Penyelenggara dan pengisi acara FLAVS Festival 2022 (Simber gambar : Desyinta Nuraini)

Anak Hiphop Siap Pesta, FLAVS Festival 2022 Rilis Line Up Fase 1

07 June 2022   |   23:27 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Festival musik kembali bergelora seiring dengan pandemi Covid-19 yang landai. Setelah panggung musik jazz, kini giliran genre hiphop, soul, dan R&B yang tampil menunjukkan eksistensinya. September nanti, hadir FLAVS FESTIVAL 2022 yang digagas Visicita Network. Tepatnya pada 10 hingga 11 September 2022.

Festival musik yang erat dengan nuansa beat ini digelar secara hybrid alias. offline dan online. Dalam format offline, FLAVS FESTIVAL bisa disaksikan di Istora Senayan, Jakarta.

Mengangkat tema REVIVAL, festival musik ini mencoba menggarisbawahi semangat kebangkitan untuk kembali berdiri tegak dan berpegangan tangan setelah berbagai hal yang terhenti.

Baca juga: Nadin Amizah Hadirkan Konsep Unik di Java Jazz

Tentunya bukan hal yang mudah untuk kembali bangkit dan memulai kembali, tetapi FLAVS FESTIVAL 2022 mencoba menyebarkan optimisme tersebut lewat gelarannya. 

Hal ini tergambar dari pemilihan para musisi yang diumumkan di line-up fase pertama. Ada sejumlah nama yang didapuk sebagai pengisi acara pada pengumuman fase 1 dari FLAVS FESTIVAL 2022.

Mereka di antaranya Afgan, Basboi, Blakumuh, Insthinc, Iwa K, Joe Million, Juicy Lucy, Raisa, Ramengvrl, Rizky Febian, Saykoji, T-Five, Teza Sumendra, The Couch Club, Tiara Andini, Tuan Tigabelas & REP, dan Yura Yunita. 

Program Director FLAVS Yacko menerangkan festival ini menjadi rumah bagi para musisi di genre yang kerap kali hanya dijadikan selipan.

"Selama ini saya merasa musisi hiphop, RnB and Soul dan subkulturnya hanya menjadi selipan di festival-festival lain, sehingga sudah saatnya mereka memiliki rumah dan hari rayanya yaitu di FLAVS," tuturnya dalam konferensi pers di Ecology, Kemang, Selasa (7/6/2022).

Tak hanya mengusung optimisme atas kebangkitan, FLAVS FESTIVAL 2022 juga menyebarkan semangat Bhinneka Tunggal Hip Hop. Yacko mengartikan bahwa di festival ini semua musisi hiphop Indonesia dari seluruh daerah bisa bernanung.

Apalagi genre musik tersebut saat ini telah berbaur dan berakulturasi dengan berbagai warna musik tradisional di Indonesia. Perkawinan antara akar musik hiphop dan musik asli Indonesia tersebut menghasilkan keberagaman dan keunikan tersendiri.

Pendekatan musik hiphop dengan budaya tradisi di Indonesia direpresentasikan melalui pertunjukan dari OrangHutan Squad (Aceh), Wasaka (Kalimantan Selatan), NDXAKA (Jogjakarta).

Kemudian Negatif Satu (Manado), Ghetto Side (Alifuru Hip Hop, Sangsaka, Tickang Palungku) (Ambon), MukaRakat (Melanesia), Januarta The Goat (Kupang), Block8 (Sorong), dan nama-nama lain yang akan diumumkan pada fase berikutnya.

Sementara itu, Festival Director FLAVS Riza menerangkan ada beragam event jelang FLAVS FESTIVAL 2022. Di antaranya roadshow bertajuk What the F.L.A.V.S menyambangi sejumlah titik di Jakarta yang saat ini masih disimpan sebagai kejutan. 

Pada roadshow akan diselenggarakan Beatbox Battle, Freestyle Session, Bboy/Bgirl Battle, Openstyle Battle, dan Graffiti Battle, serta pertunjukan musik.

Baca juga: 12 Konser Musik yang Akan Hadir selama Paruh Kedua 2022

Tidak hanya itu, untuk menjaring lebih banyak talenta-talenta lokal yang ada di berbagai penjuru daerah di Indonesia, pihaknya pun mengadakan virtual competition yang dilakukan melalui media sosial dalam bentuk pencarian FLAVS NU ICON. Kompetisi online ini berlangsung sejak 24 Mei 2022. 

Ada pula DJ Battle, Beatbox Battle, Freestyle Battle, Bboy/Bgirl & Openstyle Battle, Graffiti Battle yang dilakukan secara berkala mulai Juni-Agustus 2022.

"FLAVS akan menjadi tempat dimana pagelaran kultur hiphop ini bisa dinikmati tidak hanya sekadar musiknya tapi kulturnya. Mulai dari fashion, street sport, arts, dance, deejay, dan musiknya itu sendiri dari para penampil artis," tutur pria yang karib disapa Bhokero ini.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Film Broker Segera Tayang di Indonesia, Catat Tanggalnya!

BERIKUTNYA

Jakarta Film Week 2022 Kembali Hadir Oktober Ini, Ada Lomba Bikin Film Pendek

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: