Ilustrasi Berbagai Koleksi Board Games (Sumber: unsplash.com/s/photos/simon-hurry)

3 Rekomendasi Board Game Seru yang Penuh Strategi, Cocok Main Bareng Teman & Keluarga

05 March 2024   |   20:58 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Pada masa serba digital, sumber hiburan dapat diakses melalui internet dan gawai pribadi. Film, serial, video game, dan buku sebagai bentuk hiburan sekarang tersedia secara digital. Di tengah gegap gempita itu, ada satu jenis hiburan yang masih lebih cocok untuk dinikmati secara langsung, itu adalah board game

Board games atau permainan papan memiliki beberapa nilai plus ketimbang video game. Salah satunya, interaksi sosial dengan mendorong orang untuk saling berkomunikasi tatap muka sehingga bisa jadi sarana meningkatkan keterampilan sosial dan ikatan para pemain. 

Baca juga: Rekomendasi 8 Game Rilis Maret 2024, Lightyear Frontier sampai Dragon’s Dogma 2

Permainan ini juga bisa dibawa kemana sana dan dimainkan kapan pun, karena tidak membutuhkan perangkat elektronik atau koneksi internet. Jika bosan dengan sebuah board game, tidak perlu khawatir karena dapat dijual kembali. 

Ada banyak jenis board game yang eksis, yang bisa disesuaikan dengan kelompok umur, minat, dan tingkat keterampilan yang bervariasi. Untuk Genhype yang tertarik, berikut ini adalah rekomendasi board game penuh strategi dan misteri yang cocok untuk dimainkan semua kalangan, termasuk para pemula. 
 

1. Werewolf

Werewolf adalah salah satu board game yang diminati di Indonesia. Permainan ini sempat dipopulerkan oleh komika Raditya Dika di kanal YouTube-nya sekitar 2017. Werewolf merupakan gim yang membutuhkan pemain cukup banyak, setidaknya 7 orang. Satu orang akan menjadi moderator dan membagikan peran untuk pemain lain, serta mengarahkan jalannya permainan.

Fase dari permainan ini terbagi menjadi malam dan pagi. Pada malam hari, werewolf akan memilih satu orang untuk dibunuh, seer meramal 1 orang, dan bodyguard melindungi 1 orang. Tujuan game ini sangat sederhana: warewolf harus menghabisi villager atau villager mengeliminasi werewolf, siapa yang paling cepat akan menang.

Werewolf hanya membunuh pada malam hari dan berpura-pura normal pada pagi harinya. Kubu lain, termasuk villager, seer, dan bodyguard, berusaha mengeliminasi werewolf untuk menang dengan memilih satu villager untuk dibunuh setiap pagi.

Pemeran karakter villager perlu bijak memilih, sementara werewolf harus pintar berstrategi dan berpura-pura. Permainan ini menciptakan konflik, pengkhianatan, dan emosi yang menyajikan pengalaman seru dan penuh strategi.
 

2. Cluedo

Jika suka dengan film-film detektif, Cluedo akan cocok untuk kalian. Cluedo adalah board game di mana para pemain akan menginvestigasi sebuah kasus pembunuhan di dalam rumah mewah. Tujuan dari Cluedo adalah menebak siapa pembunuh, alat yang digunakan untuk membunuh, serta lokasi terjadinya pembunuhan. 

Cluedo membutuhkan 3-7 pemain, yang akan memilih karakter dan senjata masing-masing, lalu melempar dadu untuk menggerakan pion di papan. Saat seorang pemain mendarat di sebuah ruangan, mereka dapat menanyakan pemain lainya terkait posisi dan senjata yang dipegang, pemain yang dipertanyakan tidak boleh bohong.

Setelah bertanya, pemain dapat mencatat informasi yang sudah didapatkan. Proses ini akan terjadi terus-menerus sampai satu pemain dapat menebak siapa pembunuhnya. Jika benar, maka dia akan menjadi pemenang dari permainan ini. Cluedo menantang pemainya untuk berpikir kritis dan jeli terhadap informasi yang diberikan. 
 

3. Undercover

Undercover adalah permainan kata dengan banyak pemain, dengan mereka secara bergiliran akan mendeskripsikan sebuah kata yang diterima, tanpa mengulangi deskripsi kata diberikan. Tujuan permainan ini adalah membantu pemain lain dengan kata yang sama untuk menebak kata tersebut, dan mencari siapa yang memiliki kata yang salah. Ada aplikasi khusus untuk permainan itu, tapi juga bisa dilakukan dengan kartu. 

Pemain akan dibagi menjadi 3 tipe, Civilian, Undercover, dan Mr. White. Civilian akan mendapatkan kata yang benar, sedangkan Undercover akan mendapatkan kata yang mirip dengan kata yang didapatkan Civilian.

Adapun, Mr. White tidak akan mendapatkan kata apa pun, sehingga dia harus menganalisa dan menebak kata yang sedang dibahas oleh pemain lain, tanpa terlihat terlalu mencurigakan. Sebagai contoh, jika Civilian diberi kata “Mi Goreng’, maka Undercover akan diberikan kata “Mi Rebus”.

Permainan ini menantang para pemain untuk mendeskripsikan sebuah kata dengan berbagai cara yang berbeda, meningkatkan kreativitas. Karakter game ini yang ringan dan mudah dipahami, membuat permainan ini cocok untuk dimainkan bersama teman dan keluarga.

Baca juga: 4 Game Simulator Untuk Bersantai dan Melepaskan Stres

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Profil Radhika Merchant Calon Menantu Crazy Rich India Mukesh Ambani

BERIKUTNYA

Grup Band Rock Lany Bakal Konser di Jakarta, Tiket Presale Dibuka 11 Maret 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: