Ilustrasi (Sumber gambar: Helena Ije/Pexels)

5 Cara Ampuh Atasi Rambut Kusut dan Kering

09 February 2022   |   19:37 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Rambut kering dan kusut jadi masalah kebanyakan orang, apalagi untuk kita yang berambut ikal dan keriting. Kalau Genhype mencari cara instan untuk mengatasi rambut kusut dan kering, sayang sekali, tidak ada trik ajaib yang bisa membuat rambut kusut jadi halus. 

Rambut yang kering dan rusak biasanya jadi penyebab utama rambut kalian kusut atau frizzy. Menggunakan produk yang salah, sering pakai alat penata rambut yang panas, terekspos bahan kimia, dan bahkan menyisir rambut bisa membuat rambut kita rusak, loh, Genhype.

Selain efek alat styling yang panas, lingkungan dengan kelembapan tinggi dapat menyebabkan rambut kusut. Kelembaban membuka kutikula dan membuat rambut terlihat sangat kusut—seperti saat rambut dalam keadaan basah. 
Lalu, apa solusinya?

Berikut adalah cara untuk atasi rambut kusut dan kering:

Baca juga 10 Kiat Agar Rambut Kalian Tumbuh Panjang & Sehat
 

1. Pakai shampo secukupnya

Kalau Genhype punya rambut yang kering, gunakan lebih banyak conditioner dan kurangi shampo. Cara ini dapat memperbaiki kondisi rambut jadi lebih baik.

Setelah keramas, pakai conditioner lalu bilas hingga bersih. Jika kalian ingin menggunakan pengering rambut atau alat penata rambut lainnya jangan lupa pakai heat protector.

2. Gunakan conditioner yang melembabkan
Yang dibutuhkan rambut kering dan kusut adalah kelembaban dari conditioner. Rambut sehat cenderung tidak akan kusut seperti rambut kering karena memiliki kondisi kelembaban yang ideal. Sehingga conditioner adalah perawatan terbaik untuk rambut.
 

3. Keringkan rambut dengan cara yang tepat

Nah, satu penyebab utama rambut kusut dan rusak adalah jika kita terlalu sering mengeringkan rambut dengan handuk yang digosok kasar. Hal sesederhana mengeringkan rambut pun akan mempengaruhi tekstur rambut ketika kering, Genhype.

Kalian bisa memeras air di rambut dengan handuk katun biasa atau handuk micro-fiber hingga setengah kering. Kemudian kalian bisa mengeringkannya lagi dengan diangin-anginkan atau dengan pengering rambut. Ingat, jangan gunakan pengering rambut ketika masih terlalu basah karena ini akan menyebabkan rambut frizzy dan gunakan heat protector.

Belakangan ini juga banyak produk pengering rambut yang dilengkapi dengan teknologi ion negatif yang memecah molekul air pada rambut dan tidak merusak kutikula.
 

4. Perawatan keratin

Kalau rambut kalian terlalu 'bandel' dan jadi makin sulit diatur, mungkin ini saatnya untuk mempertimbangkan perawatan keratin yang dapat membuat rambut menjadi lebih lembut dan mudah diatur hingga 6 bulan.

Namun, perawatan keratin biasanya akan membuat rambut terlihat tipis dan lepek di bulan pertama. Untuk mempertahankan efek keratin pada rambut, Genhype bisa menggunakan shampo yang bebas sulfat.
 

5. Gunakan hair mask seminggu sekali

Perawatan untuk rambut sehat, lembut dan mudah diatur juga bisa dilakukan di rumah, loh. Caranya dengan menggunakan hari mask seminggu sekali untuk memberikan kelembaban ekstra selain dari conditioner yang kalian gunakan setiap habis keramas.

Ada banyak jenis hair mask di pasaran untuk setiap jenis rambut. Kalau ingin rambut yang lebih mudah diatur, kalian bisa gunakan hair mask dengan kandungan keratin atau minyak argan.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Retail Berlomba Makin Dekat dengan Pemukiman

BERIKUTNYA

Siap-Siap, Event Pokemon GO Bertema Valentine Dimulai Besok!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: