ilustrasi (sumber gambar : Photo by cottonbro studio/pexels)

Kanker Anak Sulit Terdeteksi, Ini Saran Dokter untuk Turunkan Angka Morbiditas & Mortalitas

06 March 2024   |   09:00 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Kanker masih menjadi salah satu penyebab kematian anak terbanyak di dunia. Jumlah penderita kanker anak yang terdata di Indonesia (Globocan 2020) sebanyak 11.156 kasus. Dari jumlah itu, leukemia (kanker darah) merupakan kasus paling banyak diikuti kanker mata (retinoblastoma) dan kanker kelenjar bening (limfoma). 

Dokter Spesialis Hematologi Onkologi Anak, dr. Ludi Dhyani Rahmartani, Sp.A(K) mengatakan hingga saat ini kanker anak masih belum dapat dideteksi dengan skrining.Oleh karena itu, penting bagi orang tua dan tenaga medis untuk mengenal serta mewaspadai gejala kanker sejak dini pada anak.

“Karena diagnosis dan terapi sedini mungkin adalah kunci utama keberhasilan pengobatan,” ujarnya dalam peringatan Hari Kanker Sedunia yang diselenggarakan Hero Supermarket bersama Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia (Pita Kuning). 

Baca juga: Tiga Pengobatan Kanker Darah Ini Beri Harapan Hidup Pasien Lebih Tinggi

Selain deteksi dini, peran orang tua juga sangat diperlukan dalam membiasakan pola hidup sehat, termasuk mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi. Menurutnya, proses pendampingan pada anak yang sedang berjuang dalam pengobatan kanker, serta pemberian nutrisi yang tepat dan adekuat dapat membantu menurunkan morbiditas dan mortalitas.

Ketua Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia, Raka Pramudito, mengatakan bahwa seiring dengan bertambahnya kasus kanker anak di Indonesia yang semakin kompleks, peningkatan akses pelayanan dan perawatan untuk anak dengan kanker perlu dilakukan guna meningkatkan angka kesembuhan dan mengurangi rasa sakit yang dialami oleh anak dengan kanker.

Kolaborasi lintas sektor menjadi hal yang penting dilakukan. Salah satunya seperti yang dilakukan Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia yang menjalin kolaborasi bersama Hero Supermarket. Ini diwujudkan dengan Hero memberi donasi materiil dan Pita Kuning memberi pendampingan psikososial secara berkala dan menyediakan akses konseling. 

Direktur Hero Supermarket, Hendy mengatakan setiap anak dengan kanker berhak mendapatkan perawatan dan dukungan yang layak, “Kami meyakini dengan menjalani pola hidup sehat dimulai dari apa yang kita konsumsi serta pemberian nutrisi seimbang, jadi salah satu dari sejumlah langkah yang dapat dilakukan sebagai pencegahan kanker,” tuturnya.

Baca juga: 6 Selebritas Penyintas Kanker, Ada Andien Aisyah & Aldi Taher

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Bukan Cuma Diet, Begini Cara-cara untuk Mencegah Obesitas

BERIKUTNYA

Rekomendasi 5 Barbershop di Jakarta, Cek Tarif & Pelayanannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: