pesanan tukang bangunan jelang bulan puasa dan lebaran cenderung meningkat (sumber gambar : Gravel)

Tip Memilih Tukang Untuk Percantik Rumah Jelang Ramadan

27 February 2024   |   21:44 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Awal puasa Ramadan 2024 di Indonesia diperkirakan dimulai pada 11 atau 12 Maret 2024 dan berakhir pada 8 atau 9 April 2024. Namun, sebagian besar masyarakat Indonesia sudah mulai bersiap menyambut Ramadan dan Idulfitri dengan antusiasme yang tinggi.

Bahkan menjlang Ramadan, ada kebiasaan masyarakat Indonesia yang kerap memanfaatkan momen ini untuk merenovasi atau mempercantik hunian mereka. Tujuannya, bersiap diri mencari tampilan yang segar dan suasana baru untuk menyambut Hari Raya Idulfitri.

Kebiasaan ini terlihat dari tren yang sudah diantisipasi oleh Gravel, sebagai aplikasi solusi bangunan, yang mulai dibanjiri pesanan tukang di masa-masa ini.  Berdasarkan data Gravel, pesanan tukang melalui aplikasi tukang bangunan Gravel mengalami peningkatan rata-rata sekitar 40 persen menjelang bulan puasa.

Rata-rata kebutuhannya untuk pengerjaan pengecatan, serta beberapa pengerjaan perbaikan, dan peremajaan hunian, seperti perbaikan atap bocor, ganti keramik lantai, dan lain. 

Baca juga: Perhatikan 3 Faktor Ini Agar Renovasi Rumah Sesuai Ekspektasi

Fredy Yanto, Co-CEO dan Co-Founder Gravel mengatakan, dari tahun ke tahun, pesanan tukang bangunan jelang bulan puasa dan lebaran cenderung meningkat. Tentunya di tahun ini, Gravel sudah mengantisipasi peningkatan demand renovasi maupun maintenance untuk mengakomodir kebutuhan pengguna.

Mulai dari penyediaan tukang dalam jumlah besar hingga update sistem aplikasi Gravel untuk user experience yang lebih baik. "Waktu menjelang dan selama Ramadan menjadi momen yang tepat bagi konsumen untuk melakukan perbaikan rumah," ujarnya.

Memang, memanfaatkan momentum jelang lebaran adalah waktu yang tepat untuk renovasi atau perbaikan. Namun, jika salah perhitungan dapat menimbulkan risiko yang tidak diinginkan. Pada banyak situasi konsumen kerap kecewa karena renovasi hunian tidak dapat selesai tepat waktu atau tidak sesuai harapan. 

Georgi Ferdwindra Putra, Co-CEO dan Co-Founder Gravel, berbagi kiat kepasa pemilik hunian yang ingin melakukan renovasi atau perbaikan hunian jelang lebaran.

Menurutnya, ketika pemilik hunian memutuskan untuk melakukan renovasi jelang lebaran, hal yang perlu diwaspadai adalah tenggat waktu yang terbatas. Antisipasi yang pertama, pemilik rumah harus cerdas dalam memilih jasa tukang atau kontraktor yang tepat.

"Bulan Ramadan adalah waktu sangat berharga dan keandalan jasa tak boleh diabaikan. Cek latar belakang kontraktor dan pengalamannya. Memilih tenaga ahli yang tepat sangat membantu menyelesaikan pekerjaan dengan efisien dan sesuai waktu," jelasnya.

Yang kedua dan tak kalah penting adalah memastikan bahwa tukang berkomitmen menyelesaikan pekerjaan hingga selesai sesuai dengan tenggat waktu yang disepakati. "Kadang pekerjaan masih gantung, tukang malah mudik lebaran di kampung," sambungnya.

Karena itulah di dalam aplikasi Gravel, pemilik hunian tak hanya mudah menemukan berbagai jenis tukang, tapi juga dapat memastikan tukang bekerja sesuai jadwal. Kalau pun tukang tidak hadir, Gravel akan mengirimkan tukang penggantinya sehingga tidak ada risiko ditinggal tukang.

Selain itu, semua tukang yang terdaftar di aplikasi Gravel telah lolos seleksi yang ketat dan diberikan pelatihan secara rutin dan berkala, sehingga tukang di Gravel sudah memenuhi standar kualitas industri konstruksi.  

Baca juga: Mau Renovasi Rumah Tapi Bujet Cekak ? Ikuti Saja 5 Tip Ekonomis Ini

Aplikasi Gravel menawarkan empat fitur inovatif yang menjawab kebutuhan konstruksi secara menyeluruh jelang puasa dan lebaran nanti yakni Gravel Harian untuk mencari tukang bangunan, Gravel Borongan untuk proyek dengan kesepakatan anggaran, Gravel Maintenance untuk perbaikan rumah, dan Gravel Material untuk pembelian bahan bangunan. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Serba-serbi Konser Nadin Amizah Kita Akan Selesai: Rundown, Dress Code hingga Bocoran Lagu

BERIKUTNYA

5 Drama Korea Populer Lee Jae Wook, Ada Extraordinary You dan Alchemy of Souls

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: