Cuplikan film Autobiography. (Sumber gambar: KawanKawan Media)

Film Autobiography Wakili Indonesia di Piala Oscar 2024, Begini Proses Seleksinya

14 September 2023   |   01:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Film Autobiography terpilih untuk mewakili Indonesia di ajang Academy Awards ke-96 atau Piala Oscar 2024. Film garapan sutradara Makbul Mubarak itu akan berkompetisi dalam kategori International Feature Film Award atau Film Fitur Internasional.

Autobiography dipilih oleh Komite Seleksi (Komsel) Oscar Indonesia untuk berlaga di ajang festival film bergengsi itu. Keputusan itu diambil oleh Komsel Oscar Indonesia setelah menonton dan mendiskusikan sejumlah film lokal unggulan lainnya.

Komsel Oscar Indonesia diisi oleh 9 perwakilan insan perfilman Tanah Air yakni Slamet Rahardjo, Garin Nugroho, Ilham Bintang, Alim Studio, Cesa David Luckmansyah, Ratna Riantiarno, Nur Hidayat, Sha Ine Febriyanti, dan Deddy Mizwar.

Komsel menyeleksi dan memilih satu judul film dari sekitar 100 karya sinema produksi anak bangsa yang tayang dari 1 Desember 2022 hingga 31 Oktober 2023. Adapun, Komsel dibentuk oleh Pengurus Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) pada akhir Juli lalu dan telah mendapatkan persetujuan dari pihak Academy Awards.

Baca juga:  Cek Deretan Film Horor yang Tembus Seleksi Awal Festival Film Indonesia 2023

Produser dari KawanKawan Media Yulia Evina Bhara mengatakan pihaknya memang mendaftarkan film Autobiography untuk mengikuti seleksi yang dibuat oleh Komsel Oscar Indonesia. Untuk mendaftar dan ikut seleksi, ada sejumlah peraturan yang harus dipenuhi misalnya film harus tayang di bioskop komersial Indonesia serta ditayangkan dalam jangka waktu tertentu.

"Kemarin kami dikabari melalui surat oleh The Indonesian Oscar Selection Committee bahwa Autobiography dipilih sebagai film yang mewakili Indonesia untuk mengikuti ajang Piala Oscar ke-96 untuk kategori The International Feature Film Award," katanya saat dikonfirmasi Hypeabis.id, Rabu (13/9/2023).
 


Penghargaan Academy Awards kategori Film Fitur internasional sendiri dianugerahkan setiap tahun oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences kepada film-film non-Amerika Serikat yang dialognya tidak berbahasa Inggris. Kategori itu dimulai pada Academy Awards yang diadakan tahun 1956. Tahun ini, puncak perhelatan Piala Oscar ke-96 akan diselenggarakan pada 10 Maret 2024.

Dalam kategori tersebut, film Autobiography akan bersaing dengan 21 film panjang lainnya dari berbagai negara diantaranya Fallen Leaves dari Finlandia, Amerikatsi (Armenia), Seven Blessings (Israel), The Burdened (Yaman), About Dry Grasses (Turki), Four Souls of Coyote (Hungaria), dan Sweet Dreams (Belanda).

"Kami senang dan tersanjung dari ratusan film Indonesia yang diproduksi dan ditayangkan dalam kurun waktu seleksi Oscar ini, film Autobiography yang dipilih dan kami berupaya melakukan kampanye agar ada peluang untuk dapat masuk dalam shortlist," kata Yulia.

Sutradara Makbul Mubarak mengatakan film Autobiography ditulis beberapa tahun yang lalu pada masa meningkatnya polarisasi politik di Indonesia juga mencerminkan iklim politik di AS dan banyak belahan dunia lainnya.

"Autobiography berfungsi sebagai refleksi yang menyentuh mengenai hal tersebut dan saya berharap ini dapat menarik perhatian penonton Amerika," katanya.
 

Bergenre suspense-thriller, film Autobiography menyuguhkan cerita eksploratif seputar relasi antarmanusia dan kekuasaan, dengan suasana menegangkan dan teror yang kuat.

Autobiography berkisah tentang Rakib (diperankan oleh Kevin Ardilova) yang bekerja menjaga rumah kosong milik seorang pensiunan jenderal bernama Purna (Arswendy Bening Swara). Suatu hari, Purna pulang kampung untuk mencalonkan diri menjadi bupati di daerah itu. Rumah yang Rakib jaga pun tak lagi kosong.

Setiap hari, Rakib menemani Purna dalam banyak kegiatan seperti berkampanye, memasang spanduk, dan lain sebagainya. Hubungan bapak-anak antara Rakib dan Purna tersebut menampilkan wajah kepemimpinan yang otoriter, sekaligus menggali relung tergelap dari sejarah bangsa Indonesia.

Sebelum tampil di ajang Piala Oscar, film Autobiography telah berkeliling di sejumlah acara festival bergengsi di berbagai negara. Film Autobiography sukses ditayangkan secara world premiere di Venice International Film Festival 2022 pada 3 September 2022 di bioskop Sala Darsena, dan mendapatkan penghargaan dari Federasi Kritikus Film Internasional (FIPRESCI) di kategori Orrizonti.

Tercatat film Autobiography telah berkeliling di lebih dari 50 festival film termasuk memenangkan sederet penghargaan seperti Grand Prize di Festival FILMeX Tokyo, Best Scenario di Asia Pacific Screen Awards 2022, Best Director di Stockholm International Film Festival, serta Best Actor untuk aktor Arswendy Bening Swara di Marrakech International Film Festival 2022.

Baca juga:  30 Film Cerita Panjang FFI 2023 Jadi Representasi Lanskap Sinema Indonesia

Editor : Puput Ady Sukarno

 

SEBELUMNYA

Siap-siap Dibikin Ngeri, Siksa Kubur dari Joko Anwar Dijadwalkan Tayang Pada 2024

BERIKUTNYA

Salihara Jazz Buzz Hadir Lagi, Undang Talenta Musik Jazz Berbakat Tanah Air

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: