Indonesia Fashion Aesthetic (IFA) 2024 (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Parade 20 Desainer di IFA 2024 Dukung Merek Lokal Fashion & Beauty

04 March 2024   |   12:21 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia Fashion Aesthetic (IFA) menggelar event fashion dan beauty perdananya yang bertajuk A REFLECTION pada Senin (4/3/2024) di Hotel Intecontinental Pondok Indah Jakarta. Kegiatan ini diisi parade peragaan busana dari 20 desainer dan rumah mode ternama Tanah Air.

Sebut saja, Itang Yunasz, Rya Baraba, Buttonscarves, Si.Se.Sa, Ayu Dyah Andari, Zeta Prive, dan lainnya. Para desainer dan rumah mode akan menampilkan koleksi busananya dalam dua sesi. Parade pertama berlangsung pada 13.30-15.00 WIB, dan parade kedua pada 18.30-21.00 WIB. 

Baca juga: MUFFEST+ Media Viewing Hadirkan Trend Fashion 2024 Dalam Konsep Teatrikal

Acara ini menargetkan 1.000 penonton, serta menjadi salah satu ajang untuk memperkenalkan merek-merek lokal ke kancah Internasional. IFA sendiri merupakan wadah bagi para desainer dan para pelaku aesthetic berkumpul untuk mengembangkan potensi usaha di bidangnya masing-masing, mengingat fesyen dan kecantikan merupakan suatu industri yang tak dapat dipisahkan.

Adapun IFA dibentuk oleh delapan founder, yakni Okky Asokawati, Itang Yunasz, Marini Zumarnis, Rya Baraba, Dian Komalasary, Elma Theana, Ayu Dyah Andari, serta Devya Linda yang dipercaya sebagai ketua umum IFA.

"IFA juga merangkul UMKM pelaku industri fashion dan beauty, semoga IFA dan kegiatan ini bisa membawa banyak manfaat untuk UMKM di bidang ini, serta menjadi penggerak roda ekonomi negara," kata Devya Linda.

Itang Yunasz, desainer senior Tanah Air bakal menampilkan koleksi busananya pada parade sesi pertama. Lebih lanjut dia membeberkan sedikit mengenai koleksi para desainer yang akan dipersembahkan di ajang IFA 2024.

"Desainer-desainer kita akan menampilkan koleksi modest spesial hari raya sampai ready to wear yang dikenakan sehari-hari, busana-busana ini diprediksi bakal tren pada 2024-2025," kata Itang Yunasz.

Adapun para desainer lainnya, yakni Ayu Diah Andari memaparkan bahwa dia akan menampilkan koleksi Rose and Beyond Vol.2 yang sebelumnya pernah ditampilkan di London Fashon Week. Namun, kali ini lebih berwarna karena spesial Hari Raya.

Sementara Si.Se.Sa akan membawakan koleksi Ramadhan Sarimbit untuk keluarga. Inspirasinya mengambil dari bunga lili sebagai representasi bulan Ramadan yang suci.

Selain parade peragaan busana, ajang ini juga memberikan edukasi bagi para UMKM pelaku fesyen yang akan dilaksanakan dengan berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Perdagangan dan Kementerian Koperasi & UKM.

Seperti diketahui, UMKM fashion dan beauty lokal memiliki produk-produk yang potensial. Namun, mayoritas para pelakunya masih menghadapi keterbatasan pengetahuan untuk meningkatkan penjualan dan menjaga eksistensi brand-nya. Melalui acara ini, diharapkan para UMKM bisa diberdayakan sehingga lebih terarah dan kualitas sumber daya manusia (SDM)-nya makin meningkat.

Menariknya, ajang ini juga akan memberikan penghargaan IFA AWARD 2024 yang ditujukan untuk para fashion designer, pengusaha bidang mode (fashionpreneur), serta pakar skincare dan aesthetic sebagai bentuk apresiasi atas pencapaia serta kontribusinya untuk para pelaku industri terkait. 

Baca juga: Shella Saukia Gelar Fashion Show Tunggal Peringati 10 Tahun Berkarya di Industri Mode

IFA 2024 juga mengadakan fashion exhibition untuk memamerkan koleksi busana terbaru para desainer yang ditampilkan di parade. Pengunjung yang tertarik untuk membeli bisa mengunjungi beberapa booth fesyen dan beauty di lantai 8 hotel Intecontinental Pondok Indah Jakarta. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

V BTS Siapkan Single FRI(END)S Buat Obat Kangen Selama Wajib Militer

BERIKUTNYA

5 Resep Praktis Untuk Menu Buka Puasa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: