Smartphone iPhone 11 (Sumber gambar: Daniel Romero/Unsplash)

Lebih Murah, Cek Daftar iPhone yang Masih Worth It Dibeli Tahun 2024

10 March 2024   |   12:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Ponsel pintar jajaran Apple, iPhone memang tak pernah sepi peminat. Apalagi, raksasa teknologi itu rutin mengeluarkan seri smartphone terbarunya tiap tahun. Seiring dengan keluaran iPhone paling anyar, minat terhadap seri produk lamanya juga tak pernah surut.

Alasannya sederhana, harga iPhone seri sebelumnya cenderung turun saat iPhone seri baru dirilis oleh Apple. Biasanya, banyak penyuka iPhone memburu 2-3 seri ke belakang seperti iPhone 13, iPhone 14, dan iPhone 15, sebelum iPhone 16 direncanakan rilis tahun ini. 

Baca juga: Intip Bocoran Tampilan iPhone SE 4, Bakal Dirilis Tahun 2025?

Namun ternyata selain seri-seri tersebut, masih ada beberapa iPhone lama yang tetap worth it dibeli tahun ini. Sebab, model dan teknologi yang tersemat pada seri iPhone sebelumnya pun tak terlalu jauh dari seri baru. Tak heran, banyak orang yang berburu iPhone seri lama saat seri baru meluncur.

Meski demikian, ada beberapa seri iPhone lama saja yang boleh dibilang worth it dibeli di tahun ini dengan mempertimbangkan update software (iOS) dan tampilan yang masih trendy. Berikut beberapa jajaran iPhone yang masih worth it dibeli pada 2024 ini:


1. iPhone XS, XS Max, dan XR

iPhone XR (Sumber gambar: Omid Armin/Unsplash)

iPhone XR (Sumber gambar: Omid Armin/Unsplash)

Saat ini, sistem iOS dan iPadOS terbaru telah menginjak versi 17.4. Setidaknya hingga tahun ini, perangkat tertua iPhone yang masih menerima update iOS 17 adalah iPhone XS, XS Max, dan XR. Sementara iPhone X ke bawah sudah tidak bisa menerima dukungan update iOS lagi. Maka secara update iOS, ketiga jajaran iPhone seri X ini masih worth it untuk dibeli pada 2024. 

Dari sisi harga, iPhone seri ini juga sudah turun jauh dari harga rilis. Secara fitur kamera, iPhone dari jajaran seri ini juga masih cukup bagus. Misalnya, iPhone XR yang cukup banyak peminat memiliki resolusi kamera 12 MP wide dengan fitur zoom digital hingga 5x. Mode potret dengan bokeh serta pencahayaan dengan efek juga sudah tersemat di iPhone ini.


2. iPhone 11

iPhone 11 (Sumber gambar: V?a Táo/Unsplash)

iPhone 11 (Sumber gambar: V?a Táo/Unsplash)

Saat rilis pada 2019, iPhone 11 cukup menyita perhatian sebab tampilannya yang jauh berbeda dari seri iPhone X. Secara harga, iPhone 11 juga sudah jauh turun harga dengan model yang masih relevan dengan seri-seri terbaru iPhone. Tampilan 2 kamera di belakang dan notch ini menandai gebrakan baru Apple pada masanya. 

Secara fitur, iPhone 11 sudah dibekali dengan resolusi kamera 12 MP ultra-wide dengan bukaan f/1.8. Dukungan chipset Apple A13 Bionic dan RAM 4 GB juga masih worth it untuk digunakan pada tahun ini. iPhone 11 juga masih mendapat dukungan update ke iOS 17 lho
 

3. iPhone 12 Pro

iPhone 12 Pro (Sumber gambar:  Isaac Martin/Unsplash)

iPhone 12 Pro (Sumber gambar: Isaac Martin/Unsplash)

Seri Pro dikeluarkan Apple sebagai produk high-end dari seri reguler. iPhone dengan fitur next level dari seri reguler yang terbilang masih worth it untuk dibeli tahun ini adalah iPhone 12 Pro.

Selain secara harga lebih murah, iPhone 12 Pro dibekali kamera yang sangat tajam dengan hasil foto yang jernih. Terdapat 3 jenis kamera yaitu wide, telephoto, dan ultra-wide dengan hasil yang detail dan menjadikan iPhone ini masuk dalam jajaran seri Pro terbaik di kelasnya. 

iPhone 12 Pro memang cocok digunakan bagi Genhype yang membutuhkan perangkat fotografi yang bagus. Dibekali kamera utama 12 MP dengan bukaan f/1.6, lensanya mampu menangkap detail gambar yang tajam dalam kondisi low light. Lensa telephoto dan ultra wide juga memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk mengambil foto dengan fitur zoom minim blur dan sudut foto yang lebih luas. 

Baca juga: Bocoran Spesifikasi iPhone 16 Pro, dari Chipset hingga Capture Button

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

3 Etika Dasar yang Penting untuk Fresh Graduate saat Masuk Dunia Kerja

BERIKUTNYA

Simak Aturan Minum Air Agar Tidak Dehidrasi saat Berpuasa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: