Tips Skincare untuk Kulit Berjerawat (Sumber Foto: Freepik)

Cuma Pakai 4 Skincare, Begini Rangkaian Perawatan Kulit Berjerawat yang Simpel

16 February 2023   |   17:35 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Apakah Genhype pemilik tipe kulit berjerawat? Kalau iya, cobalah lebih selektif dalam memilih skincare. Jangan sampai produk yang dipakai justru bikin jerawat makin parah. Perhatikan juga urutan pemakaiannya, supaya hasilnya jadi lebih efektif. Dan sebaiknya Genhype hati-hati memilih produk agar tidak malah terkena efek samping.

Tren kecantikan asal Korea Selatan mempopulerkan 10 tahap skincare routine yang dilakukan para wanita untuk mendapatkan kulit glowing. Namun, banyaknya rangkaian perawatan kulit tersebut sering kali membuat kita malas. Apalagi rasanya riskan sekali bagi pemilik tipe kulit berjerawat untuk dipoles dengan banyak produk.

Sebagai contoh, tahap pertama dimulai dengan membersihkan make up dengan menggunakan make up remover, mencuci muka dengan face wash, lalu eksfoliasi untuk melepaskan kulit mati. Tak berhenti di sana, selanjutnya mengaplikasikan toner, essence, serum/ampoule, dilanjutkan dengan masker wajah seperti sheet mask, lalu mengoleskan krim mata, moisturizer (pelembap), dan terakhir sunscreen. 

Melansir dari Vogue, berikut skincare routine atau rangkaian pemakaian produk perawatan kulit di pagi hari untuk pemilik tipe kulit berjerawat. Yuk, ikuti caranya yang mudah dan simpel.

1. Bersihkan Wajah dengan Make Up Remover

Setelah bangun tidur, jangan lupa bersihkan wajah dengan make up remover. Fungsinya untuk menghilangkan sisa-sia produk skincare yang digunakan saat malam hari. Kalau bisa pilih make up remover yang formulanya terbuat dari campuran lidah buaya, mentimun, atau chamomile yang akan menenangkan, memperbarui sel-sel kulit, dan membersihkan kulit.

 

Ilustrasi jerawat (Sumber foto: Freepik)

Ilustrasi jerawat (Sumber foto: Freepik)

2. Mencuci Muka dengan Face Wash

Setidaknya pemilik kulit berjerawat harus mencuci muka sehari sekali. Namun, ternyata kita tak perlu pakai produk permbersih wajah anti jerawat. Hal ini lantaran sebagian besar pembersih khusus kulit berjerawat dibuat dari formula yang keras dan bikin kulit kering.

Alih-alih menghilangkan jerawat, produk ini akan merusak skin barrier atau lapisan pelindung kulit. Akhirnya kulit jadi lebih rentan tumbuh jerawat. Sebaiknya gunakan pembersih wajah dengan formula lembut yang bebas sulfat. Fungsinya untuk menghilangkan minyak berlebih, kotoran, dan bakteri, tanpa membuat kulit mengelupas dan iritasi.

3. Melembapkan Wajah

Kulit berjerawat dan berminyak ternyata tetap butuh kelembapan. Apabila dibiarkan kering, kelenjar minyak akan merespons dengan menghasilkan lebih banyak sebum (minyak). Hal ini akan membuat pori-pori jadi tersumbat dan kulit makin berminyak.

Jagalah keseimbangan dan kelembapan kulit dengan mengaplikasikan pelembap ringan bebas minyak. Namun, bagi pemilik kulit kering atau kombinasi sebaiknya pilih pelembap dengan formula losion. Untuk kulit berminyak pilih formula gel yang mengandung bahan pelembap seperti asam hialuronat, gliserin, atau ceramide.

Baca juga: Cek 5 Bahan Alami buat Mengempaskan Kulit Berminyak & Berjerawat


4. Pakai Sunscreen

Paparan sinar UV akan membuat kondisi kulit berjerawat semakin parah, bahkan bisa menyebabkan penuaan dini dan kanker kulit. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengoleskan sunscreen atau tabir surya setiap pagi. Pilihlah sunscreen dengan SPF 30 atau lebih yang memberikan perlindungan luas terhadap sinar UVA dan UVB. Selain itu, pastikan produknya noncomedogenic, artinya formulanya telah teruji tidak menyumbat pori-pori.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Yuk Intip Koleksi Fall 2023 Coach dengan Konsep Sustainable

BERIKUTNYA

Mantap Berkarier Solo, Allan Andersn Rilis Single Jalan yang Berbeda

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: