Trek Balap Jadul (Sumber gambar: unsplash.com/@jessedebacker)

5 Ajang Balapan Unik dan Inspiratif, Ada 24 Hour of Lemons

02 March 2024   |   08:00 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Ajang balapan dinikmati oleh banyak orang di seluruh dunia, mulai dari Formula 1, Motogp, Nascar, dan ajang serupa lainnya. Umumnya ajang ini berfokus pada performa dan unsur kompetitif, terkadang menimbulkan banyak drama antar tim, pengemudi, dan bahkan para penggemar. 

Hal ini juga meningkatkan minat berkarier di bidang ini, termasuk di kalangan anak muda. Namun, sering kali mereka menemui rintangan seperti sulitnya mendapat akses dan sumber daya untuk ikut terjun ke ranah tersebut, selain tentunya kompetisi yang sangat sengit. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Film Bertemakan Balapan, Menegangkan & Penuh Adrenalin!

Ini dapat menjadi alasan kenapa banyak penggemar balap ingin mencari ajang balapan lainya yang lebih unik dan berfokus untuk membangkitkan semangat komunitas dan kegembiraan di antara para pencinta balap,  Ada beberapa ajang balap yang memang sudah menjadi tradisi, dan mulai mendapatkan perhatian umum karena sifatnya yang menghibur dan seru. 

Apa saja itu? berikut ini adalah lima ajang balapan yang unik, menarik, dan inspiratif yang bisa jadi tontonan atau diikuti aktivitasnya bagi kalian pencinta balap. Yuk simak. 
 

1. Red Bull Soapbox Race

Red Bull Soapbox Race adalah ajang balapan yang diadakan oleh perusahaan minuman energi Red Bull setidaknya setahun sekali di berbagai kota di dunia. Peserta yang mengikuti balapan ini harus mendesain dan menyetir sebuah kendaraan Soapbox tanpa motor. Peserta harus melewati berbagai rintangan dalam sebuah trek.

Siapa pun yang mencetak waktu tercepat, memiliki desain terunik, dan performa terbaik, akan memenangkan perlombaan ini. Banyak kendaraan yang mengambil inspirasi dari berbagai budaya dan juga pop culture

Meskipun kendaraan di ajang balap ini dapat dikemudikan dan melakukan pengereman, sulitnya rintangan yang ada di trek menyebabkan kendaraan ringkih yang dikendalikan hancur, menabrak, atau berhenti sebelum menyelesaikan trek. Inilah yang menjadi tantangan dan keseruan ajang Red Bull Soapbox Race. 


2. 24 Hours of Lemons 

Ajang balapan satu ini cocok untuk penggemar motor sport yang ingin mengemudi mobil dengan kondisi seadanya. 24 Hour of Lemons adalah ajang balap mobil-mobil dengan tampilan unik dan aneh yang bernilai tidak lebih dari $500. Mereka berkompetisi untuk mencari siapa yang akan bertahan paling lama selama 14-15 jam berturut-turut. 

Ajang balapan ini mengambil inspirasi dari seri balapan prestisius dengan nama yang hampir sama, 24h of Le Mans. Bedanya 24h of Le mans adalah ajang balap dengan tim ternama dan bujet miliaran dolar, sedangkan Lemons diikuti oleh penggemar motor sport yang tidak memiliki uang yang banyak, tapi tetap memiliki semangat pembalap. 

Dengan kata lain, 24 Hours of Lemons adalah ajang balapan di mana penggemar setia motorsport dapat mengekspresikan dirinya masing-masing secara kreatif, dan juga kompetitif. Ajang ini terbuka untuk siapa saja yang ingin terlibat. 


3. British Lawn Mower Racing 

British Lawn Mower Racing adalah ajang balapan peserta memodifikasi mesin pemotong rumput ride-on atau self-propelled, dan mencopot bagian baling-baling dari mesin tersebut. Para peserta akan mengemudi di lahan terbuka yang biasanya dibatasi blok jerami/plastik. 

Ajang balapan ini memiliki beberapa kategori yang mengikuti jenis pemotong rumput yang akan ikut balapan, sehingga para peserta mendapatkan rival yang sama rata. Tak hanya kategori, ajang ini juga memiliki beragam format balap seperti sprint, endurance, relay, dan last man standing

Ajang balapan satu ini cocok untuk para penggemar yang ingin mencoba mengemudi secara kompetitif, tapi mengeluarkan bujet yang minim serta lebih mudah diakses berbagai kalangan. Ini merupakan gagasan ide yang dikemukakan oleh co-driver Rally Jim Gavin dan sekelompok penggemar olahraga yang mencari cara hemat untuk terlibat dalam balap motor sejak 1973.


4. Gambler 500 

Sama seperti 24 Hours of Lemons, Gambler 500 juga menggunakan kendaraan yang murah, praktis, dan menyenangkan di bawah $500 untuk balapan. Peserta yang terdiri dari seorang pengemudi dan navigator, akan disuguhi petualangan navigasi di medan off-road, untuk berpetualang melintasi sebuah daerah, memungut sampah, dan menyingkirkan kendaraan yang sudah lama ditinggalkan. 

Tujuan Gambler 500 adalah pengalaman berpetualangnya, yang sudah mengajak banyak orang untuk mencoba mengikuti ajang ini. Sejak dimulai di Oregon pada 2014, Gambler 500 sudah menyebar ke Amerika Serikat, Kanada, dan Islandia. Menginspirasi bahwa petualangan tidak harus selalu terencana dan mahal. 


5. Piaggio Ape Racing

Penggemar Vespa pasti akan menyukai seri balapan ini, Piaggio Ape Racing adalah ajang balapan yang melibatkan balap pikap roda tiga Piaggio Ape Cross Country di berbagai trek kart. Jangan biarkan penampilan lucunya mengecohkan, semua driver di ajang ini sangat fokus dan kompetitif, mewujudkan semangat balap di dalam hati mereka.

Dikarenakan handling kendaraan roda tiga yang sulit dimanuver, para peringkat atas di ajang ini adalah mereka yang benar-benar lihai mengemudi. Ini mendorong tim dan pengemudi untuk bisa mengatur kendaraan mereka sehingga lebih nyaman untuk dikendarai. 

Baca juga: Tak Hanya Balapan, Rifat Sungkar Juga Hobi Koleksi Lego

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Aghi Narottama: Perfilman Indonesia Masih Butuh Lebih Banyak Komposer Film

BERIKUTNYA

Harga & Spesifikasi Realme 12 Pro+ 5G, Resmi Rilis di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: