Penyanyi Anggun C. Sasmi. (Sumber gambar: Anggun C. Sasmi/Instagram)

Anggun C. Sasmi Jadi Pemain Broadway Legendaris Jesus Christ Superstar di Italia

10 March 2024   |   12:38 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Penyanyi Anggun C. Sasmi terus memperluas jenjang kariernya. Sukses menjadi penyanyi internasional, Anggun kini tampil sebagai pemain Broadway. Diva berusia 49 tahun itu berkesempatan menjadi pemain dalam Broadway musikal legendaris bertajuk Jesus Christ Superstar untuk 24 pertunjukan di Milan dan Roma. 

Pencapaiannya ini membuat Anggun menjadi bintang kelahiran Indonesia pertama yang bergabung dengan jajaran pemeran musikal internasional. Sebagai informasi, Jesus Christ Superstar merupakan salah satu pertunjukan musikal rock paling terkenal dan sukses dalam sejarah, yang digarap oleh pencipta lagu jenius Lloyd Webber dan Tim Rice.

Kisah Broadway Jesus Christ Superstar berlatar belakang serangkaian peristiwa luar biasa selama minggu-minggu terakhir kehidupan Yesus Kristus seperti yang terlihat melalui kacamata Yudas, salah satu murid Yesus. Meski mengangkat kisah yang kental dengan ajaran agama, opera ini disajikan dengan konsep dan bahasa yang kontemporer, diiringi dengan musik-musik rok menggugah.

Dalam pertunjukan itu, Anggun berperan sebagai Maria Magdalena. Menurut alkitab, Maria Magdalena adalah seorang wanita yang melakukan perjalanan bersama Yesus sebagai salah satu pengikutnya sekaligus saksi penyaliban dan kebangkitan Yesus. Di alkitab, namanya disebut sebanyak 12 kali, lebih banyak dari wanita mana pun dalam kitab tersebut. 

Baca juga: Menyaksikan Pertunjukan Musikal Broadway di Jakarta: Annie Kisah Klasik Anak Panti
 

Pertunjukan Broadway Jesus Christ Superstar di Italia diselenggarakan oleh L'Accademia Sistina, sebuah sekolah pelatihan musik yang berbasis di Roma. Mengutip dari situs resmi L'Accademia Sistina, Anggun dipilih sebagai salah satu pemain pertunjukan musikal itu lantaran memiliki vokal yang khas, persuasif, sekaligus oriental sehingga dianggap bisa membawakan peran Maria Magdalena dengan versi berbeda dari sebelumnya.

"Dalam edisi merayakan pertunjukan Jesus Christ Superstar 30 tahun di Italia dan 50 tahun di dunia, bersama bintang pop internasional Anggun dengan suaranya yang persuasif dan oriental, yang begitu mengingatkan pada aktris asli film Yvonne Elliman," demikian pernyataan di situs tersebut. 

Tokoh Maria Magdalena yang diperankan Anggun juga disebut sebagai karakter protagonis yang kompleks serta memiliki banyak aspek. Penampilannya semakin spesial dan spektakuler lantaran akan diiringi oleh pertunjukan musik orkestra live serta tata cahaya visual yang luar biasa. 

"Saya sangat senang mengumumkan bahwa saya akan menjadi bintang tamu dalam peran Magdalena dalam musikal Jesus Christ Superstar, salah satu mahakarya Andrew Lloyd Webber dan Tim Rice. Kami akan mulai di Milan dan kemudian pergi ke Roma, sampai jumpa," kata Anggun.
 

Dalam pertunjukan itu, Anggun akan beradu peran dengan 30 artis lainnya, salah satunya aktor sekaligus musisi senior asal Amerika Ted Neeley. Diketahui, Neeley merupakan aktor yang memainkan peran utama dalam film Jesus Christ Superstar rilisan 1973, yang mengantarnya masuk nominasi dua penghargaan Golden Globe Awards. 

Berkat perannya itu, Neeley juga dikenal sebagai seorang bariton, orang yang memiliki jenis vokal pria klasik dengan jangkauan suara antara bas dan tenor yang sangat lebar. Vokalnya sangat ikonik terutama saat melantunkan jeritan rock pada kunci G di atas C tinggi dalam lagu "Gethsemane (I Only Want to Say)", salah satu lagu di pertunjukan Jesus Christ Superstar.

Selain Neeley, Anggun juga akan beradu peran dengan penyanyi sekaligus aktor muda Italia Lorenzo Licitra. Pemenang ajang X-Factor 2017 itu dikenal karena vokalnya yang kuat, sehingga disebut akan menampilkan pertunjukan luar biasa dalam memainkan opera rock legendaris itu.

Ada juga aktor Feisal Bonciani yang memerankan karakter Yudas, serta rapper Frankie Hi-Nrg MC yang akan berperan sebagai Herodes. Kehadiran Frankie juga disebut sentuhan musik hip hop dalam pertunjukan Jesus Christ Superstar yang terkenal dengan genre rock, sehingga bisa memberikan sajian yang lebih memikat untuk penonton yang lebih muda. 

Selain aktor berbakat, Broadway ini juga akan diramaikan oleh sederet bintang musik pop-rock Italia seperti Elio, Max Gazzè, Pau dengan Negrita, Simona Molinari, Shel Shapiro, Matteo Becucci, Mario Venuti, Simona Bencini dari “Dirotta su Cuba”, Amii Stewart, Giorgio Faletti, Ivan Cattaneo. Adapun, pertunjukan ini disutradarai oleh Maestro Emanuele Friello dan diproduksi oleh PeepArrow Entertainment. 

Baca juga: Musikal Ken Dedes, Broadway Bercita Rasa Nusantara

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Anne Hathaway Jadi Pacar Superstar di Film The Idea of You, Tayang 2 Mei di Prime Video

BERIKUTNYA

Cuan Menarik Bisnis Barang Antik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: