Harnaaz Kaur Sandhu (Dok. Harnaaz Kaur Sandhu/Instagram)

Ini Profil Harnaaz Kaur Sandhu, Juara Miss Universe 2021 Asal India

13 December 2021   |   13:52 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ajang kompetisi Miss Universe 2021 yang ke-70 menetapkan wakil dari India, Harnaaz Kaur Sandhu sebagai pemenangnya. Harnaaz mengalahkan 79 kontestan lainnya dari berbagai negara dan mencetak sejarah baru untuk India karena berhasil membawa pulang gelar ratu sejagat tersebut setelah 21 tahun.

Adapun posisi runner up pertama diraih oleh Nadia Ferreira dari Paraguay, dan runner up kedua diraih oleh Lalela Maswane dari Afrika Selatan.

Kemenangan Harnaaz menambah catatan kemenangan bagi India, setelah 21 tahun lalu diraih oleh Lara Dutta Bhupathi pada Miss Universe 2000. Harnaaz adalah wanita India ketiga yang dinobatkan sebagai Miss Universe setelah Sushmita Sen (1994), dan Lara Dutta (2000).  Lantas, siapakah sosok Harnaaz Kaur Sandhu?

Harnaaz Kaur Sandhu adalah model sekaligus aktris kelahiran 3 Maret 2000. Dia tumbuh di kota Chandigarh dan dibesarkan dalam keluarga yang menganut agama Sikh. 

Dia menyelesaikan pendidikan formalnya di Shivalik Public School, dan melanjutkan pendidikan masternya hingga saat ini masih terdaftar sebagai mahasiswa di Post Graduate Government College for Girls (Kampus Pemerintah Pasca-Sarjana untuk Perempuan) di Chandigarh dengan mengambil jurusan administrasi publik.
 

fg

Harnaaz Kaur Sandhu (Dok. Harnaaz Kaur Sandhu/Instagram)

(Baca juga: Harnaaz Kaur Sandhu dari India Jadi Pemenang Miss Universe 2021)

Sejak belia, Harnaaz sudah aktif mengikuti berbagai kontes kecantikan. Dia pernah memenangkan kompetisi Miss Chandigarh pada 2017 dan Miss Max Emerging Star India pada 2018.

Dia juga menjuarai kontes Femina Miss India Punjab 2019. Pada tahun yang sama, dia kemudian melaju ke kontes Femina Miss India. Namun, langkahnya terhenti di babak 12 besar.

Pada 2021, dia mengikuti kontes Miss Diva 2021 dan berhasil menjadi pemenang. Jawara Miss Diva ini akhirnya yang menjadi wakil India di kontes Miss Universe 2021.

Harnaaz juga diketahui seorang pecinta alam. Pandangannya tentang pemanasan global dan pelestarian alam telah membuat kagum para panelis dan juri di ajang Miss Diva 2021. Perempuan berusia 21 tahun ini memiliki pandangan yang kuat tentang pemanasan global dan perubahan iklim.
 

Harnaaz Kaur Sandhu (Dok. Harnaaz Kaur Sandhu/Instagram)

Harnaaz Kaur Sandhu (Dok. Harnaaz Kaur Sandhu/Instagram)

Selain itu, dia juga adalah seorang advokat yang kuat untuk membela hak-hak perempuan yang mendapatkan inspirasi dari Priyanka Chopra. Di waktu luangnya, dia menjalani beberapa kegiatan seperti yoga, menari, memasak, menunggang kuda, dan bermain catur.

Tak hanya sebagai model, Harnaaz juga menunjukkan bakat aktingnya dengan membintangi beberapa film. Baru-baru ini, dia telah menyelesaikan syuting untuk dua film dari Punjabi yaitu Yaara Diyan Poo Baran dan Bai Ji Kuttange. Kedua film itu dijadwalkan rilis pada 2022.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Dioperasikan Tanpa Masinis, Ini Teknologi yang Jamin Keselamatan LRT Jabodebek

BERIKUTNYA

5 Serial WeTV Tahun Depan, dari Mozachiko hingga Tilik The Series

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: