Ilustrasi minum air (Sumber gambar: Anderson Rian/Unsplash)

Simak Aturan Minum Air Agar Tidak Dehidrasi saat Berpuasa

10 March 2024   |   14:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Ramadan segera tiba. Saat Ramadan, umat Muslim akan menjalankan ibadah dengan menahan lapar dan dahaga selama waktu puasa berjalan. Saat berpuasa, tubuh akan mulai beradaptasi dengan pola makan dan minum yang baru. Jika salah langkah, menahan dahaga bisa membuat tubuh kehilangan banyak cairan. 

Oleh karena itu, diperlukan strategi tepat untuk mengatur minum agar tidak dehidrasi selama berpuasa. Momentum berpuasa harus diiringi dengan persiapan menjaga keseimbangan tubuh dengan memastikan kecukupan air terpenuhi mulai selepas sahur hingga waktu buka puasa tiba, bahkan saat malam hari selepas ibadah Tarawih.

Yuk simak aturan minum air yang tepat agar tubuh tidak dehidrasi selama berpuasa. 

Baca juga: 3 Resep Minuman Segar untuk Buka Puasa, Mudah Loh Bikinnya
 

1. Minum 2 gelas saat sahur

Secara umum, manusia dewasa dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan minum sebanyak 8 gelas atau sekitar 2 liter per hari. Dengan pedoman 8 gelas tersebut, Genhype bisa membagi aturan minum dengan pola yang cukup sederhana.

Melansir laman Kemenkes, kalian bisa memulai strategi minum air saat berpuasa sebanyak 2 gelas saat waktu sahur. Perlu diingat, waktu sahur terbilang krusial untuk memberi kecukupan energi selama berpuasa.

Tak perlu terburu-buru saat minum, minumlah sebanyak 1 gelas air langsung setelah bangun tidur dan 1 gelas lainnya seiring waktu sahur berjalan. Jangan lupa untuk mencukupi nutrisi dengan asupan yang bergizi ya! 
 

2. Minum 2 gelas saat berbuka

Saat waktu berbuka tiba, sebaiknya Genhype tidak gegabah dalam memilih asupan pertama yang masuk ke dalam tubuh. Sebab, tubuh telah mengalami kekosongan dari makanan dan minuman dalam waktu kurang lebih 12-13 jam.

Salah memilih asupan awal saat buka puasa justru bisa berakibat buruk untuk kesehatan lho. Misalnya, konsumsi minuman atau makanan manis berlebihan bisa membuat lonjakan gula darah, yang menyebabkan kadar insulin meningkat dan bisa membuat tubuh justru terasa lemas. 

Mulailah berbuka dengan air putih untuk mengembalikan cairan tubuh setelah berpuasa. Dianjurkan untuk minum setidaknya 2 gelas sesuai dengan kebutuhan tubuh. Kalian bisa membagi minum sebanyak 1 gelas saat waktu berbuka tiba, lalu lanjutkan 1 gelas lagi saat menjelang waktu Isya atau Tarawih.
 

3. Minum 4 gelas saat malam hari

Waktu yang lebih panjang untuk makan dan minum saat Ramadan ditemui saat malam hari, selepas ibadah Tarawih. Genhype dapat memanfaatkan momen ini untuk mencukupi kebutuhan air yang belum terpenuhi dari sahur dan berbuka. 

Apabila ditakar, kalian membutuhkan minum sekitar 4 gelas lagi. Maka cukupilah kebutuhan minum yang kurang tersebut dari waktu malam hingga menjelang tidur atau mendekati waktu sahur. Minumlah air sebanyak 2 gelas beriringan dengan waktu makan malam, kemudian penuhi sisa 2 gelasnya lagi menjelang waktu tidur. 

Baca juga: 5 Resep Praktis Untuk Menu Buka Puasa

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Lebih Murah, Cek Daftar iPhone yang Masih Worth It Dibeli Tahun 2024

BERIKUTNYA

Jadwal & Cara Nonton Live Streaming Piala Oscar 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: