Sejumlah figur publik yang hadir di acara malam penghargaan Piala Oscar 2024. (Sumber gambar: The Academy/X)

8 Fakta Menarik Oscar 2024, Penampilan Ryan Gosling hingga Kembalinya Ariana Grande

11 March 2024   |   13:54 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Perhatian publik dunia menyorot gelaran Academy Awards atau Piala Oscar 2024 yang baru saja rampung dihelat di Dolby Theatre, Ovation Hollywood, AS, Minggu (10/3/2024) waktu setempat. Ajang penghargaan film paling prestisius di dunia itu pun telah mengumumkan seluruh jajaran pemenangnya. 

Tahun ini, ajang Piala Oscar memberikan penghargaan sebanyak 23 kategori. Oppenheimer menjadi film yang paling banyak membawa penghargaan dengan perolehan 7 piala, yakni Best Picture, Best Director, Best Actor, Best Supporting Actor, Best Cinematography, Best Film Editing, serta Best Original Score. 

Oppenheimer berhasil unggul dari 9 nominasi film terbaik lainnya yakni American Fiction, Anatomy of a Fall, Barbie, The Holdovers, Killers of the Flower Moon, Maestro, Past Lives, Poor Things, dan The Zone of Interest. 

Baca juga: Amelia Dimoldenberg Jadi Social Media Ambassador & Red Carpet Correspondent Oscar ke-96

Posisi Oppenheimer disusul oleh film Poor Things yang berhasil memboyong empat piala untuk kategori Best Actress, Best Production Design, Best Costume Design, dan Best Makeup & Hairstyling. Selain itu, ada pula film The Zone of Interest yang memenangkan Best International Feature Film dan film Anatomy of a Fall yang memenangkan Best Original Screenplay.

Di setiap gelarannya, ajang Piala Oscar selalu menghadirkan momen-momen bersejarah yang menarik untuk disimak. Berikut adalah sederet fakta menarik dari gelaran Piala Oscar 2024 seperti yang telah dirangkum oleh Hypeabis.id


1. Piala pertama sejumlah pemenang

Di ajang Piala Oscar 2024, sejumlah aktor dan sutradara akhirnya berhasil membawa penghargaan pertamanya setelah beberapa kali masuk ke dalam nominasi. Mereka adalah Christopher Nolan yang memenangkan Best Director, aktor Cillian Murphy (Best Actor), Robert Downey Jr. (Best Supporting Actor), dan Da’Vine Joy Randolph (Best Supporting Actress).

Setelah berkarier selama dua dekade sebagai filmmaker dan delapan kali masuk nominasi, sutradara Christopher Nolan akhirnya memenangkan Piala Oscar perdananya lewat film Oppenheimer. Pada nominasi tahun ini, Nolan berkompetisi dengna Justine Triet, Martin Scorsese, Yorgos Lanthimos, dan Jonathan Glazer.

Begitupun dengan aktor Cillian Murphy. Ini merupakan nominasi sekaligus kemenangan pertamanya di ajang Oscar. Berkat perannya di film Oppenheimer, Murphy juga berhasil mengumpulkan sejumlah piala aktor terbaik di sejumlah penghargaan, seperti Golden Globe, Critics Choice, BAFTA, dan SAG Awards. 

Serupa dengan Murphy, aktris Da’Vine Joy Randolph juga pertama kali masuk nominasi dan langsung mendapatkan penghargaan di ajang Oscar. Tak ketinggalan, kemenangan di Piala Oscar 2024 juga menjadi yang pertama bagi aktor Robert Downey Jr., setelah dirinya masuk nominasi sebanyak 3 kali. 
 
 

2. Emma Stone meraih Piala Oscar kedua

Emma Stone berhasil kembali membawa pulang Piala Oscar untuk kategori Best Actress dalam Academy Awards ke-96. Dia memenangkan kategori itu di Piala Oscar 2024 lewat penampilannya dalam film Poor Things. Kemenangan Emma Stone menjadi kali kedua usai dirinya memenangkan kategori serupa lewat film La La Land (2016) beberapa tahun lalu.

Di panggung Oscar, Stone tampak begitu bahagia hingga tak bisa menahan air matanya ketika menyampaikan pidato kemenangan. Stone mengucapkan terima kasih dan rasa bangga usai dapat masuk nominasi bersama nominee lainnya. "Sebuah kehormatan bisa mendapatkan ini dan berbagi ini dengan kalian semua," katanya.


3. Billie Eilish jadi artis termuda dengan 2 piala

Pemenang lain yang menjadi sorotan ialah penyanyi Billie Eilish yang memenangkan kategori Best Original Song berkat lagu "What Was I Made For?" yang dibuatnya bersama Finneas O'Connell untuk film Barbie. Eilish mencetak sejarah sebagai penerima Piala Oscar dua kali termuda pada usia 22 tahun, setelah membuat lagu original untuk film No Time To Die (2021).
 

4. Penampilan spesial Ryan Gosling

Aktor Ryan Gosling menyuguhkan satu pertunjukan spesial di ajang Piala Oscar 2024 dengan membawakan lagu soundtrack dari film yang dibintanginya, Barbie (2023), berjudul I'm Just Ken. Mengenakan setelah jas berwarna pink, kacamata hitam serta topi koboi, Gosling membuka penampilannya dengan duduk di belakang Margot Robbie, sang pemeran Barbie.

Dia menyanyikan lagu I'm Just Ken ditemani oleh musisi Mark Ronson yang menjadi gitaris, puluhan penari latar, serta sederet aktor pemeran Ken versi lain yang muncul dalam film seperti Simu Liu, Kingsley Ben-Adir, Ncuti Gatwa, dan Scott Evans. Mereka turut meramaikan panggung Oscar dengan menyuguhkan koreografi I'm Just Ken bersama Gosling.

5. Ariana Grande kembali ke red carpet

Bintang pop Ariana Grande kembali ke karpet merah setelah empat tahun pada acara Academy Awards ke-96. Pelantun lagu Honeymoon Avenue itu juga bertindak sebagai presenter untuk memberikan penghargaan bersama lawan mainnya di film Wicked, Cynthia Erivo. 

Grande tampil memukau dalam balutan gaun kolom ruched strapless pink khusus, menampilkan jubah lengan puff off-shoulder yang oversized serta buntut gaun panjang karya Giambattista Valli Haute Couture. Melangkapi tampilannya, dia juga mengenakan perhiasan anting-anting batu merah muda dan kalung liontin dari Lorraine Schwartz.
 

6. Vanessa Hudgens pamer kehamilan

Aktir sekaligus penyanyi Vanessa Hudgens memberikan kejutan di momen karpet merah Piala Oscar 2024 dengan memamerkan kehamilannya. Kemunculannya seolah menjadi jawaban atas spekulasi kehamilannya yang beredar pada Oktober 2023 lalu. Kala itu, sang aktris menepis kabar tersebut.

Ini akan menjadi anak pertama untuk Vanessa Hudgens dan suaminya, Cole Tucker, yang merupakan pemain bisbol. Di momen karpet merah Oscar 2024, Hudgens tampak mengenakan gaun hitam lengan panjang dengan ekor menyapu lantai dari koleksi Vera Wang Couture.

Tampil minimalis, Vanessa hanya mengenakan kalung Chopard, sepasang anting dan cincin sebagai pelengkap penampilan. Wajahnya pun dirias makeup minimalis bernuansa coklat, sementara rambutnya dikuncir tengah dan ditata bervolume.


7. Pidato Jonathan Glazer

Film The Zone of Interest yang disutradarai Jonathan Glazer berhasil menjadi pemenang Best International Feature Film di Piala Oscar 2024. Dalam pidatonya, Glazer menyuarakan pesan utama film The Zone of Interest yang mengisahkan pembantaian kaum Yahudi di kamp konsentrasi Auschwitz. Glazer menilai film tersebut hadir untuk menjadi renungan masa kini.

Sutradara sekaligus penulis naskah itu mengingatkan The Zone of Interest menyoroti tindakan biadab yang sangat memengaruhi masa lalu dan masa kini. Glazer bahkan menyinggung orang-orang Yahudi yang memilih diam terhadap serangan Hamas pada 7 Oktober hingga agresi Israel di Palestina yang masih berjalan sampai sekarang.

"Saat ini kami berdiri di sini sebagai orang-orang yang menyangkal ke-Yahudi-an mereka dalam sebuah bencana besar yang dibajak oleh penjajahan dan menyebabkan konflik bagi begitu banyak orang yang tidak bersalah. Entah itu korban 7 Oktober di Israel atau serangan yang sedang berlangsung di Gaza, semua korban dehumanisasi ini, bagaimana kita melawannya," katanya.
 
 

8. Sederet selebritas kenakan pin Artists for Ceasefire

Sejumlah selebritas terlihat mengenakan pin berwarna merah saat hadir di malam penghargaan Piala Oscar 2024. Diketahui, pin merah itu merupakan simbol dari Artists for Ceasefire, yakni gerakan figur Hollywood yang mendesak gencatan senjata di Gaza. 

Baca juga: Daftar Lengkap Pemenang Piala Oscar 2024, Oppenheimer Borong 7 Trofi

Beberapa figur publik yang tampak mengenakan pin itu yakni Ramy Youssef, Billie Eilish, Finneas O'Connell, Mark Ruffalo, Swann Arlaud, Milo Machado-Graner, Ava DuVernay, Nadim Ceikhrouha hingga Mahershala Ali. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Agensi Ungkap Peluang Cuan Bisnis VTuber

BERIKUTNYA

Rekomendasi 5 Ponsel dengan Kualitas Kamera Terbaik 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: