Endah N Rhesa (sumber gambar: Twitter endahnrhesa)

Endah N Rhesa Bersiap Rilis Album Spesial Rayakan 2 Dekade Bermusik

15 March 2024   |   18:26 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Setelah lebih sering merilis single dalam beberapa tahun terakhir, kali ini Endah N Rhesa tengah bersiap mengeluarkan album baru lagi. Perilisan album anyar ini terasa makin spesial karena juga menjadi penanda dua dekade bermusik grup duo asal Pamulang tersebut.

Endah Widiastuti, personel Endah N Rhesa, mengatakan kalau album baru ini sebenarnya mulai diproduksi pada era pandemi Covid-19 tiga tahun lalu. Tepatnya pada 2021, penggarapan album anyar ini mulai serius digarapnya.

Baca juga: Dua Dekade Harmoni: Kisah Perjalanan Endah N Rhesa dalam Jagat Musik Indonesia

Namun, hingga hari ini, album tersebut memang belum dirilis. Ada semacam pengendapan yang sepertinya sedang dilakukan oleh duo pasangan suami istri ini, untuk lebih menyempurnakan karyanya tersebut.

Namun, setelah 3 tahun bergelut dengan produksi dan bertepatan dengan perayaan dua dekade, niat merampungkan album ini dan merilisnya ke publik dirasanya makin membesar. Dia berharap, album penuh ini akan bisa dinikmati oleh penggemar sesegera mungkin tahun ini.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Endah N Rhesa (@endahnrhesa)



“Iya, kayaknya akan dirilis tahun ini, karena sudah seharusnya sih, dan sudah jenuh juga [rilis single terus, Red]. Doakan, saja, ya. Masa sudah 20 tahun berkarier enggak bikin album,” ucap Endah dalam Instagram Live Hypeabis.id.

Belum terlalu banyak hal yang bisa digali dari rencana perilisan album ini. Namun, Endah menyebut, layaknya album-albumnya yang lain, dirinya dan Rhesa memang selalu ingin menghadirkan sesuatu yang baru pada setiap karyanya.

Dalam album yang masih dirahasiakan namanya itu, Endah menyebut dirinya akan mencoba menceritakan dunia baru dari apa yang selama ini ada. Sesuatu yang disebutnya akan memberi sentuhan anyar dalam musiknya.

Secara produksi, penggarapan album ini juga cukup unik. Sebab, semua dilakukan di tengah pandemi dengan segala keterbatasan ruang gerak yang ada. Kendati demikian, layaknya pepatah “selalu ada kesempatan di setiap kesempitan, hal serupa juga tampak dialami olehnya.

“Ini akan jadi album pertama Endah N Rhesa yang dibuat di studio beneran, bukan home studio. Sejak 2021, kami memang membangun studio sendiri bernama Earspace di Pamulang. Di studio itulah album ini dibuat,” imbuhnya.

Di studio anyar tersebut, Endah mengaku dirinya dan Rhesa sedang gemar-gemarnya mengeksplorasi bunyi-bunyian, komposisi musik, hingga aransemen. Dia menyebutnya sebagai berkah pandemi, yakni ketika karya-karya yang muncul dalam setiap masa-masa sulit.

“Album ini adalah persembahan kami setelah sekian lama bersemedi saat pandemi kala itu. Waktu menggarap album ini, kami banyak nonton film Games of Thrones, main gim di PS kayak Assassin’s Creed hingga Final Fantasy. Jadi, kurang lebih, akan seperti itulah ya,” tambah Endah, sembari tertawa.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Endah N Rhesa (@endahnrhesa)



Dua dekade berlalu, Endah N Rhesa masih terus menunjukkan eksistensinya di jagat musik Indonesia. Endah N Rhesa adalah proyek musik yang diprakarsai oleh Endah Widiastuti (Vokal, Gitar) dan Rhesa Aditya (Bass). Pasangan musisi ini pertama kali bertemu satu sama lain di sebuah band rock pada awal 2003.

Tak lama setelah keduanya keluar dari band tersebut pada 2004, Endah memutuskan untuk bersolo karier, seperti yang dilakukannya dulu, sedangkan Rhesa menjadi produsernya. Endah banyak merekam lagu-lagunya ke dalam sebuah album bertajuk The New Beginning.

Ini adalah mini album berisi empat lagu yang didistribusikan secara independen, dengan jumlah copy yang terbatas. Yang menarik, pada salah satu lagu di album tersebut, Rhesa menambahkan beberapa dentuman bass dan menjadikannya perpaduan menarik.

Lagu berjudul Ketika Kami Mencintai Seseorang itu memainkan vokal, gitar, dan bass dengan apik. Dari kolaborasi inilah, saat itu Endah dan Rhesa mulai bermain musik bersama (tidak lagi artis dan produser).

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Ghea Indrawari Rilis Album Perdana, Ajak Pendengar Refleksi Kehidupan

BERIKUTNYA

Selain Queen of Tears, Ini 5 Drakor Populer yang Dibintangi Kim Ji-won

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: