Ilustrasi dehidrasi. (Dok. Yogendra Singh dari Unsplash)

5 Makanan & Minuman Ini Efektif Mencegah Dehidrasi

16 July 2021   |   09:25 WIB

Biasanya ketika kita sedang haus, air putih adalah opsi utama guna meredakan rasa haus sekaligus membuat tubuh terhidrasi dengan baik. Rasa haus biasanya muncul karena berbagai alasan, mulai dari udara panas, efek pengobatan, hingga masalah pencernaan.

Jika tidak segera ditangani, rasa haus menyebabkan dehidrasi yang berdampak pada munculnya rasa pusing, kelelahan, mulut kering dan kesulitan fokus, dan pada tingkat dehidrasi parah bisa membuat pingsan.

Nah buat mencegah dehidrasi, lima makanan dan minuman ini sebaiknya rutin dikonsumsi untuk membantu mengatasi rasa haus dan dehidrasi lho! Yuk cek daftarnya di bawah ini.

1. Air kelapa.
Ketika sedang merasa haus, tubuh enggak hanya sekadar ingin mengembalikan keseimbangan tubuh tetapi juga ingin menambah elektrolit yang hilang dari tubuh melalui keringat dan urine.

Dengan kandungan elektrolit yang cukup dan sedikit karbohidrat, air kelapa bisa menjadi opsi minuman di kala merasa haus. Selain itu, air kelapa juga bisa mencegah kram otot serta mengurangi keinginan untuk muntah dan pusing. 

Sebagai catatan, jangan lupa untuk periksa kandungan gula dan perasa pada air kelapa serta konsumsi air kelapa dengan pelan karena dalam kondisi tertentu bisa menyebabkan sakit perut dan kembung.

2. Kuah dan sup.
 

Ilustrasi kuah-kuahan. (Dok. Bluebird Provisions dari Unsplash)

Ilustrasi kuah-kuahan. (Dok. Bluebird Provisions dari Unsplash)

Sama seperti air kelapa, kuah dan sup juga mengandung elektrolit dan air yang tinggi sehingga menjadikannya opsi lain dalam meredakan dehidrasi. 

Bedanya, kuah dan sup yang dibuat dari protein hewani punya kandungan kolagen yang penting untuk kesehatan persendian dan memperbaiki jaringan kulit.

 

 

 

1
2


SEBELUMNYA

The Conjuring: The Devil Made Me Do It sudah Bisa Ditonton lewat CATCHPLAY+

BERIKUTNYA

Halo Survivors, Dukung Ya Pro Player Esports Merah Putih Berjuang di Free Fire All Stars 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: