Ketua Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani (kedua kanan) bersama dengan Miss International 2023 Andrea Rubio (kedua kiri), Miss Supranational 2023 Andrea Aguilera (kanan) dan Miss Charm 2023 Luma Russo saat konferensi pers Malam Grand Final Pemilihan Puteri Indonesia 2024 di Jakarta, Jumat (8/3/2024). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)

Ajang Puteri Indonesia 2024 Tambah 1 Gelar Baru, Tahun Ini Ada 4 Pemenang

08 March 2024   |   22:49 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Yayasan Puteri Indonesia (YPI) kembali menggelar ajang Puteri Indonesia 2024. Kontes kecantikan tahunan yang kini memasuki edisi ke-27 tersebut akan berlangsung lebih kompetitif yang diikuti oleh 42 finalis perempuan yang mewakili jumlah provinsi di Indonesia, dengan beberapa daerah mengirim lebih dari satu perwakilan.

Ke-42 finalis tersebut sebelumnya telah melaksanakan masa karantina di Jakarta sejak Selasa (20/2/2024). Hari ini, (8/3/2024) pada malam puncak, mereka akan berjuang untuk mewujudkan mimpi sebagai Puteri Indonesia 2024.

Malam final Puteri Indonesia 2024 akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center pada 8 Maret 2024. Acara tersebut akan dimeriahkan oleh Tiara Andini, Lesty, Adinda Chresheilla, hingga Baim. Malam final ini akan disiarkan langsung di televisi nasional SCTV dan live streaming YouTube Mustika Ratu Entertainment. 

Baca juga: Profil Madison Marsh, Perwira Angkatan Udara AS yang Jadi Miss America 2024
 

Ketua Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani (ketiga kanan) berfoto bersama dengan Miss International 2023 Andrea Rubio (kedua kiri) dan Miss Supranational 2023 Andrea Aguilera (kedua kanan), Miss Charm 2023 Luma Russo (tengah) dan Puteri Indonesia 2023 saat konferensi pers Malam Grand Final Pemilihan Puteri Indonesia 2024 di Jakarta, Jumat (8/3/2024).

Ketua Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani (ketiga kanan) berfoto bersama dengan Miss International 2023 Andrea Rubio (kedua kiri) dan Miss Supranational 2023 Andrea Aguilera (kedua kanan), Miss Charm 2023 Luma Russo (tengah) dan Puteri Indonesia 2023 saat konferensi pers Malam Grand Final Pemilihan Puteri Indonesia 2024 di Jakarta, Jumat (8/3/2024). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti )

Berbeda dari edisi sebelumnya, malam final Puteri Indonesia 2024 akan menggunakan format yang berbeda. Tahun ini, untuk pertama kalinya, Puteri Indonesia menambah satu gelar baru, yakni Puteri Indonesia Pendidikan dan Kebudayaan 2024.

Dengan demikian, praktis akan ada empat finalis yang akan diumumkan menjadi juaranya tahun ini. Tentu, penambahan gelar juara ini akan membuat persaingan menjadi lebih menarik. Nantinya, pemenang Puteri Indonesia Pendidikan dan Kebudayaan akan mewakili Indonesia untuk berlaga di ajang Miss Cosmo.

Adapun, juara yang lain, masih sama. Puteri Indonesia 2024 akan mewakilkan Indonesia di ajang Miss International, Puteri Indonesia Lingkungan akan menjadi perwakilan di ajang Miss Supranational, dan Puteri Indonesia Pariwisata akan mewakili ajang Miss Charm.

“Keempat Puteri Indonesia 2024 ini akan mengukuhkan keindahan dan kecerdasan perempuan Indonesia di mata dunia,” ucap Ketua Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia Putri Kus Wisnu Wardani dalam konferensi pers di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (8/3/2024).

Putri mengatakan penambahan gelar baru merupakan sebuah keniscayaan. Pendidikan dan kebudayaan adalah elemen yang tidak bisa dianggap enteng dalam upaya membangun bangsa. 

Menurutnya, pendidikan adalah unsur utama yang diperlukan untuk bangsa Indonesia bisa maju. Sebab, untuk mengisi kemerdekaan dan Indonesia emas 2045, tidak bisa bangsa ini berkembang hanya segelintir orang. Lewat pendidikanlah, gerakan cita-cita luhur ini bisa berjalan bersama beriringan.

Adapun, kebudayaan juga unsur penting lain yang harus mendapat sorotan. Budaya adalah kekuatan bangsa Indonesia. Budaya juga menjadi kekayaan bangsa yang perlu untuk terus dijaga.

"Tugasnya nanti sama, untuk mengadvokasi, menyebarkan, meningkatkan awareness masyarakat di sektor pendidikan dan budaya. Penambahan gelar ini juga berefek pada format kompetisi. Jika biasanya di akhir hanya ada 3 finalis di akhir, nantinya akan ada empat," imbuhnya.

Putri mengatakan kalau malam Grand Final Puteri Indonesia 2024 akan menampilkan keindahan, bakat, dan pesona dari para finalisnya. Dalam menjalankan misinya, Yayasan Puteri Indonesia selalu berpegang teguh pada nilai-nilai luhur yang diwariskan pendiri bangsa.

Visi tersebut menjadi pertimbangan untuk memilih para finalis nantinya. Sementara itu, Ketua Pemilihan Puteri Indonesia, Kusuma Ida Anjani mengatakan kalau malam puncak nanti akan berjalan luar biasa.

Para finalis akan saling bersaing untuk memperebutkan gelar prestisius. Acara bergengsi ini, kata dia, dipersembahkan dengan sepenuh hati untuk masyarakat dan bangsa Indonesia.

“Semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses, serta menjadi penyemangat bagi generasi muda Indonesia untuk terus berkarya dan berprestasi. Mari sama-sama kita saksikan keindahan, kecerdasan, dan kebanggaan Indonesia dalam Malam Grand Final Puteri Indonesia 2024,” imbuhnya.
 

Miss Supranational 2023 Andrea Aguilera (kedua kiri) saat menghadiri konferensi pers Malam Grand Final Pemilihan Puteri Indonesia 2024 di Jakarta, Jumat (8/3/2024).

Miss Supranational 2023 Andrea Aguilera (kedua kiri) saat menghadiri konferensi pers Malam Grand Final Pemilihan Puteri Indonesia 2024 di Jakarta, Jumat (8/3/2024). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti )

Dalam malam puncak nanti, Yayasan Puteri Indonesia telah memilih 12 juri yang akan bertugas untuk menilai para finalis. Para juri terdiri dari berbagai latar belakang, dari menteri, politisi, hingga para pemenang sebelumnya.

Ke-12 juri tersebut adalah Kusuma Dewi (Ketua Dewan Juri), Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri), Ario Bimo Nandito Ariotejdo (Menteri Pemuda dan Olahraga), Andrea Aguilera (Miss Supranational 2023), Ridwan Kamil (Arsitek dan Politisi), Emil Elistianto Dardak (Politisi),

Selain itu, juri lainnya yang akan menilai malam nanti adalah Kusuma Anjani (Direktur PT. Mustika Ratu), Prilly Latuconsina (Aktris), Jahja Setiaatmadja (CEO Bank BCA), Laksmi Shari De-Neefe Suardana (Puteri Indonesia 2022), Luma Russo (Miss Charm 2023), Mega Angkasa (Sekretaris Dewan Juri).

Baca juga: Fakta Menarik Mahkota Miss Universe Force for Good, Dihiasi Batu Safir Royal 45 Karat

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

3 Gaya Foto Smartphone Lagi Tren: Photo Dump hingga Siluet

BERIKUTNYA

Cek 5 Karya Unik Pameran Common Sanctum Bunga Yuridespita di Galeri Salihara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: