Margot Robbie dalam film Barbie (Sumber gambar: IMDb)

Kejutan Dalam Daftar Nominasi Piala Oscar 2024, Margot Robbie Absen dan Lily Gladstone Catat Sejarah

24 January 2024   |   19:25 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Penyelenggara ajang Oscar ke-96 telah mengumumkan nominasi film, sutradara, aktor, aktris, dan sebagainya yang akan membawa pulang Piala Oscar. Di antara nominasi tersebut, terdapat sejumlah nama yang tidak disangka. Namun, ada juga kejutan lainnya yang menjadi tanda tanya banyak pihak.

Pengumuman nominasi ajang Oscar ke-96 berlangsung pada Selasa, 23 Januari 2024 malam waktu Indonesia. Daftar nominasi dibacakan oleh aktor Zazie Beetz dan Jack Quaid langsung dari Teater Samuel Goldwyn Akademi.

Dalam pengumumannya, keduanya membacakan total nominasi mencapai lebih dari 20 kategori, seperti Aktor Pemeran Utama Terbaik, Aktris Pemeran Utama Terbaik, Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan sebagainya.

Di antara nominasi itu, terdapat nama-nama yang cukup mengejutkan. Namun, beberapa di antaranya juga mengundang tanda tanya lantaran tidak masuk dalam nominasi. Salah satu contohnya adalah sutradara Greta Gerwig yang menjadi pengarah dalam film Barbie.

Baca juga: Daftar Lengkap Nominasi Oscar 96: Cek 10 Film Terbaik Tahun Ini

Film Barbie arahan Gerwig berhasil menjadi karya dengan perkiraan pendapatan tertinggi sedunia, yakni US$1,4 miliar. Namun, dia tidak ada dalam daftar nominasi Sutradara Terbaik dalam ajang Oscar ke-96 ini.

Berikut kejutan-kejutan dalam nominasi Oscar ke-96.


1. Greta Gerwig tidak dipilih masuk nominasi meskipun Barbie sukses

Di antara nama-nama nominasi kategori sutradara terbaik, tidak ada nama Greta Gerwig. Penyelenggara hanya memasukkan 5 sutradara yang bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam kategori ini.

Mereka adalah Justine Triet (Anatomy of a Fall), Martin Scorsese (Killers of the Flower Moon), Christopher Nolan (Oppenheimer), Yorgos Lanthimos (Poor Things), dan Jonathan Glazer (The Zone of Interest).

Ketiadaan nama Gerwig dalam daftar nominasi kategori Sutradara Terbaik tentu menjadi pertanyaan banyak pihak. Bukan tanpa sebab, film Barbie yang mendapatkan arahan darinya masuk dalam daftar nominasi kategorif Film Terbaik dan akan bersaing dengan Oppenheimer, Killers of the Flower Moon, Maestro, Past Lives, dan sebagainya.


2. Margot Robbie tidak terpilih nominasi aktris pemeran utama terbaik

Kejutan lain yang mengundang tanda tanya dalam daftar nominasi Piala Oscar ke-96 adalah ketiadaan Margot Robbie dalam kategori Aktris Pemeran Utama Terbaik ajang tersebut.

Robbie adalah pemeran utama dalam film Barbie yang sukses di pasar dunia. Aktingnya yang menawan berhasil mendapatkan pujian dari para kritikus. Meskipun begitu, para juri tidak meliriknya untuk bersaing dengan aktris lainnnya.

Saat ini, pemeran yang masuk dalam daftar nominasi Aktris Pemeran Utama Terbaik adalah Annette Bening (Nyad), Lily Gladstone (Killers of the Flower Moon), Sandra Hüller (Anatomy of a Fall), Carey Mulligan (Maestro), dan Emma Stone (Poor Things).


3. Super Mario Bros. Movie tidak ada dalam daftar walau jadi salah satu film terlaris

Super Mario Bros. Movie juga menjadi salah satu sumber kejutan dalam daftar nominasi Piala Oscar ke-96. Animasi yang bercerita tentang dua bersaudara Mario dan Luigi ini tidak masuk dalam kategori mana pun di ajang ini–termasuk animasi.

Padahal, Super Mario Bros. Movie berhasil menjadi film paling laris nomor dua sepanjang 2023. Karya mengenai petualangan Mario dan Luigi membuat banyak orang datang ke bioskop, sehingga menghasilkan US$1,36 miliar di seluruh dunia.


4. America Ferrera masuk nominasi aktris pendukung

Berbeda nasib dengan Margot Robbie, America Ferrera justru berhasil masuk nominasi Piala Oscar melalui perannya dalam film Barbie. Ferrera akan bersaing dengan Emily Blunt (Oppenheimer), Danielle Brooks (The Color Purple), Jodie Foster (Nyad), dan Da'Vine Joy Randolph (The Holdovers) untuk meraih kategori Aktris Pendukung Terbaik.

Aktris asal Amerika Serikat yang lahir pada 1984 itu merupakan lawan main Margot Robbie. Dia adalah barbie lain dalam karya dari arahan Greta Gerwig. Nominasi ini menjadi yang pertama kali dalam perjalanan kariernya.


5. Lily Gladstone jadi penduduk asli Amerika pertama dalam nominasi

Kejutan lain dalam daftar nominasi Piala Oscar ke-96 yang telah diumumkan adalah keberadaan Lily Gladstone untuk kategori Aktris Pemeran Utama Terbaik. Gladstone berhasil menarik perhatian para juri berkat perannya dalam film berjudul Killers of the Flower Moon.

Baca juga: Oppenheimer Dominasi Piala Oscar 2024 dengan 13 Nominasi

Kehadiran Gladstone dalam nominasi mengukir sejarah dalam perjalan Piala Oscar lantaran sang aktris menjadi penduduk asli pertama Amerika yang masuk nominasi kategori Aktris Pemeran Utama Terbaik.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Variety Show Apartment 404 Tayang Februari 2024, Ada Yoo Jae-seok dan Jennie BLACKPINK

BERIKUTNYA

7 Fakta Menarik Women from Rote Island, Film Terbaik FFI 2023 Tayang 22 Februari 2024 di Bioskop

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: