Ilustrasi liburan (Sumber gambar: Nina Uhlikova/Unsplash)

3 Gaya Foto Smartphone Lagi Tren: Photo Dump hingga Siluet

09 March 2024   |   17:56 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Mengabadikan momen menjadi salah satu aspek penting dalam membuat pengalaman makin seru selama berlibur. Khususnya bagi pemburu foto, memotret tempat-tempat ikonik hingga pemandangan alam yang indah memerlukan beberapa trik khusus agar gambar yang diambil tampak menarik.

Apalagi saat menikmati waktu berlibur panjang, rasanya sayang jika tak mengambil gambar-gambar aesthetic selama liburan. Tak melulu dengan kamera profesional, memotret cantik pun bisa dilakukan melalui smartphone dengan fitur-fitur fotografi yang sudah mumpuni.

Misalnya, pada smartphone Galaxy S24 Series yang terkenal dengan fitur AI-nya, teknologi kecerdasan buatan ini mampu membuat gambar terlihat lebih cantik dan halus tanpa efek berlebihan. 

Baca juga: Ingin Belajar Fotografi? Pahami Dulu Konsep Segitiga Exposure

Fotografer Anton Suseno menyebut perlunya smartphone yang menunjang fotografi mulai dari proses persiapan, pengambilan konten, hingga retouching dan editing.

Berikut beberapa tips fotografi yang dibagikan Anton Suseno untuk membuat konten-konten fotografi selama long weekend:
 

1. Ikut Tren Photo Dump

Belakangan, media sosial Instagram sedang ramai dengan tren photo dump. Tren ini ditampilkan dengan kolase foto gabungan yang menampilkan rangkuman aktivitas dalam foto, bisa berupa foto kegiatan, detail momen, dan pemandangan sekitar. Tren ini cukup sukses membuat foto terlihat bercerita dan hidup.

Zoom bisa menjadi tools andalan untuk mengambil gambar dengan framing manual untuk membuat tren photo dump. Dengan tren ini juga, konten-konten yan fokus memperlihatkan detail dari sebuah objek akan membuat kesan foto lebih aesthetic dan minimalis.
 

Photo siluet (Sumber gambar: Dok. Samsung)

Photo siluet (Sumber gambar: Dok. Samsung)

 

2. Mainkan Potret Siluet

Tren foto siluet memang bukanlah hal baru. Namun tampanya tren ini tak pernah surut dan cukup banyak dilakukan para fotografer. Potret siluet yang dilakukan dalam kondisi lowlight cenderung membuat kesan foto yang berbeda dan terkesan lowkey.

Anton menyarankan untuk mengambil objek dengan tools zoom in ke arah detail siluet dengan memainkan Optical Zoom hingga 5 kali. Menurut Anton, zoom optic ini memungkinkan hasil foto yang lebih jernih dan detail terutama saat kondisi gelap.

Resolusi kameranya dapat diatur pada 50 MP, sehingga tetap bisa di-crop tanpa mengurangi detail gambar saat ingin mempersempit framing foto. Tips tambahan, pastikan ada sedikit cahaya untuk menghasilkan siluet yang cantik pada foto agar foto pun tidak terlihat flat. Tak kalah penting, Anton menyarankan untuk menggunakan kamera dengan image processing yang bagus.
 

3. Sempurnakan Detail dengan Photo Assist

Editing menjadi proses yang tak kalah penting dalam sebuah gambar. Tahap editing memiliki peran penting untuk membuat karya foto lebih bercerita. Proses editing advanced yang dihadirkan Galaxy S24 Series menyedakan tools khusus yang membuat proses editing tak perlu memakan waktu banyak.

Baca juga: Hobi Fotografi? Cek Tip & Trik Penggunaan Lensa yang Tepat dari Fotografer Profesional

Teknologi AI sebagai fitur berkemampuan mengisi background pada foto. Misalnya, fitur Generative Edit yang bisa menghapus objek menganggu untuk membauat hasil foto aesthetic menjadi lebih clean. Kemudian pengguna bisa berkreasi dengan memindahkan atau me-resize objek, hingga melakukan rotate foto tanpa merusak komposisi gambar.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Koleksi Busana Hari Raya di Indonesia Fashion Aesthetics 2024, dari Si.Se.Sa sampai Buttonscarves

BERIKUTNYA

Ajang Puteri Indonesia 2024 Tambah 1 Gelar Baru, Tahun Ini Ada 4 Pemenang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: