Simbol pita kanker (Sumber foto: Freepik)

6 Selebritas Penyintas Kanker, Ada Andien Aisyah & Aldi Taher

04 February 2024   |   19:16 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Kanker masih menjadi permasalahan kesehatan utama yang diwaspadai masyarakat seluruh dunia. World Health Organization (WHO) menyebutkan, kanker merupakan penyebab kematian nomor dua di dunia dengan jumlah 9.6 juta kematian per tahun, setelah penyakit kardiovaskular. Angkanya diperkirakan naik sampai 13,1 juta pada 2030. 

Menurut laporan Global Burden of Cancer Study (Globocan), jumlah kematian akibat kanker di Indonesia mencapai 234.511 orang pada 2020. Berdasarkan jenisnya, kanker paru-paru berkontribusi sebanyak 30.843 orang atau 13,2 persen dari total kematian. Diikuti dengan kanker payudara sebanyak 22.430 orang atau 9,6 persen dan kanker serviks sebanyak 21.003 orang atau 9 persen. 

Baca juga: Vidi Aldiano Jalani Terapi Retreat di Thailand, Kenali Penyakit Kanker Ginjal & Penyebabnya

Hari Kanker Sedunia jatuh pada hari ini, Minggu 4 Februari 2024. Tahun ini tema yang diusung adalah Together, We Challenge Those in Power, atau artinya Bersama-sama, Kita Tantang Mereka yang Berkuasa. Melalui peringatan ini, diharapkan banyak pihak dapat berkolaborasi untuk mendukung dan menciptakan perubahan positif dalam perawatan dan pencegahan kanker.

Di Indonesia, tak sedikit selebritas yang merupakan penyintas kanker. Mereka membuktikan, penyakit ini bukanlah hambatan untuk terus berkarya. Optimisme dan semangat untuk sembuh mampu menginspirasi sesama pejuang kanker yang sedang berupaya melawan penyakitnya.

Nah Genhype, yuk simak beberapa selebritas penyintas kanker yang sudah dinyatakan pulih dari penyakitnya.
 

1. Andien Aisyah

Penyanyi Andien Aisyah merupakan salah satu penyintas kanker payudara. Saat kelas 2 SMA, dia menemukan benjolan di area payudaranya yang sebelah kiri. Setelah diperiksakan ke dokter, benjolan tersebut adalah tumor. Sebelum menjadi ganas, dilakukan operasi pengangkatan tumor yang bersarang dalam tubuhnya. Andien pun dinyatakan sembuh, sampai sekarang dia terus menjaga pola makan sehat. 
 

2. Ari Lasso

Musisi kenamaan Indonesia, Ari Lasso, didiagnosis kanker langka yang menyerang limfanya. Pelantun "Hampa" tersebut untuk sementara waktu harus istirahat dari semua aktivitas bermusiknya untuk menjalani pengobatan. Ari Lasso telah melakukan enam kali kemoterapi sampai akhirnya dinyatakan membaik dan kesehatannya pulih. 
 

3. Titiek Puspa

Artis senior Titiek Puspa pernah berjuang melawan kanker yang nyaris merenggut nyawanya. Pada usianya yang ke-73 tahun, dia dinyatakan mengidap kanker serviks (leher rahim) stadium 3 pada 2012. Setelah menjalani perawatan selama tiga bulan, akhirnya dia dinyatakan sembuh. Titiek Puspa menyebutkan bahwa dia melakukan meditasi sampai 13 kali sebagai salah satu metode pengobatannya.
 

4. Rachel Amanda

Rachel Amanda mengidap kanker tiroid pada 2014. Sebelumnya dia mengidap hipertiroid atau hormon tiroid yang terlalu aktif, sehingga membuatnya gampang lelah, jantung berdebar-debar, dan sering gemetar. Suatu ketika dia menemukan lehernya tampak membengkak dan seprerti ada benjolan yang timbul. 

Tindakan operasi pun dilakukan untuk mengangkat benjolan pada kelenjar tiroidnya. Saat itulah, dokter menemukan sel kanker. Rachel Amanda pun melakukan berbagai pengobatan dan akhirnya dinyatakan sembuh sampai sekarang.
 

5. Epy Kusnandar

Pemeran Kang Mus dalam sinetron populer, Preman Pensiun dinyatakan mengidap tumor otak pada 2010. Gejala yang dialaminya, mulai dari muntah-muntah, demam tinggi, tekanan darah naik, sampai bola matanya berwarna putih. Dokter berujar, usianya diperkirakan tinggal empat bulan lagi.

Epy Kusnandar memilih menjalani pengobatan alternatif dengan mengonsumsi sarang semut. Lama tak terdengar kabarnya, akhirnya dia dinyatakan sembuh dan kondisi kesehatannya kembali pulih. 
 

6. Aldi Taher 

Aldi Taher juga berhasil sembuh setelah berjuang melawan kanker kelenjar getah bening. Awalnya dia merasa ada benjolan di leher kanan. Setelah diperiksakan ke dokter, ternyata kanker kelenjar getah bening stadium dua. Setelah menjalani enam kali terapi, mentan suami Dewi Persik tersebut dinyatakan bebas dari kanker sampai sekarang.

Baca juga: Kanker Payudara yang Sembuh Ternyata Bisa Kambuh Lagi, Ini Faktor Pemicunya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

6 Film & Serial yang Tayang di Viu Sepanjang Februari 2024

BERIKUTNYA

Sinopsis Film Horor Exhuma, Dibintangi Lee Do Hyun dan Kim Go Eun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: