Mark Ruffalo dan Ramy Youssef di Piala Oscar 2024 (Sumber Foto: Instagram/@markruffalo)

Mark Ruffalo sampai Billie Eilish Pakai Pin Merah di Ajang Piala Oscar 2024, Apa Maknanya?

12 March 2024   |   19:31 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Ajang penghargaan film bergengsi Hollywood, Academy Awards atau Piala Oscar 2024 rampung digelar pada Minggu (10/3/2024) di Dolby Theatre, Ovation Hollywood, AS. Selain memberikan apresiasi untuk para sineas perfilman, tamu undangan yang menghadiri perhelatan tersebut juga menjadi sorotan.

Beda dari tahun-tahun sebelumnya, deretan bintang papan atas kompak menyematkan pin merah pada busananya, beberapa dari mereka adalah Billie Eilish, Finneas O'Connell, Mark Ruffalo, Ava DuVernay, hingga Ramy Youssef. Pin merah tersebut memperlihatkan gambar tangan merah dan bentuk hati hitam pada telapaknya. Kira-kira apa maknanya?

Baca juga: 8 Fakta Menarik Oscar 2024, Penampilan Ryan Gosling hingga Kembalinya Ariana Grande

Mengutip USA Today, pin merah yang dikenakan para selebritas di ajang Piala Oscar 2024 merupakan bentuk keprihatinan mereka atas konflik Israel dan Palestina yang sedang berlangsung. Mereka menuntut agar diadakan gencatan senjata di Gaza, Palestina. 

“Kami meminta gencatan senjata permanen secepatnya di Gaza, kami meminta keadilan dan perdamaian bagi rakyat Palestina,” kata aktor sekaligus komedian Ramy Youssef.

Adapun, pin merah tersebut didistribusikan oleh Artists4Ceasefire, kelompok beranggotakan para aktris dan pelaku industri hiburan yang secara kolektif menandatangani surat pada akhir Oktober 2023. 

Surat tersebut berisi permohonan untuk Joe Biden, Presiden Amerika Serikat agar segera menyerukan gencatan senjata, pembebasan tawanan di Gaza, serta pengiriman bantuan kemanusiaan kepada warga sipil.

Lebih dari 380 orang di industri hiburan Hollywood menandatangani surat tersebut termasuk Cate Blanchett, Ben Affleck, Jennifer Lopez dan Bradley Cooper. Sejumlah nama besar tersebut juga tak ragu mengenakan pin merah di depan umum, termasung di ajang penghargaan. 
 

Sebelum dikenakan oleh sejumlah aktris di acara Oscar 2024, pin merah itu juga terlihat di Grammy dan Directors Guild of America (DGA) Awards pada Februari 2024 kemarin. Dalam kesempatan tersebut Mark Ruffalo juga terlihat mengenakannya.

“Kami tidak akan mengebom jalan menuju perdamaian, yang ingin kami katakan hanyalah, apa salahnya membuka kesempatan untuk gencatan senjata?” ucap Ruffalo di karpet merah DGA Awards 2024.

Kali ini di tengah gemerlap ajang Piala Oscar 2024, aksi dari para demonstran menuai perhatian di sekitar venue Dolby Theatre, Hollywood, Los Angeles. Sepanjang jalan dipenuhi oleh para pengunjuk rasa yang menyerukan supaya segera dilakukan gencatan senjata di Gaza.

Para demonstran tersebut salah satunya adalah anggota SAG-AFTRA dan Jewish Voice for Peace cabang Los Angeles. Mereka memblokir beberapa jalur lalu lintas di sekitar venue sambil mengangkat plakat dan meneriakkan gencatan senjata di Gaza. 

Sejumlah plakat yang dibawa oleh para pengunjuk rasa menyerukan ujaran seperti, 'Jangan ada karpet merah saat genosida'. Salah seorang pendemo juga terlihat mengenakan jas yang diberi noda merah seperti darah. Mereka berusaha memastikan bahwa serangan Israel terhadap kota Rafah di Gaza selatan tidak diabaikan, bahkan di tengah kemewahan malam itu. 

Baca juga: 8 Kostum Terbaik Selebritas di Red Carpet Oscar 2024, Ariana Grande hingga Zendaya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Ide Menu Buka Puasa Aneka Es yang Segar & Mudah Dibuat

BERIKUTNYA

Hypereport: Biduan Dangdut Berkarya dengan Ciri Khas & Keunikan Goyangan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: