Ilustrasi Produksi Beat (Sumber: unsplash.com/@andreasforsberg)

3 Beatmaker Punya Desain Suara Unik di Dunia Hip Hop

09 March 2024   |   16:08 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Dunia rap dan hip-hop penuh dengan nama-nama besar, mulai dari para penulisan lagu, produser dengan gaya produksi yang khas, atau bahkan Rapper yang dapat menggetarkan panggung konser. Namun sebagian besar kesuksesan tersebut tidak lepas dari kontribusi para beatmaker dan karya-karyanya.

Kehadiran beatmaker dalam industri ini berperan sangat penting untuk menciptakan pondasi instrumental untuk sebuah lagu, yang sering disebut sebagai beat. Mereka bertanggung jawab untuk menciptakan irama yang sempurna dengan gaya rapper dan produser yang ingin memakai karyanya. Hal itu mencakup elemen seperti drum, bass, melodi, dan efek suara. 

Baca juga: Dua Dekade Harmoni: Kisah Perjalanan Endah N Rhesa dalam Jagat Musik Indonesia

Program perangkat lunak seperti ableton, synthesizer, dan mesin drum adalah beberapa alat yang digunakan untuk  menciptakan sebuah beat. Selain suara, setiap beatmaker akan memiliki sebuah producer tag masing-masing.

Melansir dari Beatstars, producer tag dalam beat rap adalah bunyi atau frasa pendek yang disisipkan di awal lagu oleh produser untuk mengidentifikasi dirinya dan mengeklaim kepemilikan terhadap beat tersebut.

Berikut adalah tiga sosok beatmaker dengan desain suara unik di dunia Hip Hop.


1. Metro Boomin

Metro Boomin, yang sebenarnya bernama Leland Tyler Wayne, dikenal sebagai salah satu produser terkemuka di dunia hip-hop. Sejumlah rapper ternama seperti Drake, Future, Young Thug, 21 Savage, dan Kanye West telah bekerja sama dengannya. Keunikan beat karyanya terletak pada aransemen yang mengikuti gaya rap khas Atlanta, mencakup bass berat, efek suara gelap, dan lirik mengenai tantangan hidup di kota tersebut.

Inilah sebabnya mengapa rapper asal Atlanta, seperti Young Thug dan 21 Savage, sering berkolaborasi dengan Metro. Selain beat yang unik, Metro Boomin juga terkenal dengan beragam producer tag ikoniknya. Jika produser beat lain umumnya memiliki 1-2 tag, Metro memiliki hampir 6 tag produser yang sangat ikonik. Salah satu yang paling dikenal adalah ucapan If Young Metro don't Trust You I'm Gon' Shoot You dari rapper Future.

Setelah menjadi produser beat dari 2011 saat dia masih berumur 18, Metro Boomin belakangan ini mulai merilis album sendiri. HEROES & VILLAINS salah satu album tersebut, yang mengambil sampel pidato menakutkan  Homelander dari serial The Boys. Awal tahun ini, album tersebut berhasil mendapatkan penghargaan album rap terbaik dari Grammy Awards. 


2. Pierre Bourne

Jordan Timothy Jenks alias Pierre Bourne adalah rapper yang terkenal dengan gaya produksi yang menggunakan suara-suara aneh seperti efek dari game Super Mario, penggilingan roda gigi, ban berdecit, dan 808s kasar. Suara khas ini adalah hasil dari imersi Pierre yang telah tinggal di beberapa kota di Amerika seperti New York, Los Angeles, dan Paris meskipun lahir di Carolina Selatan. 

Sama seperti Metro Boomin, Pierre telah bekerja sama dengan beberapa nama terkenal seperti Rich the Kid, Young Thug, JUICE WRLD, dan banyak rapper lain. Namun ada satu nama yang sering mempercayai Pierre dengan produksi beatnya, yaitu Playboi Carti.

Kerja sama antara Pierre dan Carti telah menghasilkan banyak lagu, di antaranya Magnolia yang menjadi sangat populer. Lagu ini mendapatkan sertifikasi oleh Recording Industry Association of America (RIAA) karena berhasil terjual lebih dari 1 juta unit pada 2019 lalu. 


3. BNYX

Jika Pierre Bourne dikenal karena menggunakan sampel aneh dalam produksi beatnya, BNYX, atau Benjamin Saint Fort, mengambil langkah lebih maju dalam menghadirkan keunikan. BNYX, seorang produser rekaman dan penulis lagu asal Pennsylvania, menciptakan beat yang dapat dikenali melalui paduan suara yang unik, menggabungkan unsur Trap, R&B, dan EDM dengan cara yang akrab namun tetap segar.

BNYX telah bekerja sama dengan beberapa rapper terkenal, termasuk Travis Scott, Drake, dan banyak nama besar lainnya. Seperti halnya Pierre, BNYX memiliki seorang rapper yang seringkali mempercayainya untuk menciptakan banyak lagu, yaitu Yeat, seorang rapper misterius dengan bahasa yang khas. 

Baca juga: Hypereport: Ruang Berkarya Musisi EDM Kian Ngebit di Jagat Musik Digital

Salah satu karya beat terkenal BNYX adalah "IDGAF," dieksekusi oleh Drake dan menampilkan Yeat. Lagu ini mencapai peringkat ke-2 di tangga lagu Billboard Hot 100 dan meraih peringkat pertama di tangga lagu Billboard R&B/Hip-Hop. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Film Para Betina Pengikut Iblis 2 Tayang di Bioskop 28 Maret 2024

BERIKUTNYA

Obsesi Nikon Membuat Kamera Sinema Digital Canggih lewat Akuisisi RED

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: