Exhuma (Sumber Foto: ImDb)

Exhuma Jadi Film Korea Terlaris Ketiga di Indonesia, Siap Salip The Moon yang Dibintangi D.O EXO

05 March 2024   |   16:46 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Film horor asal Korea Selatan, Exhuma memulai penayangan perdananya di Indonesia pada 28 Februari 2024. Sampai hari ini tayangan yang dibintangi oleh Lee Do Hyun dan Kim Go Eun tersebut terus mencetak prestasi, ditandai dengan jumlah penonton yang bertambah setiap harinya.

Exhuma menjadi film box office yang sukses mengumpulkan jutaan penonton dalam waktu singkat. Di negara asalnya, Exhuma tayang sejak 22 Februari 2024. Terhitung dalam waktu 11 hari, film ini telah ditonton oleh lebih dari 6 juta orang.

Menurut laporan Dewan Perfilman Korea Selatan, pencapaian tersebut menjadikannya sebagai film terlaris di Korea Selatan pada 2024, mengalahkan Wonka dengan total 3,2 juta penonton. Keuntungan yang diperoleh Exhuma mencapai US$43.516 dari pemutaran di 2.367 layar bioskop. 

Baca juga: 7 Fakta Menarik Film Exhuma, Horor Korea yang Dibintangi Lee Do-hyun
 
 
Menariknya, Exhuma juga mencatatkan rekor membanggakan di Indonesia. Sejak penayangan perdananya pada 28 Februari 2024, jumlah penonton terus bertambah padahal hanya ditayangkan di 140 bioskop saja. Awalnya film ini hanya bisa disaksikan di bioskop CGV dan Cinepolis. Sampai pada 4 Maret 2024, jaringan bioskop Cinema XXI turut memutarnya. 

Mengutip dari laman Instagram Feat Pictures Indonesia sebagai distributor resminya, Exhuma memperoleh 50.000 penonton hanya dalam dua hari penayangannya. Jumlahnya pun naik dua kali lipat jadi 100.000 penonton dalam tiga hari penayangan dan menyentuh angka 300.000 penonton pada hari kelima. 

Pencapaian tersebut membuat Exhuma berpotensi menggeser posisi The Moon (2023), sebagai film Korea Selatan terlaris kedua di Tanah Air. Film sci-fi yang dibintangi D.O. EXO tersebut menempati posisi kedua setelah mengumpulkan lebih dari 365.000 penonton sampai 31 Agustus 2023. 

Sementara itu, film Korea Selatan terlaris di Indonesia yang pertama sampai saat ini masih ditempati oleh Parasite (2019). CBI Pictures mengungkapkan karya Bong Joon-ho tersebut telah mengumpulkan 700.000 penonton sejak tayang perdana pada 2019. Parasite juga sukses menggeser The Battleship Island yang menempati posisi pertama selama dua tahun. 


Sinopsis Film Horor Exhuma

Film Exhuma diproduseri oleh Showbox, Pinetown Production, dan MCMC. Disutradarai oleh Jang Jae-hyun yang juga merangkap sebagai penulis naskahnya. Lulusan Sungkyunkwan University dan Hyejeong Film Institute ini sudah lama berkecimpung dalam pembuatan film horor dan supranatural. Karya-karyanya yang populer mulai dari Svaha: The Sixth Finger (2019) dan The Priests (2015).

Exhuma bermula ketika pasangan dari keluarga kaya raya Los Angeles keturunan Korea Selatan, mengaku bahwa bayinya diganggu oleh entitas misterius. Mereka langsung menghubungi dua dukun muda terkenal, Hwa Rim (Kim Go-eun) dan Bong Gil (Lee Do-hyun). Suami istri tersebut menjanjikan imbalan uang yang besar supaya tidak diganggu oleh setan, iblis, atau roh jahat.

Ternyata memang ada kekuatan gelap dan jahat yang menyelimuti sang bayi. Hwa Rim dan Bong Gil pun langsung menyelidiki asal-usulnya. Sampai akhirnya terkuaklah fakta bahwa kekuatan misterius ini berkaitan dengan leluhur keluarga pasangan konglomerat tersebut.

Merasa lawannya sangat kuat dan sulit ditaklukkan, Hwa Rim dan Bong Gil bekerja sama dengan ahli fengsui, Sang Deok (Choi Min-sik), dan petugas pemakaman Korea, Yong Geun (Yoo Hae-jin). Mereka pun mulai mencari kuburan leluhur di sebuah desa terpencil di Korea. Apakah dua dukun muda tersebut bisa mengungkap rahasia gelap keluarga kliennya? 

Baca juga: 5 Fakta The Watchers, Film Horor Terbaru Warner Bros Siap Tayang Juni 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

3 Resep Minuman Segar untuk Buka Puasa, Mudah Loh Bikinnya

BERIKUTNYA

Menu Sat Set Anti Ribet, Resep Nasi Tomat Daging Bermodalkan Rice Cooker

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: