Miss Universe 2021 Harnaaz Sandhu. (Sumber gambar : Instagram/Miss Universe)

Mulai 2023, Ibu & Wanita yang Sudah Menikah Bisa Ikut Kontes Miss Universe

10 August 2022   |   13:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Ajang kompetisi Miss Universe memperbarui syarat keikutsertaan para pesertanya. Untuk pertama kalinya dalam sejarah gelaran itu, penyelenggara akan mengizinkan ibu dan wanita yang sudah menikah untuk bersaing di kontes internasional tersebut. Aturan ini akan mulai berlaku pada 2023 mendatang. 

"Kami semua percaya bahwa perempuan harus memiliki hak pilihan atas hidup mereka dan bahwa keputusan pribadi manusia tidak boleh menjadi penghalang bagi kesuksesan mereka," tulis sebuah memo yang disampaikan kepada direktur  Organisasi Miss Universe, dikutip dari Insider, Rabu (10/8/2022).

Informasi tersebut diamini Direktur Miss Universe Bahrain Josh Yugen. Dia menyebut sebagai ajang kompitisi dunia dan paling inovatif dari kategorinya, Miss Universe akan lebih inklusif dan ramah kepada kelompok ibu dan wanita yang sudah menikah

"Bagi saya, ini selaras dengan apa yang telah saya perjuangkan, mematahkan stereotip dan menghilangkan stigma yang dipaksakan oleh masyarakat lama kepada kita dari beberapa dekade yang lalu," tuturnya.

Baca Juga : Profil Harnaaz Kaur Sandhu, Juara Miss Universey 2021 Asal India

Sebelum aturan berubah, penyelenggara Miss Universe hanya mengizinkan wanita berusia antara 18-28 tahun yang belum pernah menikah dan tidak memiliki anak, yang diizinkan untuk bersaing memperebutkan mahkota ratu kecantikan dunia.  Miss Universe 2020 Andrea Meza mengatakan bahwa perubahan aturan sudah lama tertunda."Sejujurnya saya suka ini terjadi," sebutnya. 

Menurutnya situasi ini sama seperti perubahan di masyarakat ketika perempuan mendapat posisi yang sejajar dengan laki-laki dalam hal karir. Oleh karena itu, sudah saatnya stigma kontes Miss Universe berubah dan lebih terbuka untuk perempuan yang sudah berkeluarga. 

Dia menyampaikan banyak wanita yang menikah muda atau memiliki anak di usia awal 20an. Mereka selalu ingin berpartisipasi dalam Miss Universe tetapi tidak bisa karena aturan. "Sekarang para wanita itu dapat memulai atau meningkatkan karir mereka di dunia hiburan karena perubahan ini," jelas Meza. 

Sementara itu, Meza, yang mewakili Meksiko dalam kontes tersebut, berpendapat mungkin beberapa orang menentang perubahan ini. Hal tersebut karena mereka selalu ingin melihat seorang wanita lajang yang cantik. Mereka selalu ingin melihat seorang wanita yang dari luar terlihat begitu sempurna. 

"Sama seperti di industri lainnya, perempuan mampu memiliki posisi kepemimpinan yang menuntut tanpa atau dengan keluarga, tidak berbeda dalam hal ini," tegasnya.

Meza yang dinobatkan sebagai Miss Universe 2020 sempat membuat heboh setelah beberapa jam mendapatkan mahkota ratu kecantikan dunia. Tersebar gambar dia memakai gaun pengantin bersama seorang pria dengan tuksedo, melakukan foto pernikahan di atas tebing. 

Namun, Meza menyatakan bahwa foto itu bagian dari sesi pemotretan saat dia bekerja sebagai duta pariwisata. Lagipula pria yang bersamanya merupakan adik bungsu dari salah satu sahabatnya. 
 

Pemenang Miss Universe 

Sebagai informasi tambahan, berikut ini adalah daftar pemenang Miss Universe dari beberapa tahun belakangan : 
 
Tahun Pemenang Negara Asal Lokasi Acara
2021 Harnaaz Sandhu India Eliat, Israel
2020 Andrea Meza Meksiko Florida, Amerika Serikat
2019 Zozibini Tunzi Afrika Selatan Atlanta, Amerika Serikat
2018 Catriona Gray Filipina Bangkok, Thailand
2017 Demi Leigh Nel Peters Afrika Selatan Las Vegas, Amerika Serikat

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor : Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

8 Destinasi Petualangan Tak Biasa di Pulau Sentosa

BERIKUTNYA

Blinks Siapin Kantong, BLACKPINK Rilis Album Bulan Depan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: