Tampilan hasil remix lagu Orang Lain dengan rapper Malaysia dan Filipina (Dok. Def Jam Indonesia)am

Single Karya Kolaborasi Rapper Singapura, Malaysia, dan Indonesia ini Eksis di Asia Tenggara

31 July 2021   |   12:05 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setelah dirilis pada 28 Mei 2021, single rapper Indonesia A.Nayaka yang berkolaborasi dengan rapper Malaysia SonaOne dan YHB Sleepsalot dari Singapura bertajuk Orang Lain mendapatkan sambutan yang luar biasa dari para fans tiga negara sahabat itu. 

Respons positif pada lagu itu terlihat di platform streaming musik, video liriknya di channel Youtube serta di platform TikTok melalui #OrangLainChallenge yang merupakan challenge untuk melakukan freestyle rap.

Challenge TikTok itu mendapatkan respon yang positif, dibuktikan dari banyaknya para pengguna yang ikut berpartisipasi termasuk beberapa rapper kenamaan dari Malaysia, Singapura, bahkan Filipina.

Melihat antusias tersebut, Def Jam Malaysia dan Def Jam Filipina selaku label yang menaungi proyek lagu memutuskan untuk membuat versi remix single Orang Lain dari kedua negara tersebut.

Melalui unggahan di Instagram pribadinya, Nayaka mengatakan bahwa lagu kolaborasi tersebut belum afdol jika belum benar-benar di-remix oleh orang lain seperti judul lagunya. “Belum the real Orang Lain kalau belum di-remix sama orang lain,” katanya di Instagram.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by A. Nayaka (@arielnayaka)


Single Orang Lain remix versi Filipina adalah hasil kolaborasi antara A. Nayaka dengan SonaOne, Fateeha dan Tiffany Lhei yang sudah dirilis pada 8 Juli 2021, sedangkan remix versi Malaysia dirilis pada 23 Juli 2021 berkolaborasi dengan musisi Joe Flizzow, Yonnyboii, SonaOne, YHB Sleepsalot, SYA, Zynakal, Airliftz dan SENNA.

Selain itu, lagu Orang Lain versi remix Malaysia sendiri berhasil menjadi trending nomor 17 dalam kategori musik di platform Youtube di Malaysia, serta berhasil masuk ke deretan playlist terbaik di Spotify seperti Viral 50 Malaysia, Hot Hits Malaysia, juga Carta Malaysia 50 bahkan ke playlist regional serta internasional seperti Beats n Rhymes

Tak hanya itu, setelah dua versi remix-nya dirilis, A. Nayaka bersama SonaOne dan YHB Sleepsalot juga merilis video musik dengan konsep yang direkam secara mandiri di tempat tinggal masing-masing karena kondisi pandemi Covid-19. Video musik itu juga telah ditayangkan di kanal YouTube A. Nayaka pada 29 Juli 2021.

Sementara itu, lagu yang bercerita tentang bagaimana setiap orang dapat berubah dan berevolusi ke level yang baru dan lebih baik dari kehidupan masing-masing, itu juga merupakan sebuah testimoni sekaligus harapan bahwa hip hop Asia Tenggara bisa dibawa ke level baru yang lebih mendunia melalui kolaborasi lintas negara.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Hobi Kulineran Mendatangkan Cuan, Ini Kisah Sukses Pebisnis Jajanan Instan

BERIKUTNYA

Simak 5 Manfaat Hobi Budi Daya Tanaman Hias

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: