Smartphone iQOO 12 tampil dalam warna hitam dan putih. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Dibanderol Rp10,9 Juta, Cek Spesifikasi Lengkap iQOO 12 yang Diklaim Monster

07 December 2023   |   18:05 WIB

Smartphone iQOO 12 akhirnya meluncur ke pasar Indonesia. Membawa slogan Monster Inside, ponsel pintar flagship buatan sub-brand Vivo ini menawarkan performa gahar, seperti kecepatan dan ketahanan ketika bermain gim hingga kemampuan kamera kelas fotografi. 

Hadir dalam dua warna yakni hitam dan putih, iQOO 12 membawa desain BMW M Motorsport dengan chassis aluminium. Dapur pacunya menggunakan prosesor Snapdragon 8 Gen 3 terbaru dari Qualcomm, ditambah  Supercomputing Chip Q1 untuk performa monster. “iQOO 12 selalu menempatkan keunggulan pada performa dan pengalaman e-sport tanpa batas,” ucap Head of Product iQOO Indonesia Praditya Putra dalam konferensi pers di bilangan Gandaria, Jakarta, Kamis (7/12/2023). 

Praditya tak menampik perusahaannya turut menyasar pasar gaming dan mereka yang memiliki mobilitas tinggi. Buat kamu yang penasaran, berikut spesifikasi dan fitur lengkap IQOO 12.  
 

1. Dapur Pacu yang Gahar

Ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 3 yang diproduksi dengan teknologi terbaru 4nm, iQOO 12 menawarkan performa gahar. Didukung dengan paduan prosesor Cortex-A4 hingga 3,3 GHz, Cortex-A720 berkecepatan 2,3 GHz, serta Cortex-A520 berkecepatan 2,3 GHz, ponsel ini diklaim menjadi perangkat dengan performa terkencang di kelasnya saat ini. 

GPU Adreno 750 yang dipasang memastikan semua gim dapat berjalan dengan maksimal dan memiliki kemampuan menampilkan ray tracing. Tidak perlu takut handphone panas saat dipakai ngegame, IQOO 12 memiliki teknologi pendinginan 6K Vapor Chamber Four-Zone Cooling System yang bisa lebih mendinginkan 2 derajat celcius dibandingkan dengan pendingin canggih lainnya.

Adapun baterainya berkapasitas 5.000 mAh yang mendukung pengisian cepat 120W. Berbeda dengan perangkat yang ada di pasaran, iQOO 12 menggunakan baterai lithium dengan bahan Graphite yang membuatnya lebih tahan lama. Hal tersebut didukung dengan teknologi pengisian baterai 120W FlashCharge.
 

2. Gaming Maksimal

Adanya Supercomputing Chip Q1 menawarkan pengalaman gaming yang lancar hingga 144Hz. Dengan satu sentuhan, pengguna dapat mengaktifkan fitur kelas atas yang mampu meningkatkan kenyamanan bermain seperti Game Frame Interpolation yang meningkatkan FPS pada gim hingga 144 FPS, sementara banyak gim mobile membatasi frame rate pada 60 FPS atau 90 FPS, mencapai 120 FPS. 

Selain itu, Game Super Resolution akan meningkatkan kualitas gambar yang lebih baik dari standar. Ada pula fitur Game Super Touch Control yang bakal meningkatkan akurasi dan respon layar saat jari kita berkeringat sewaktu bermain game dalam jangka waktu yang lama.

Kenyamanan dalam bermain gim juga diperoleh berkat dukungan RAM LPDDR5X berkapasitas 16 GB serta dilengkapi dengan 16 GB Extended RAM. Penyimpanan internal pada perangkat ini sudah berkapasitas 512 GB dengan teknologi UFS 4.0.


Baca juga: 5 Smartphone di Bawah Rp2 Juta yang Dapat Menjadi Pilihan
 

3. Layar Imersif

Smartphone iQOO 12 dilengkapi dengan layar 6,78 inci LTPO AMOLED dengan resolusi 2800x1260 atau 1,5K. Layar ini menawarkan refresh rate dinamis 1-144Hz dengan tingkat kecerahan maksimal 3.000 nits, kepadatan piksel 452 PPI, rasio kontras 800,000:1 yang luar biasa, dan dukungan HDR10+. 

Reproduksi warna yang akurat dijamin dengan kisaran warna NTSC 105 persen dan akurasi DCI-P3 100 persen. Untuk lebih meningkatkan pengalaman menonton, iQOO 12 juga mendukung PWM dimming 2,160Hz frekuensi tinggi dan perlindungan mata low blue light. 
 

3. Kamera Kelas Flagship

Kamera utama iQOO 12 memiliki resolusi 50MP dengan sensor OmniVision OV50H berukuran 1/1,3 inch yang memiliki teknologi PureCel Plus-S. Hasil foto lebih apik dengan dukungan OIS dan EIS.

Kamera ini dipadukan dengan lensa ultra-wide 50MP yang mampu menangkap sisi lebih lebar.
Lalu, ada pula kamera periskop 64MP yang bisa melakukan zoom optic 3x tanpa buram dan bisa mencapai 100x secara digital yang juga dapat mengambil makro telefoto.

Tidak lupa suatu kamera 16 MP untuk selfie pada bagian depannya. Sementara itu, perekaman video didukung 8K@30 FPS, 4K@30/60 FPS, dan video 720p,1080p hingga 240 FPS untuk gambar gerak lambat yang mengesankan.
 

4. Desain Terinspirasi BMW M Motorsport

Berkolaborasi dengan BMW M Motorsport, iQOO 12 tampil dengan desain yang elegan dan chassis aluminium. Smartphone ini hadir dalam dua varian.

Kamu bisa memilih edisi Legend dengan warna putih yang dihiasi logo BMW M Motorsport pada bagian belakangnya, atau edisi Track dalam warna hitam. Smartphone ini memilliki ketebalan 8,1mm dan berat 203,7g. iQOO 12 juga sudah tersertifikasi IP64 alias tahan debu dan percikan air.
 

5. Ketersediaan di Pasar Indonesia

Diluncurkan hari ini, Brand & Marketing iQOO Indonesia Roshinna Erawaty menyampaikan iQOO 12 bisa diberli secara offline di beberapa vivo store dan platform online.

Untuk pasar Indonesia, iQOO 12 dijual dengan harga Rp 10,9 juta. Vendor produk elektronik asal China ini membuka preorder mulai 7 hingga 11 Desember 2023 secara online di e-commerce rekanan dan toko resmi. Kamu bisa mendapatkan iQOO Cooling Pad Neo GRATIS, iQOO wireless active, iQOO finger sleeve, garansi 24 bulan, garansi layar 6 bulan, dan cicilan 0 persen selama pemesanan pada periode tesebut. 


Baca juga: Review Smartphone Samsung Galaxy S23 FE, Makin Mantap dengan Cip Exynos 2200

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

728 Koleksi Berhasil Diidentifikasi,  Proses Restorasi Artefak Museum Nasional Dilakukan Tahun Depan  

BERIKUTNYA

Penulis Ungkap Skenario Gadis Kretek Pada Awalnya Didesain untuk 10 Episode

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: