Dune: Part Two (Sumber gambar: Warner Bros. Pictures)

Jadi Box Office Global, Simak 7 Fakta Menarik Film Dune: Part Two

04 March 2024   |   20:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Sutradara Denis Villeneuve sekali lagi menggebrak pasar sinema global berkat semesta Dune. Film Dune: Part Two dilaporkan telah menjadi box office internasional dengan total pendapatan sebesar US$178,5 juta secara global. Angka itu masih akan terus meningkat seraya filmnya yang masih tayang sampai saat ini.

Melansir situs Variety, per 3 Maret 2024, film Dune: Part Two mencatatkan pendapatan sebesar US$97 juta dari 71 negara di seluruh dunia, serta US$81,5 juta dari bioskop di Amerika Utara yang menjadi lokasi penayangan domestik terbesar film tersebut. Hal itu membuat sekuel film Dune itu meraup penghasilan sementara sebesar US$178,5 juta.

Lebih rinci, film Dune: Part Two mencatatkan pendapatan sementara sebesar US$11,8 juta di Inggris, US$9,6 juta (Prancis), US$9,1 juta (Jerman), US$6,9 juta (Korea Selatan), dan US$6 juta (Australia). 

Baca juga: Daftar Pemain & Karakter Film Dune: Part Two, Bertabur Bintang Hollywood Kenamaan

Mary Parent selaku produser mengatakan pendapatan tersebut menjadi pembuka yang positif untuk mempertahankan Dune: Part Two menjadi film box office global. Terlebih, lanjutnya, film Dune 2 juga sangat populer di bioskop Imax dan format besar premium lainnya dengan harga tiket yang lebih mahal dari rerata harga, hingga menyumbang 48 persen dari penjualan awal.

"Ini [Dune 2] benar-benar meresap ke dalam budaya. Semua tanda mengarah pada film yang akan berlangsung dalam jangka panjang," katanya. 

Capaian ini sebenarnya tidak terlalu mengejutkan mengingat film Dune: Part Two memang langsung debut di puncak box office pada pekan pertama perilisannya. Film itu mengumpulkan pendapatan sebesar US$81,5 juta pada akhir pekan pembukaannya, di belakang rekor terbesar tahun ini yang diraih oleh film konser Taylor Swift The Eras Tour dengan US$93 juta.

"Ini adalah pembukaan yang luar biasa untuk [sekuel] fiksi ilmiah. Penonton terhubung dengan [karakter] yang manusiawi dan rentan ini," kata David A. Gross, konsultan dari Franchise Entertainment Research.

Lantas, apa yang membuat film mampu menyedot perhatian penikmat sinema di dunia? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa fakta menarik film Dune: Part Two
 

1. Sinopsis Film Dune: Part Two

Melanjutkan kisah di musim pertamanya, film Dune: Part Two dibuka dengan kisah Putri Irulan Corrino (diperankan oleh Florence Pugh), yang diam-diam menulis jurnal bahwa Paul Atreides (Timothee Chalamet) mungkin masih hidup. Sementara ayah Irulan, Kaisar Shaddam IV (Christopher Walken) terlihat putus asa akibat runtuhnya House Atreides.

Di sisi lain, Paul dan ibunya, Lady Jessica (Rebecca Ferguson) berhasil kabur ke Sietch Tabr di Arrakis bersama pasukan Fremen pimpinan Stilgar (Javier Bardem). Kedatangan keduanya sempat dicurigai sebagai mata-mata oleh sebagian kaum Fremen. Meski begitu, sebagian lainnya percaya pada ibu dan anak itu lantaran meyakini ramalan turun-temurun.

Ramalan itu meyakini bahwa akan datang juru selamat yang membantu kemerdekaan Fremen dan membawa kemakmuran di Arrakis. Stillgar dan beberapa orang Fremen percaya Paul merupakan adalah juru selamat itu karena melihat tanda-tanda yang tertulis di ramalan.

Namun, Paul Atreides tidak sepakat dengan hal itu, karena dia hanya ingin mempelajari cara Fremen bertahan hidup dan berjuang bersama kaum itu dalam melawan Harkonnen. Paul lantas berusaha menjalani kehidupannya yang baru dengan mengikuti aktivitas hingga misi pasukan Stilgar. Dia kerap ikut melawan pasukan Harkonnen yang berusaha memproduksi Spice hingga menjadi pejuang Fedaykin.

Di sisi lain, Paul menjalin hubungan dengan Chani (Zendaya), perempuan yang kerap muncul dalam mimpinya pada masa lalu. Paul pun dalam kondisi dilema antara memutuskan cintanya yang besar atau menyelamatkan nasib alam semesta yang turut menentukan masa depannya.
 
 

2. Fokuskan romansa Paul & Chani

Denis Villeneuve, sang sutradara, mengatakan berbeda dari film pertamanya yang menghadirkan plot cerita lebih kontemplatif, pada sekuelnya ini, film Dune akan lebih menghadirkan cerita laga peperangan. Meski demikian, inti dari ceritanya tetap berkutat pada persoalan romansa antara Paul dan Chani.

"Bagaimana Paul bisa mendapatkan kepercayaannya, bagaimana dia akan membuka hatinya padanya, dan bagaimana mereka akan menemukan cara untuk membebaskan dunia Chani dari cengkeraman Harkonnen. Ini film yang jauh lebih emosional," katanya dikutip dari Empire
 

3. Transformasi karakter Paul

Sang sutradara juga menyoroti transformasi karakter Paul yang jauh lebih matang dalam Dune: Part Two. Pada sekuel ini, cerita akan mengukuhkan kehadiran Paul sebagai sosok simbolis dalam sebuah kisah legenda. 

Sebagai karakter, kata Villeneuve, Paul memiliki kekuatan untuk mengubah keadaan. Namun, di sisi lain, dia juga tahu bahwa jika melakukan hal itu, akan menciptakan kekerasan yang sangat besar dan dia akan dicap menjadi semacam diktator.

"Dia [Paul] mencoba mencari cara untuk menghindari masa depan yang tidak menyenangkan itu. Itulah beban yang ada di pundaknya," terang Villeneuve. 
 

4. Syuting di gurun pasir hampir sebulan

Proses syuting film Dune: Part Two dilakukan di Liwa Oasis, area oasis terbesar di Uni Emirat Arab. Jika pada film pertamanya, kru dan pemain hanya membutuhkan syuting lima hari di sebuah gurun di Abu Dhabi, untuk menggarap sekuelnya ini, mereka menghabiskan waktu hingga 27 hari di tengah bukit Oasis Liwa yang menjulang tinggi.

Bahkan, beberapa bukit diantaranya memiliki tinggi hingga 600 kaki di tepi Rub's Al Khali, salah satu gurun terluas di dunia. "Kami memiliki jaringan jalan sepanjang 18 mil yang membawa kami ke berbagai lokasi di mana kami memiliki tenda, katering, derek konstruksi, telehandler, dan semuanya. Ini adalah upaya yang sangat besar, tapi spektakuler,” kata produser eksekutif Tanya Lapointe.
 

5. Libatkan 500 lebih kru lokal & internasional

Penggarapan film Dune: Part Two melibatkan hampir 300 kru dan kontraktor lokal di Uni Emirat Arab. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan dengan kru internasional yang datang ke lokasi syuting sebanyak 250 orang. Hal tersebut tak terlepas dari dukungan yang besar dari Komite Film serta pemerintah Abu Dhabi. 
 

6. Totalitas para pemain 

Menukil dari situs IMDb, aktor Swedia Stellan Skarsgard yang berperan sebagai Baron Vladimir Harkonnen membutuhkan waktu hingga 8 jam untuk mengaplikasikan riasan tubuhnya, serta 2 jam untuk menghapusnya setiap kali pengambilan gambar.

Dia juga tidak minum apapun dan meminum pil Imodium untuk menghindari pergi ke kamar mandi selama proses syuting. Selain itu, ada pula aktor Austin Butler yang berperan sebagai Feyd-Rautha Harkonnen yang harus menambah berat badan sebanyak 11 kilogram untuk memerankan karakternya. 
 

7. Bujet produksi fantastis

Dengan totalitas produksi dari para kru dan pemain, tak heran jika film Dune: Part Two menelan anggaran yang fantastis yakni mencapai US$190 juta. Angka itu lebih besar dibandingkan biaya produksi film pertama, yakni sebesar US$165 juta. Pada saat itu, Dune berhasil meraup untung dengan pendapatan box office US$402 juta meski tayang saat masa pemulihan setelah pandemi. 

Adapun, Dune: Part Two masih dibintangi oleh jajaran pemain seperti Timothee Chalamet, Zendaya, Josh Brolin, Rebecca Ferguson, dan Dave Bautista. Selain itu, sejumlah aktor hit Hollywood juga bergabung untuk sekuel itu, seperti Florence Pugh, Lea Seydoux, Austin Butler, Christopher Walken, termasuk Anya Taylor Joy yang perannya menjadi kejutan dalam film ini.

Baca juga: 5 Gaya Aktor & Aktris Dunia di Gala Premiere Film Dune: Part Two

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Realme Narzo 70 Pro Bawa Fitur Air Gesture, Rilis Maret 2024

BERIKUTNYA

Perbandingan Tiga Tumbler Hits: Corkcicle, Hydro Flask, Hingga Owala

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: