Ilustrasi Pakaian yang Sedang Dijemur (Sumber foto: Pexels/Karolina Grabowska)

Ini Alasan Mengapa Genhype Harus Cepat Ganti Baju Setelah Berkativitas

08 March 2024   |   06:30 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Saat tiba di rumah setelah menjalani hari yang padat, terkadang rasanya kita begitu lelah hingga malas sekali untuk berganti pakaian. Begitu melemparkan tas di sofa dan menginjakkan kaki di lantai rumah, pikiran kita langsung menuju pada kasur. 

Saat sudah terkapar di kasur, kadang kita tidak langsung melanjutkan ke aktivitas lainnya. Biasanya, kita membuka aplikasi media sosial atau sekadar mencari hiburan sampai lelah itu perlahan-lahan menghilang. Namun, saking asyiknya berselancar di media sosial kita sampai tenggelam dan lupa untuk melakukan aktivitias lainnya. 

Baca juga: Tak Perlu Repot ke Salon, Lakukan Detox Kulit Sendiri Di Rumah

Saking lelahnya, terkadang kita bahkan sampai lupa untuk mengganti baju. Padahal, tanpa kita sadari, kebiasaan untuk tidak langsung mengganti baju setelah melakukan aktivitas di luar ruangan dapat membahayakan kesehatan. Berikut adalah alasan mengapa tidak mengganti baju dapat menyebabkan masalah. 
 

Sumber foto: Pexels/Vlada Karpovich

Ilustrasi berbaring di kasur. (Sumber foto: Pexels/Vlada Karpovich)
 

1. Berdampak pada pembuluh darah

Mengenakan pakaian yang ketat memang bisa meningkatkan penampilan, tapi kalau kalian tidak langsung melepasnya saat pulang ke rumah hal itu bisa berdampak pada kesehatan. Memang apa hubungannya? Pakaian yang ketat dapat memengaruhi sirkulasi darah karena pakaian yang terlalu ketat bisa membatasi gerakan kita. Hal itu berakibat pada melambatnya aliran darah dan kalau Genhype memakainya secara terus-menerus hal itu bisa berdampak pada pembuluh darah. 


2. Membawa bakteri

Mungkin alasan yang satu ini sudah cukup jelas, ya, Genhype. Walaupun kalian tidak sakit hanya karena mengenakan pakaian yang sama sepanjang hari, namun masih ada kemungkinan kalian membawa kuman ke dalam rumah dari pakaian yang kalian kenakan.

Bakteri ini nantinya dapat menyebabkan berbagai infeksi yang dapat menyerang diri sendiri maupun keluarga di rumah. Contohnya seperti Acinetobacter yang dapat memicu infeksi pernapasan dan Staphylococcus aureus yang dapat menyebabkan peradangan di berbagai bagian tubuh. 


3. Memicu jerawat di tubuh

Beraktivitas seharian di luar rumah membuat tubuh kita mengeluarkan banyak keringat. Jika kalian tidak langsung mengganti pakaian saat sampai di rumah, hal tersebut dapat memicu munculnya jerawat di badan. Walaupun pakaian yang kita kenakan terbuat dari bahan yang sintetis, tapi tidak menutup kemungkinan munculnya jerawat. 

Hal ini juga berlaku bagi kalian yang suka melakukan kegiatan kebugaran. Jika Genhype tetap mengenakan pakaian olahraga begitu sampai dirumah, hal itu juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat punggung. Pada dasarnya baju olahraga dirancang untuk membuat kalian merasa nyaman saat olahraga, tetapi jika kalian tidak langsung melepasnya setelah olahraga selesai, hal itu bisa membuat pori-pori kalian tersumbat sehingga muncul jerawat. 


4. Dapat menyebabkan masalah perut

Pakaian yang ketat dan menekan pinggang dapat menyebabkan masalah kesehatan pada perut. Pakaian yang memberi tekanan pada perut dapat memicu berbagai masalah pencernaan, salah satunya adalah GERD, keluhan usus yang paling umum.

Sebenarnya kalian masih tetap bisa mengenakan skinny jeans atau pakaian yang ketat, namun usahakan untuk tidak mengenakannya sepanjang hari. Gantilah dengan sesuatu yang lebih nyaman ketika kalian sudah sampai di rumah


5. Dapat menyebabkan bau badan

Jika kalian tidak langsung mengganti pakaian setelah beraktivitas di luar ruangan, hal ini bisa menyebabkan bau pada badan kalian. Pakaian yang kalian kenakan itu bersentuhan dengan aroma yang tidak sedap seperti polusi yang bercampur dengan keringat di ketiak. Gabungan kedua itu bisa menghasilkan bau badan yang tidak enak dan bisa menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

4 Ide Warna Cat Rumah Untuk Menyambut Lebaran 2024

BERIKUTNYA

Boardwalk Rumah Mode CHANEL Fall-Winter 2024-2025 Angkat Gaya Fesyen 1920-an & 1970-an

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: