ilustrasi (Sumber gambar : Karolina Grabowska/ pexels)

Tiga Pengobatan Kanker Darah Ini Beri Harapan Hidup Pasien Lebih Tinggi

27 September 2023   |   17:14 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Pengobatan di dunia medis saat ini kian berkembang seiring dengan makin banyaknya cara dan metode baru dalam proses penyembuhan berbagai penyakit, termasuk pengobatan kanker darah.

Secara umum, kanker daerah di dalam dunia medis terbagi dalam tiga jenis yakni limfoma, myeloma, dan leukimia. Kanker darah sendiri disebabkan oleh disfungsi di dalam pertumbuhan dan perilaku sel, sehingga menyebabkan kelebihan sel darah putih yang diproduksi sumsum tulang yang kemudian mengarah ke kanker

Selama bertahun-tahun, diagnosis kanker darah terus mengalami inovasi sehingga dalam sejumlah kasus, pemeriksaan sumsum tulang belakang mungkin tidak diperlukan untuk mengobati kanker darah. Padahal, 30 tahun lalu, pemeriksaan sumsum tulang belakang perlu dilakukan untuk mengkonfirmasi leukemia.

Baca juga:  Gejala & Risiko Kanker Tenggorokan, Penyebab Kematian Pencipta Bom Atom Oppenheimer

Apalagi di tengah kemajuan teknologi medis saat ini, telah muncul berbagai jenis pengobatan dan teknologi terbaru bagi pasien kanker daerah sehingga dapat meningkatkan angka kesembuhan dan harapan hidup pasien.

Salah satu klinik pengobatan kanker yang memperkenalkan dan menyediakan tim multidisiplin, pengobatan terbaru untuk kanker darah dan berbagai penyakit kanker lainnya adalah Parkway Cancer Center (PCC).

Lantas apa saja pengobatan dan inovasi terbaru yang dapat meningkatkan harapan hidup serta kesembuhan para pasien kanker darah? Simak uraian berikut ini;
 

1.   Antibodi Monoklonal

Dr Teo Cheng Peng, ahli hematologi dan onkologi, Konsultan Senior di Parkway Cancer Centre mengatakan, pasien bisa menjalani pengobatan baru seperti antibodi monoklonal yang menawarkan hasil lebih baik daripada pengobatan dengan kemoterapi.

Antibodi monoklonal adalah sel-sel imun yang dibuat di laboratorium yang mencari dan melekat pada sebuah protein, biasanya di permukaan sel kanker darah. Ia kemudian membunuh sel kanker dengan atau tanpa bantuan dari sel-sel imun pasien sendiri.

Selain itu, Dr Teo juga menyebutkan beberapa jenis kanker, seperti mieloid kronis/chronic myeloid leukaemia (CML) dapat didiagnosis hanya dengan sampel darah. CML ditandai dengan kelainan kromosom yang dapat dideteksi dengan analisis sitogenetik, yaitu analisis kromosom pada darah, ketika jumlah sel darah putih total sangat tinggi.

“Jika analisis sitogenetika memperlihatkan ketidaknormalan tersebut, kemungkinan tidak perlu lagi melakukan pemeriksaan sumsum tulang belakang,” terangnya.

Penemuan penanda molekuler untuk kanker, ketersediaan analisis sitogenetika dan pemeriksaan baru lainnya, serta kelas obat yang dikenal sebagai penghambat tirosin kinase, membuat beberapa orang dapat disembuhkan dari chronic myeloid leukaemia (CML) dengan menggunakan obat-obatan. Padahal sebelumnya, hanya transplantasi sel puncak yang dapat mengobati leukemia jenis ini.
 

2. Immunoterapi

Sementara itu, Dr Colin Phipps Diong, Konsultan Senior, ahli hematologic dan oncologi di Parkway Cancer Centre, memperkenalkan modalitas imunoterapetik yang lebih baru, seperti pengikat sel T bispesifik dan penghambat checkpoint.

Menurutnya, sebagian besar pengobatan imunoterapi cukup aman, dapat ditoleransi, dan dapat digunakan pada pasien-pasien usia lanjut di mana kemoterapi akan dihindari. “Tentu saja, lebih baru tidak selalu berarti lebih baik. Seringkali respons yang sangat baik berasal dari gabungan: imunoterapi plus kemoterapi.”

Menurutnya, ini merupakan bidang yang terus berkembang, dengan banyak zat baru yang sedang diuji secara klinis, diharapkan angka kesembuhan telah mengalami peningkatan dan terus membaik.
 

3. Terapi CAR T

Selain menggunakan antibodi monoklonal, bentuk baru pengobatan kanker darah adalah terapi sel chimeric antigen receptor (CAR) T. Pengobatan dengan terapi CAR T menjadi harapan baru bagi para pasien kanker darah karena memiliki tingkat kesuksesan yang cukup menjanjikan, meski bukan suatu terapi yang penuh keajaiban.

Pendapat tersebut diutarakan Dr Lucas Chan, Chief Scientific Officer di Stem Med, yaitu sebuah perusahaan yang terkait dengan Parkway Cancer Centre. Dr Chan, yang turut serta dalam pengobatan orang pertama di dunia yang diberikan terapi sel CAR-T.

Menurut Dr Lucas Chan, terapi Sel CAR-T telah menunjukkan efektivitasnya pada beberapa jenis kanker darah tertentu, seperti leukemia limfoblastik akut sel B, limfoma sel B derajat tinggi, dan mieloma ganda.

Meski demikian, masih ada efek samping yang serius dari penggunaan terapi tersebut. Salah satunya adalah sindrom pelepasan sitokin, yang disebabkan pelepasan sitokin (zat kekebalan tubuh) dalam jumlah besar dan cepat ke dalam darah dari sel-sel imun yang terkena imunoterapi.

"Efek samping lainnya adalah neurotoksisitas, dan para ilmuwan masih terus memahami mekanismenya. Ini adalah bidang yang berkembang dengan cepat dan ada banyak hal yang belum diketahui oleh para ilmuwan dan dokter," jelas Dr Chan. 

Baca juga:   Kementerian Kesehatan Siapkan Vaksin Gratis untuk Melawan Kanker Leher Rahim di Indonesia

Editor:  Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Sinopsis Paw Patrol: The Mighty Movie

BERIKUTNYA

Tips Hemat Berbelanja Saat Tanggal Gajian

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: