Ilustrasi Bermain Game Santai (Sumber:unsplash.com/@eugenechystiakov)

4 Game Simulator Untuk Bersantai dan Melepaskan Stres

28 February 2024   |   13:21 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Banyak games yang ramai dimainkan bersifat kompetitif, menimbulkan tekanan dan emosi bagi para pemainnya karena merasa bahwa permainan tersebut harus dimainkan dengan serius dan strategis. Seharusnya, bermain game menjadi cara untuk merilis stres dan bukan malah menambah beban pikiran.

Jika Genhype yang merasakan hal serupa, game simulator mungkin bisa jadi solusi dari stres yang ditimbulkan akibat bermain game kompetitif. Alasan game simulator bisa membuat rileks terbagi ke beberapa hal.

Pertama, game-game ini menawarkan perubahan dari lingkungan yang serba cepat dan penuh tekanan dari banyak genre lainnya seperti game-game kompetitif, sehingga memungkinkan para pemainnya untuk lebih bersantai dan menikmati pengalaman bermain game yang lebih rileks. 

Baca juga: Game-game Paling Laris di Semua Konsol Nintendo, dari NES sampai Switch 

Sifat gameplay yang berulang, menciptakan ritme menenangkan serta meditatif yang dapat dinikmati saat senggang. Selain itu, game simulator seringkali memanfaatkan keinginan mendasar yang dimiliki manusia, seperti berkreasi menjelajah dan memecahkan masalah, memberikan rasa pencapaian serta kepuasan, bukan dari tekanan batasan waktu atau persaingan yang ketat.

Berikut adalah rekomendasi empat games simulator untuk bersantai dan melepaskan stres.


1. Euro Truck Simulator 2



Ingin jalan-jalan mengelilingi Eropa tanpa harus naik pesawat? Euro Truck Simulator 2 mungkin bisa jadi salah satu game favoritmu. Dengan berbagai truk yang berlisensi resmi, opsi penyesuaian yang luas, dan mekanik berkendara yang realistis, permainan ini menawarkan pengalaman berkendara yang realistis. Pemain dapat menjelajahi dunia dalam game yang mendetail dengan landmark dan wilayah yang dibuat ulang secara akurat.

Selain mengemudi, sistem ekonomi dalam game ini memungkinkan pemain membangun dan memperluas perusahaan transportasi mereka. Jika itu semua tidak cukup, banyak sekali mode atau modifikasi eksternal yang bisa diunduh. 

Gameplay yang santai, rute yang indah, dan perhatian terhadap detail menjadikan Euro Truck Simulator 2 memberikan pengalaman yang menenangkan dan menyenangkan, cocok untuk bersantai dan melarikan diri ke dunia virtual lewat petualangan truk.


2. Train Sim World 4



Dengan berbagai rute dan skenario, termasuk Sand Patch Grade dan Antelope Valley Line, game ini memungkinkan pemain untuk membenamkan diri dalam dunia kereta api. Fokus permainan pada realisme dan perhatian terhadap detail, mulai dari lokomotif hingga lingkungan, menciptakan lingkungan permainan yang tenang dan menarik.
 
Salah satu fitur imersif yang ditawarkan Train Sim World adalah mode first person, di mana pemain dapat berjalan-jalan di sekitar area stasiun dan kereta, menambah pengalaman yang mendalam. Hal itu, menjadikannya permainan yang menenangkan dan menyenangkan bagi penggemar kereta api dan bagi mereka yang mencari pengalaman bermain yang damai.


3. Animal Crossing: New Horizons



Berbeda dari entry sebelumnya, Animal Crossing: New Horizon berfokus tema hewan dan alam. Game ini adalah simulasi kehidupan tenang yang menawarkan pelarian santai.Terletak di pulau terpencil, pemain menciptakan surga mereka sendiri dengan menjelajahi, menyesuaikan, dan berinteraksi dengan berbagai penghuni hewan yang tinggal di pulau tersebut. 

Salah satu hal menarik dari game ini adalah semua berlangsung secara real-time, mendorong pemain untuk menikmati game ini  secara bertahap selama berhari-hari, berminggu-minggu, dan berbulan-bulan. Dengan fokus pada kreativitas dan community building, pemain dapat mendesain rumah, lingkungan sekitar, bahkan pulau itu sendiri.

Sifat game yang bertempo lambat dan gameplay open world memberikan pengalaman terapeutik yang memungkinkan pemain untuk bersantai dan menikmati kesenangan sederhana dari kehidupan pulau sesuai keinginan mereka.


4. Stardew Valley



Masih sama dengan tema hewan, Stardew Valley, mengajak pemain untuk membangun dan mengelola sebuah peternakan. Game ini menawarkan pelarian yang tenang dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari, memungkinkan pemain untuk bertani, memancing, menambang, dan membangun hubungan dengan beragam karakter kota.

Dengan grafis 16-bit yang indah, ditemani dengan musik yang menenangkan, Stardew Valley bisa jadi salah satu pilihan game untuk bersantai. Pemain dapat menyesuaikan pertanian mereka, meningkatkan keterampilan, berpartisipasi dalam festival musiman, hingga menjelajahi gua. 

Baca juga: 3 Game Legendaris yang Populer pada Era 1990-an

Bahkan ada fitur yang tidak dimiliki oleh game lain di genre yang sama adalah tantangan menemukan cinta dan memulai sebuah keluarga. Sifat game yang eksploratif serta didorongnya kebebasan kreatif menjadikan game ini sebuah pengalaman yang menyenangkan dan nyaman bagi mereka yang mencari game petualangan yang lebih tenang. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Film Pasar Setan Gandeng Pratiwi Juliani, Penulis Naskah yang Kental dengan Sastra

BERIKUTNYA

4 Fakta Film Bonnie, Drama Laga Remaja yang Melibatkan 1.200 Stuntman

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: