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

5 Film Horor Lokal yang Cocok Ditonton saat Halloween

BERIKUTNYA

One Piece Edisi 1096 Ungkap Cerita Tentang Invakov & Kuma di God Valley

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: