My Name Is Loh Kiwan. (Sumber gambar: Netflix)

10 Rekomendasi Film & Serial Terbaru untuk Menemani Puasa Ramadan 2024

07 March 2024   |   11:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Selama Ramadan, umat Muslim akan menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh, sebagai salah satu dari lima rukun Islam. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan selama menjalankan ibadah puasa saat sedang tidak bekerja ataupun sekolah, salah satunya adalah menonton film.

Sejumlah film dan serial dengan berbagai genre seperti drama, laga, hingga film konser bisa menjadi pilihan tontonan sambil menunggu waktu buka puasa saat Ramadan.

Baca juga: 3 Anime Seru Tayang Maret 2024: Ada Doraemon dan Paripi Koumei

Sepanjang Maret 2024, sejumlah layanan streaming telah menyiapkan deretan tayangan seru yang bisa masuk daftar tontonan kalian selama bulan puasa. Film dan serial yang tayang terdiri dari drama Korea, konten original dengan beragam genre dan cerita, film konser, dokumenter, hingga film box office bioskop.

Berikut adalah 10 rekomendasi film dan serial terbaru untuk menemani puasa pada Ramadan 2024.


1. My Name Is Loh Kiwan

 

Ditulis dan disutradarai oleh Kim Hee-jin, My Name Is Loh Kiwan adalah film adaptasi dari novel berjudul I Met Loh Kiwan karya Jo Hae-jin. Film ini mengikuti kisah tentang Loh Ki-wan (diperankan oleh Song Joong-ki), seorang pembelot Korea Utara. Dia telah tiba di negara asing Belgia dari Korea Utara karena ibunya Ok-Hee (Kim Sung-ryung).

Ki-wan ingin menetap di negara tersebut, tapi satu-satunya harapan agar dia tetap tinggal adalah menerima status pengungsi dari pemerintah Belgia. Dia pun berjuang untuk mendapatkan status tersebut. Ki-wan kemudian bertemu Marie (Choi Sung-eun). Sung-eun adalah orang Korea yang telah menerima kewarganegaraan Belgia. Di masa lalunya, dia adalah seorang penembak.

Berbeda dengan Ki-wan yang datang ke Belgia untuk menjalani hidup baru, Marie justru tidak punya alasan untuk hidup. Keduanya pun mengalami pertemuan pertama yang tidak menyenangkan, namun pada akhirnya saling jatuh cinta. Film My Name is Loh Kiwan bisa kalian tonton di Netflix.


2. Spaceman

 

Film Spaceman yang tayang di Netflix ini disebut merupakan perpaduan kisah antara pengembaraan cinta, ambisi, dan penemuan jati diri antargalaksi. Disutradarai oleh Johan Renck dan ditulis oleh Colby Day, film Spaceman mengikuti kisah petualangan astronot asal Ceko, Jakub Procházka (diperankan oleh Adam Sandler).

Jakub adalah seorang pria paruh baya dari kelas menengah yang menjadi astronot pertama di negara tersebut. Dia ditugaskan dalam misi penelitian antarbintang untuk mencapai gugusan debu luar angkasa yang misterius guna mengambil sampelnya.

Namun, dia merasa tidak nyaman dengan perjalanan luar angkasa lantaran merindukan istrinya yang sedang hamil dan ingin kembali ke rumah. Suatu hari, Jakub bertemu dengan makhluk misterius di pesawat luar angkasanya bernama Hanuš (disuarakan oleh Paul Dano), yang membuatnya terlibat pada satu kisah petualangan unik. Bersama Hanuš, Jakub berusaha memahami hal-hal yang salah dalam pernikahannya sebelum semuanya terlambat.


3. Wonderful World

 

Aktor sekaligus idol muda berbakat, Cha Eun-woo kembali menunjukkan kemampuan aktingnya dalam drama Korea Wonderful World. Kisah drakor ini berfokus pada tokoh Eun Soo-hyun (diperankan oleh Kim Nam-joo) seorang profesor psikologi dan penulis terkenal, yang hidupnya berubah total ketika putranya yang masih kecil meninggal dunia secara tidak adil. 

Eun Soo-hyun pun kehilangan harapan untuk hidup di dunia, dan memutuskan untuk menghukum sendiri orang yang bertanggung jawab atas kematian putranya. Di tengah usaha itu, dia bertemu Kwon Seon-yul (Cha Eun-woo), yang juga hancur karena kehilangan keluarga dan kedua orang tuanya. Bersama, mereka pun memecahkan kasus misterius sekaligus saling menguatkan. Adapun, drakor Wonderful World tayang di Disney+ Hotstar.


4. Petualangan Sherina 2

 

Melanjutkan musim pertamanya yang dirilis dua dekade silam, Petualangan Sherina 2 mengikuti kehidupan Sherina (diperankan oleh Sherina Munaf) dewasa yang kini bekerja sebagai seorang jurnalis dan tengah bersiap untuk meliput acara World Economic Forum yang digelar di Swiss.

Namun, tiba-tiba dia dipindahtugaskan ke Kalimantan untuk sebuah liputan eksklusif mengenai lingkungan hidup. Sesampainya di sana, tanpa sengaja Sherina bertemu kembali dengan teman masa kecilnya, Sadam (Derby Romero), yang kini bekerja sebagai manajer program di sebuah LSM konservasi setempat.

Kedua sahabat yang sudah lama tak bertemu itu pun menghidupkan kembali pertemanan mereka dengan mengenang momen-momen nostalgia. Sayangnya, misi Sherina mendadak berubah menjadi berbahaya ketika sebuah kelompok kriminal menculik seekor anak orangutan. Pertemanan Sherina dan Sadam diuji seiring mereka menjalani petualangan yang penuh dengan aksi, nyanyian, dan tarian. Film ini bisa ditonton di Prime Video.


5. 24 Jam Bersama Gaspar

 

24 Jam Bersama Gaspar merupakan film adaptasi dari novel berjudul sama karya penulis Sabda Armandio. Disutradarai oleh Yosep Anggi Noen, film laga misteri neo-noir ini berkisah tentang Gaspar (Reza Rahadian), detektif swasta yang terhubung dengan petunjuk tentang misteri hilangnya Kirana (Shofia Shireen), sahabat masa kecilnya.

Ternyata, petunjuk itu mengarah kepada Wan Ali (Landung Simatupang), seseorang yang terlibat sindikat perdagangan manusia. Di sisi lain, Gaspar justru divonis akan mati dalam 24 jam dalam merencanakan perampokan sebuah toko emas bersama lima orang lainnya. Film ini akan tayang di Netflix pada 14 Maret 2024.


6. Taylor Swift: The Eras Tour

 

Seperti judulnya, Taylor Swift: The Eras Tour adalah film yang mendokumentasikan The Eras Tour, tur fenomenal Taylor Swift yang berlangsung pada 2023-2024. Sebelumnya, film ini telah lebih dulu tayang di bioskop global pada 13 Oktober 2023.

The Eras Tour menjadi film konser terlaris sepanjang masa yang menghasilkan pendapatan sebesar US$261,6 juta di seluruh dunia. Film ini mendapat pujian dari para kritikus, yang sebagian besar memuji arahan, tontonan, energi, serta kesenian dan kecakapan memainkan pertunjukan Swift. Taylor Swift: The Eras Tour akan tayang di Disney+ Hotstar pada 15 Maret 2024.


7. Chicken Nugget

 

Chicken Nugget adalah drama Korea yang berkisah tentang perempuan yang dikenal memesona bernama Choi Min-ah. Namun, Min-ah mendadak berubah menjadi nugget ayam setelah masuk ke dalam mesin yang misterius. Ayahnya, Choi Sun-man, berusaha mengembalikan sosok Min-ah menjadi manusia.

Di sisi lain, Go Baek-jung yang magang di tempat itu juga menjaga Min-ah dalam bentuk nugget hingga akhirnya dia mengetahui rahasia gelap dalam prosesnya. Drama komedi ini dibintangi oleh sederet pemain ternama seperti Ahn Jae-hong, Kim Yoo-jung, dan Ryu Seung-ryong. Chicken Nugget akan tayang di Netflix pada 15 Maret 2024.


8. Ellyas Pical

 

Sumber gambar: Prime Video

Sumber gambar: Prime Video

Serial dengan enam episode ini mengangkat kisah nyata dari petinju legendaris Indonesia, Ellyas Pical. Lahir di pulau terpencil dengan keterbatasan ekonomi dan fisik, di mana pendengarannya rusak akibat bom ikan, Ellyas pun kehilangan harapan akan masa depannya. 

Namun, kemampuan bertarungnya membuka jalan bagi Ellyas untuk menjadi seorang petinju, mulai dari juara amatir hingga menjadi juara dunia. Disutradarai oleh Herwin Novianto, Ellyas Pical dibintangi oleh Denny Sumargo, Christine Hakim, Della Dartyan, Donny Alamsyah, Darius Sinathrya, Bima Senna, Alle Marasabessy, Yayu Unru, Parisa Shams, dan Alfie Alfandy. Serial ini akan tayang pada 21 Maret 2024 di Prime Video.


9. Srimulat: Hidup Memang Komedi

 

Melanjutkan bagian pertamanya, Srimulat: Hidup Memang Komedi adalah film yang mengangkat kisah grup lawak legendaris Tanah Air, Srimulat, yang tersohor pada awal tahun 1980-an. Film ini menyoroti perjalanan mereka yang luar biasa, memperlihatkan perubahan mereka dari sebuah grup komedi desa yang sederhana menjadi sebuah sensasi televisi nasional yang ikonik. Srimulat: Hidup Memang Komedi akan tayang di Prime Video pada 28 Maret 2024.


10. Hope On The Street

 

Hope On The Street merupakan serial dokumenter enam episode yang akan menyoroti cerita dan kecintaan J-Hope terhadap menari, seiring dia memulai perjalanan baru setelah debutnya 12 tahun lalu dan kembali ke akarnya sebagai seorang penari. 

Ditemani oleh mantan instrukturnya, sang juara popping Boogaloo Kin, J-Hope menjelajahi jalanan Osaka, Seoul, Paris, New York, dan Gwangju, di mana dia bertemu dengan berbagai penari jalanan yang inspiratif. Selan itu, dokumenter ini juga akan menghadirkan lagu-lagu dari album spesial J-Hope berjudul Hope on the Street Vol. 1.

Episode perdana dokumenter tersebut akan dirilis pada 28 Maret 2024 di Prime Video. Adapun, episode barunya akan dirilis secara mingguan setiap Kamis dan Jumat. "Ikuti J-Hope dalam perjalanannya mengejar mimpi yang menghubungkan masa lalu, masa kini, dan masa depannya," demikian tulis sinopsis singkat dokumenter tersebut.

Baca juga: 5 Film & Serial Hollywood Tayang 2024 di Netflix Indonesia, Ada Avatar hingga Rebel Moon Part 2

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

3 Resep Kue Kering Enak untuk Menyambut Ramadan 2024

BERIKUTNYA

Serial Avatar: The Last Airbender Bakal Berlanjut ke Musim 2 & 3

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: