Ilustrasi (dok. Pexels)

Ini Gejala Kanker Kepala dan Leher yang Perlu Kamu Waspadai

27 July 2021   |   16:49 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Genhype tahu kan kalau kanker menjadi salah satu penyakit yang mengancam jiwa penderitanya, terutama jika penanganan dilakukan terlambat. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mewaspadai dan mengenali apa saja gejala adanya penyakit kanker di tubuh kita. 

Nah, salah kanker yang perlu kita kenali adalah kanker kepala dan leher. Pertumbuhan tumor ganas yang berkembang di sekitar jaringan dan organ kepala serta leher, mulai dari mulut, hidung, tenggorokan, laring, sinus, ataupun kelenjar ludah tersebut, cukup menganggu kualitas hidup lho.

Koordinator Pelayanan Kanker Terpadu RSCM Profesor Soehartati Gondhowardjo menerangkan gejala kanker kepala dan leher tergantung pada lokasinya. Kanker nasofaring misalnya. Gejala yang timbul berupa sakit kepala, infeksi telinga berulang yang menyebabkan suara berdengung dan suara penuh, radang tenggorokan, dan terdapat benjolan pada hidung atau leher.

Sementara gejala kanker pada rongga mulut berupa sulit bernafas atau berbicara dan bercak putih hingga pendarahan pada rongga mulut. 
 
ilustrasi kanker/istimewa
Adapun kanker kelenjar ludah gejalanya berupa wajah nyeri atau mati rasa hingga pembengkakan dagu atau tulang rahang. Untuk kanker pada sinonasal atau pada rongga hidung dan sinus gejalanya berupa pandangan kabur/ganda, hidung sering mimisan, serta hidung tersumbat. Berikutnya gejala kanker laring menimbulkan nyeri saat menelan. 

Di sisi lain, gejala kanker secara umum yang perlu diwaspadai yakni waktu buang air besar atau kecil dan perubahan kebiasaan tau gangguan. Kemudian alat pencernaan terganggu dan susah menelan, suara serak atau batuk yang tidak sembuh-sembuh, payudara atau di tempat lain ada benjolan (tumor).

Selanjutnya tahi lalat yang berubah sifatnya menjadi besar dan gatal, darah atau lendir yang abnormal keluar dari tubuh, dan adanya koreng atau borok yang tidak mau sembuh-sembuh. 

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Akhirnya, Genhype Bisa Lihat Konten Terbaru dengan Fitur Ini di Spotify

BERIKUTNYA

Cek 10 Tanda Ponsel Kalian Kemungkinan Telah Diretas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: