Ilustrasi restoran. (Sumber gambar: Louis Hansel/Unsplash)

Rekomendasi 8 Tempat Buka Bersama Puasa Ramadan 2024 di Jakarta

05 March 2024   |   09:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Umat Muslim di seluruh dunia sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadan. Salah satu momen yang dinantikan saat bulan suci ialah buka bersama alias bukber. Tak hanya soal menikmati sajian berbuka, bukber juga menjadi kesempatan untuk menjalin silaturahmi bersama keluarga, rekan kerja, atau sahabat.

Ada banyak tempat makan di Jakarta yang bisa menjadi pilihan untuk buka bersama. Kuliner yang disajikan pun beragam mulai dari makanan khas Nusantara, makanan laut (seafood), hingga hidangan Barat (western). Begitu juga dari segi konsep desain hingga kapasitas yang bisa dipilih menyesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi kalian.

Baca juga: 5 Ide Makanan untuk Bukber, Praktis dan Bisa Buat Banyak Orang

Sebagian dari Genhype mungkin sudah membuat rencana buka puasa bersama sejak dari jauh hari. Buat kalian yang berencana ingin buka puasa bersama di Jakarta, berikut adalah sejumlah rekomendasi tempat makan yang bisa menjadi pilihan. 


1. Bunga Rampai

Bunga Rampai bisa dibilang menjadi salah satu tempat yang paling sering dikunjungi untuk berbuka puasa bersama. Mengusung desain vintage dan klasik serta atap-atap yang terbuat dari kaca transparan, membuat restoran satu ini menjadi pilihan yang pas untuk berbuka puasa bersama dengan suasana yang mewah.

Resto yang berlokasi di Jl Teuku Cik Ditiro No 46 Menteng Jakarta Pusat ini menawarkan beragam menu khas Nusantara yang menggugah selera. Menunya terdiri dari hidangan pembuka, sup, sajian nasi lengkap dengan lauk, mi, daging, hingga makanan laut. Ada pula beragam jus, mocktail, squash, dan soft drinks.
 
 


2. Kaum Jakarta

Masih di Jakarta Pusat, Kaum Jakarta adalah restoran yang menyajikan spot tempat makan indoor dan outdoor yang estetis juga nyaman untuk berbuka puasa bersama. Restoran yang terletak di Jl Dr Kusuma Atmaja no 77 Menteng ini menawarkan beragam hidangan autentik dari berbagai daerah di Indonesia, yang dikemas dengan penyajian modern.

Lokasinya yang berada di sebuah rumah tua khas arsitektur Belanda menjadi daya tarik tersendiri untuk restoran fine dining satu ini. Beberapa menu unik yang menarik untuk dicicipi di Kaum Jakarta diantaranya Bongko Kopyor Mangare khas Jawa Timur, Laksamana Mengamuk dari Riau, Mie Gomak dari Medan, hingga Tagas Tagas dari Papua Barat.


3. Talaga Sampireun

Talaga Sampireun menjadi salah satu tempat makan yang ramai didatangi untuk buka puasa bersama di kawasan Jakarta Barat. Tempat makan bernuansa tradisional Sunda ini menawarkan pengalaman makan lesehan di saung-saung terapung. 

Tempatnya yang luas dan memiliki suasana yang nyaman dan asri cocok menjadi pilihan untuk berbuka puasa bersama dengan keluarga atau kolega. Menu di resto yang lokasinya tersebar di Jabodetabek ini cukup beragam mulai dari seafood, olahan ayam hingga makanan ringan pelengkap lainnya. Kalian juga bisa memesan menu paket khusus untuk berbuka puasa.


4. Kembang Tandjoeng

Satu lagi rekomendasi tempat buka puasa bersama di Jakarta Barat, yakni Kembang Tandjoeng. Berada di lantai dua Gedung Batik Semar, Kembang Tandjoeng memiliki desain interior yang klasik dan suasana yang homey alias rumahan. Restoran ini menawarkan hidangan khas dari berbagai daerah di Indonesia, antara lain nasi goreng kecombrang, nasi ulam Bali hingga ayam goreng belacan.
 
 

5. Batavia Marina

Bergeser ke Jakarta Utara, ada satu tempat yang bisa menjadi rekomendasi tempat bukber yaitu Batavia Marina. Berbeda dari resto-resto sebelumnya, Batavia Marina menawarkan pengalaman kuliner dengan pemandangan cantik di pinggir laut. Datanglah pada sore hari agar kalian bisa menikmati indahnya lanskap pesisir dan kapal-kapal yang berderet dengan pemandangan matahari terbenam.

Dari segi desain, restoran ini mengusung bangunan berarsitektur kolonial dengan pemandangan laut lepas Teluk Jakarta. Resto yang berlokasi di Pelabuhan Sunda Kelapa Jl Ancol Barat ini menawarkan beragam hidangan makanan laut yang lezat seperti salmon teriyaki, kerapu aneka rasa, cumi aneka aroma, hingga kerang bumbu jawara.


6. Food Plaza PIK

Tempat lain yang bisa menjadi rekomendasi untuk bukber di kawasan Jakarta Utara yakni Food Plaza PIK. Dengan konsep seperti street food alias makanan kaki lima, kalian bisa mencicipi kuliner dari 100 lebih tenant dengan berbagai  makanan dan minuman, mulai dari sajian khas Indonesia, China, seafood, hingga aneka camilan. 

Meski konsepnya seperti street food, di tempat ini ada banyak kursi dan meja yang bisa digunakan untuk menikmati hidangan bersama keluarga atau kolega. Beberapa tempat makan yang menarik dicicipi di Food Plaza PIK seperti RM Tabona, Baso Sapi Asli CM, dan Nasi Uduk Kiko Sari.
 
 

7. Restoran Abunawas

Restoran Abunawas adalah salah satu resto yang terkenal di kawasan timur Jakarta. Nuansa Timur Tengah langsung terasa karena bangunannya yang mengusung desain interior khas Timur Tengah bergaya klasik, serta fasad restonya menyerupai kubah masjid. 

Berlokasi di Jl Matraman Raya No 15 Kebayoran Manggis, restoran ini memiliki dua lantai dengan dua macam tempat duduk yakni kursi dan meja atau lesehan. Menu makanan yang ditawarkan resto ini tentunya ragam hidangan khas Timur Tengah seperti nasi biryani, samak, mashwi, khudar hingga baklava.


8. Bale Bengong Seafood Resto

Satu lagi rekomendasi restoran untuk bukber di Jakarta Timur yakni Bale Bengong Seafood Resto. Seperti namanya, restoran satu ini menyajikan beragam hidangan khas Indonesia berbahan dasar utama makanan laut (seafood). Restoran yang berlokasi di Jl Angkasa Halim Perdana Kusumah ini mengusung konsep tempat makan rumahan dengan fasilitas gazebo. Tempat makan ini juga menawarkan paket hidangan yang cocok dijadikan pilihan menu untuk bukber.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Tembus 8 Juta Penonton, Agak Laen Jadi Film Paling Laris Kedua di Indonesia

BERIKUTNYA

5 Kiat Memilih Skin Booster Demi Wajah Mulus Bebas Kerutan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: