The Wailing (Sumber foto: Instagram/thousand_wooo)

Selain Exhuma, Ini 3 Film Korea Terpopuler Tentang Praktik Dukun dan Supranatural, Ada Dukun Indonesia!

07 March 2024   |   21:23 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Belakangan ini film asal Korea Selatan berjudul Exhuma sedang viral dijagat maya. Film yang bertemakan praktik dukun ini sukses membuat penonton merinding sekaligus kagum dengan akting para aktor di film tersebut. Hingga saat ini Exhuma berhasil menggaet 6 juta penonton dengan waktu relatif singkat dan meraih peringkat ke-3 film Korea terlaris di Indonesia.

Film ini merupakan gabungan beberapa genre seperti horor, thriller, misteri, ritual perdukunan, hingga mengusung sejarah antar Jepang dan Korea. Sama seperti di Indonesia, ritual perdukunan di Korea sendiri memang sudah ada sejak lama dan terkenal akan ilmu hitam yang masih digunakan oleh masyarakat disana.

Di Korea, praktik perdukunan dikenal sebagai "mudang" yang sudah ada sejak zaman kuno. Mudang adalah seorang dukun atau perantara spiritual yang dipercaya memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan roh dan melakukan ritual untuk keperluan spiritual atau penyembuhan.

Baca juga;  Kisahkan Kelanjutan Bima dan Dara, Film Dua Hati Biru Direncanakan Tayang 17 April 2024

Nah, bagi Genhype yang penasaran dengan praktik dukun di Korea dan ingin menonton film serupa dengan Exhuma, berikut adalah rekomendasi filmnya. 


The Wailing (2016)


The Wailing merupakan film horor yang menceritakan tentang sesosok roh jahat yang ada di desa. Saat itu ada dua polisi yang membahas soal warga desa yang kehilangan akal sehatnya karena penyakit misterius yang dideritanya. Para warga desa yang terkena penyakit misterius itu tega menghabisi nyawa anggota keluarga mereka sendiri. Semua ini terjadi sejak datangnya seorang pria tua yang berasal dari Jepang. 

The Wailing sukses membuat penonton merasa merinding. Walaupun tidak ada sosok hantu seperti pada film-fillm horor lainnya, namun hawa mencekam sangat menusuk ketika menontonnya. Film ini juga memiliki banyak plot twist dan adegan yang membuat kita menjadi terheran-heran. Film horor yang bercerita tentang perdukunan ini  merupakan film yang paling populer di Korea hingga mancanegara. Terlebih lagi, The Wailing menjadi film horor Korea terlaris yang berhasil mendapatkan 6,8 juta penonton. 


The Cursed: Dead Man's Prey (2021)


Selain itu ada The Cursed: Dead Man's Prey yang juga membahas mengenai praktik perdukunan. Film ini bercerita tentang pembunuhan berantai yang ternyata pelakunya adalah mayat-mayat yang dihidupkan kembali menggunakan ilmu persantetan dan perdukunan. Tak sampai itu, mayat hidup tersebut rupanya dikendalikan oleh seseorang untuk melakukan pembunuhan. Menariknya, film ini juga membahas tentang santet dan praktik dukun yang ada di Indonesia. 


The 8th Night (2021) 


Menceritakan tentang seorang biksu dan detektif yang mencoba untuk menghentikan kebangkitan sosok iblis jahat berupa mata merah dan mata hitam yang telah disegel selama berabad-abad. Namun mata merah berhasil lepas dan mencoba untuk membebaskan segel dari mata hitam agar mereka bisa menghancurkan dunia. Sang biksu harus bergelut dengan waktu karena di hari ke-8 iblis tersebut bangkit, maka kekuatannya akan semakin besar dan dapat menghancurkan dunia. 

Dengan atmosfer yang gelap dan tegang, The 8th Night menggambarkan perjalanan mereka dalam mencoba menghadapi ancaman yang mengintai dalam kegelapan. Film ini menarik perhatian penonton dengan plotnya yang membingungkan dan suasana yang menegangkan sepanjang cerita. 
 
Baca juga: 10 Rekomendasi Film & Serial Terbaru untuk Menemani Puasa Ramadan 2024

Editor: Puput Ady Sukarno

 

SEBELUMNYA

Putri Ayudya Cerita Keseruan Syuting Film Kuyang, Adegan CGI Jadi Favoritnya

BERIKUTNYA

Yuk Kenalan dengan 10 Jenis Kurma Terpopuler di Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: