Kiri ke kanan bawah: Drive, Ford v Ferrari, Hit-and-Run Squad. (Sumber gambar: FilmDistrict, 20th Century Fox, Showbox)

5 Rekomendasi Film Bertemakan Balapan, Menegangkan & Penuh Adrenalin!

16 November 2022   |   06:30 WIB

Like
Film-film bertemakan mobil beserta dengan balapan menjadi hal yang menarik dengan adanya ketegangan dari intensnya perlombaan balapan dan konflik persaingan atau kasus yang hadir di dalamnya. Biasanya, film-film ini hadir dengan kemasan kisah persaingan, kriminal, hingga perjalanan karier.

Mulai dari film bertemakan persaingan otomotif, film bertemakan kriminal, hingga dokumenter tentang tokoh atau sosok di bidang balap mobil, yuk cek lima rekomendasi Hypeabis.id untuk film-film balapan mobil pada 2010an.

Baca jugaInilah 5 Film Terlaris Dunia Sepanjang 2022
 

1. Ford v Ferrari (2019)


Beraliran sports drama, film tahun 2019 ini diangkat dari kisah Carroll Shelby, desainer otomotif asal Amerika Serikat, dan Ken Miles, pengemudi mobil balap asal Inggris, dalam upaya memenangkan perlombaan Le Mans di Prancis pada 1966. 

Kala itu, mereka membangun kendaraan untuk Ford Motor Co. demi bersaing dengan mobil balap buatan Enzo Ferrari, Rosso-Corsa, yang populer di dunia balapan mobil. Hasilnya, tercipta mobil Ford GT40 Mk I yang didesain sebagai mobil balap berperforma tinggi, tapi akankah tim Ford bisa mengalahkan rekor tim Ferrari?

Berlatar tahun 1960an, film yang tayang dalam Festival Film Telluride ini dibintangi oleh Matt Damon, Christian Bale, Jon Bernthal, Caitríona Balfe, Tracy Letts, Josh Lucas, Noah Jupe, Remo Girone, dan Ray McKinnon.
 

2. Baby Driver (2017)


Beraliran aksi, film ini turut menyorot kisah seorang pengemudi untuk membantu para kriminal kabur yang ingin mencari kebebasan dari dunia penjahat bersama dengan kekasihnya. Dia berharap akan hal tersebut setelah penyelesaian misi terakhir untuk membawa kabur dalang pencurian Doc dan penjahat lainnya, yaitu Buddy, Bats, dan Darling. Namun, semuanya tak semudah itu.

Film ini menghadirkan Ansel Elgort, Lily James, Kevin Spacey, Jon Hamm, Eiza Gonzalez, Jamie Foxx, dan Jon Bernthal serta diproduksi oleh sutradara-penulis naskah Edgar Wright. Baby Driver diketahui dikembangkan selama 20 tahun dengan referensi masa mudanya dan berbagai hal yang terjadi di dalamnya.
 

3. Steve McQueen: The Man & Le Mans(2015)


Film dokumenter buatan sutradara John McKenna dan Gabriel Clarke ini merupakan salah satu cerita yang menyorot kisah hidup pembalap Steve McQueen, sosok yang dianggap penuh karisma serta berupaya untuk mengambil alih kariernya sebagai sineas film setelah Bullitt and The Thomas Crown Affair sukses.

Sayangnya, film bertemakan balap mobil yang digarapnya pada 1971, Le Mans, gagal di box office saat itu sehingga dia akhirnya nekat menyelesaikan Balapan 12 Jam di Sebring dengan kondisi kaki kiri yang patah. Dokumenter ini sendiri memperlihatkan berbagai rekaman yang tidak dipublikasi dan beberapa kisah yang tak diungkap ke publik sebelumnya.
 

4. Hit-and-Run Squad (2019)


Mengombinasikan penyelidikan kepolisian dan balapan mobil liar, film aksi kriminal ini bercerita tentang tim penyelidikan kecelakaan lalu lintas yang berfokus pada penyelidikan seorang pebisnis sekaligus mantan pembalap mobil F1 yang melakukan tindakan kriminal dengan kegilaan terhadap kecepatan dan mobil.

Penyelidikan ini bermula dari adanya kasus kecelakaan yang tidak biasa, di mana Eun Shi-yeon yang dipindah ke tim investigasi kecelakaan lalu lintas untuk kepolisian regional itu harus bekerja bersama Seo Min-jae dan Won Sun-young untuk menangkap Jung Jae-cheol si mantan pembalap Formula One di Korea Selatan.
 

5. Drive (2011)


Diadaptasi dari buku novel berjudul sama karangan James Sallis, film yang dibintangi oleh Ryan Gosling, Carey Mulligan, dan Oscar Isaac ini bercerita tentang seorang pengemudi stunt Hollywood yang bekerja sebagai pengemudi yang membantu kaburnya pelaku kriminal.

Kendati pekerjaannya cukup intens, dia kemudian tertarik dengan Irene dan anaknya Benicio yang merupakan tetangganya. Namun, semua berubah kala suami Irene bernama Standard meminta bantuannya untuk terlibat dalam tindakan pencurian bernominal jutaan dolar.

Saat rencananya memburuk, sang pengemudi harus mempertaruhkan nyawa demi melindungi Irene dan Benicio dari dalang pencurian tersebut.

Selain itu, rekomendasi lainnya adalah Logan Lucky (2017), franchise The Fast and the Furious (2001-sekarang), franchise film animasi Cars (2006-2017), Rush (2013), film dokumenter Senna (2010), TT3D: Closer to the Edge (2011), Racing Dreams (2009), dan terbaru adalah film Korea Seoul Vibe (2022).

Baca juga5 Rekomendasi Film Korea Bertema Pencurian setelah Menonton Seoul Vibe

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

WhatsApp Bakal Luncurkan Mode Companion, Bisa Login di Beberapa Handphone Sekaligus

BERIKUTNYA

Jadi Google Doodle, Begini Sejarah Hari Angklung Sedunia yang Dirayakan Tiap 16 November

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: