Ilustrasi perempuan sedang detox kulit (Sumber: Pexels/Anna Shvets)

Tak Perlu Repot ke Salon, Lakukan Detox Kulit Sendiri Di Rumah

21 February 2024   |   21:30 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Zaman sekarang merawat tubuh sudah menjadi bagian dari kebiasaan kita sehari-hari. Tak jarang, banyak juga yang melakukan perawatan kulit hingga rela mengeluarkan biaya fantastis demi mendapatkan kulit yang putih dan glowing bak artis Korea. 

Nyatanya, memang banyak dari kita semua yang mendambakan kulit bersih dan sehat sehingga melakukan berbagai cara perawatan kulit untuk menunjang penampilan diri. Tak dapat dipungkiri juga kondisi kulit yang glowing dan sehat dapat membuat tingkat kepercayaan diri kita meningkat. 

Baca juga: Punya Mata Panda? Cek Penyebab dan Cara Mengatasi Kantung Mata

Tapi, untuk mendapatkan kulit seperti artis Korea, Genhype tak usah repot-repot pergi ke salon atau mengeluarkan banyak uang untuk perawatan kulit karena sekarang Genhype bisa melakukannya sendiri dirumah dengan teknik detox kulit. 

Nah, seperti apa rutinitas detoksifikasi wajah yang bisa Genhype dilakukan di rumah? Dilansir melalui Herzindagi.com, ini langkah-langkah detox kulit dengan cara paling sederhana:
 

Sumber foto: Pexels/chris howard

Sumber foto: Pexels/chris howard

 

1. Membersihkan wajah

Buat menghilangkan semua debu dan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit kita, sangat penting nih untuk membersihkan kulit setiap hari. Tapi, sekadar membersihkan biasa saja belum cukup. Sebaiknya Genhype beralih menjadi double cleansing. 

Tahapan double cleansing itu ada pre-cleanser dan cleanser. Untuk pre-cleanser, kamu bisa gunakan pembersih seperti cleansing balm atau micellar water. Selanjutnya pada tahap cleanser, bersihkan wajah menggunakan sabun cuci muka yang sesuai dengan tipe kulit. 
 

2. Exfoliasi

Agar detoksifikasi menjadi worth it, kamu perlu melakukan langkah untuk mengangkat sel-sel kulit mati secara teratur, caranya dengan eksfoliasi kulit. Namun, kalian perlu menggunakan eksfoliator yang lembut untuk membantu menghilangkan kulit mati atau bersisik di wajah. Genhype juga bisa membuat bahan untuk eksfoliasi sendiri dirumah menggunakan bahan alami. 

Beberapa bahan alami yang baik digunakan sebagai eksfoliator lembut untuk kulit adalah madu, gula, gel lidah buaya, kopi, dan tepung beras. Genhype bisa menggunakan kombinasi 1-2 bahan untuk membuat scrub wajah sesuai dengan jenis kulit.
 

3. Toner

Ingat, ya, Genhype penting banget lho untuk memakai toner dalam rutinitas detox kulit. Sebab, pakai toner bisa membuat pori-pori kulit menjadi lebih kecil, jadi kotoran enggak gampang nempel dan kulit juga menjadi lebih cerah.
 

4. Masker alami

Enggak ada salahnya juga, loh, untuk manjain kulitmu dengan menggunakan masker wajah alami yang bisa bantu detoks kulitmu. Berikut adalah beberapa masker alami yang bisa kamu coba dirumah. 
 

Masker wajah oatmeal dan pisang

Masker wajah yang satu ini kaya akan antioksidan yang bagus buat kulitmu. Antioksidan bisa bantu mencerahkan kulit, memperlambat proses penuaan, dan juga seimbangkan warna kulit.

Bahan yang dibutuhkan

  • 2 sdm oat
  • ½ buah pisang
  • 1 sdm madu


Cara membuat

  1. Hancurkan pisang dalam sebuah mangkuk
  2. Tambahkan madu dan oat ke dalam mangkuk, lalu aduk rata
  3. Oleskan masker ke seluruh wajah dan leher
  4. Bila sudah kering, bilas masker hingga bersih 

 

Masker kopi dan yogurt

Tahu enggak, kalau kopi bisa bantu balikin tanda-tanda penuaan? Apalagi kalau dikombinasi dengan yogurt dan bubuk kakao, pas banget untuk detox kulit wajahmu.

Bahan yang dibutuhkan

  • 1 sdt kopi
  • 1 sdt bubuk kakao
  • 1 sdt yogurt


Cara membuat

  1. Campur semua bahan dalam sebuah mangkuk dan aduk rata
  2. Oleskan ke wajah dan leher secara merata
  3. Bilas setelah 15 menit dengan air 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Makin Digemari Anak Muda, Cek Kiat Mudah Belajar Basket

BERIKUTNYA

3 Rekomendasi Restoran untuk Candlelight Dinner Romantis di Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: