Ilustrasi Insomnia (Sumber foto: Pexels/cottonbro studio)

5 Cara Jitu Mengatasi Insomnia Secara Alami, Jangan Sering Rebahan

29 February 2024   |   19:00 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Kalian pernah enggak sih mengalami kondisi dimana badan sudah sangat lelah bekerja seharian dan pas sampai kasur hanya ingin tidur sepanjang malam, tapi nyatanya malah terbangun sampai pagi? Pasti tak sedikit yang pernah merasakan hal seperti ini.

Berbagai cara juga sudah dicoba agar bisa cepat tidur, mulai dari membenarkan posisi bantal guling, atur suhu AC agar tidak kedinginan atau kepanasan, sampai coba mendengarkan lagu penghantar tidur juga, namun hasilnya tetap tidak bisa tidur. Malah semakin lama, pikiran jadi ngelantur ke hal-hal yang sebenarnya enggak perlu dipikirin. Akhirnya, jadi overthinking deh.

Baca juga: Tips Mengatasi insomnia Tanpa Obat yang Perlu dicoba
 

Sumber foto: Pexels/cottonbro studio

Sumber foto: Pexels/cottonbro studio

Pasti rasanya enggak nyaman banget ketika kita ingin cepat tidur tapi malah terjaga sepanjang malam. Padahal tidur dengan waktu yang cukup sangat diperlukan apalagi jika kita memiliki pekerjaan yang membutuhkan fisik dan menguras tenaga. Kalau Genhype pernah atau sering mengalami situasi seperti itu, mungkin kalian mengalami insomnia. 

Insomnia ini merupakan gejala gangguan tidur dimana seseorang kesulitan untuk tidur pada malam hari. Sebenarnya insomnia memang umum terjadi pada banyak orang dan semakin bertambahnya usia, kesulitan untuk tidur ini kerap terjadi. Nah, Genhype juga harus tahu kalau insomnia ini ada gejala dan cara mengatasinya. Yuk, simak penjelasannya.

Dikutip dari Mayo Clinic, berikut ini penyebab dan cara mengatasi gangguan tidur alias insomnia.
 

Penyebab insomnia

1. Stres

Penyebab paling umum pada gejala insomnia adalah stres. Stres bisa terjadi ketika Genhype terlalu merasa khawatir akan hal-hal disekitar. Misalnya seperti masalah pekerjaan, pendidikan, orang tua, dan yang lainnya. Rasa kekhawatiran yang muncul itu akhirnya menyebabkan tekanan pada diri sendiri sehingga menyebabkan stres yang berkepanjangan. Nah, stres ini lah yang bisa menyebabkan kalian sulit untuk tidur tenang dimalam hari. 
 

2. Kebiasaan tidur yang buruk

Kebiasaan yang satu ini juga bisa menjadi penyebab utama insomnia. Misalnya, kalau kalian memilki jam tidur yang tidak seimbangan antara siang dengan malam atau kalian suka tidur dengan waktu yang lama disiang hari. Kebiasaan tersebut justru bisa menyebabkan kualitas tidur kalian menjadi terganggu. 
 

3. Makan sebelum tidur

Sebenarnya sah-sah saja jika Genhype mengonsumsi camilan atau makanan berat saat malam hari asal dijadwalkan dengan benar. Namun, jika kalian suka makan tepat sebelum tidur, hal itu bisa membuat asam lambung naik dan tidur menjadi sulit. 
 

4. Kondisi medis

Insomnia juga berkaitan dengan kondisi medis kalian. Jika kalian memiliki penyakit kronis, hal ini memang bisa menyebabkan tidur kalian menjadi terganggu. 
 

5. Kafein

Siapa disini yang tidak bisa lepas dengan kafein? Minimuan seperti kopi, teh, cola, dan minuman lain yang mengandung kafein adalah stimulan. Kalau kalian mengonsumsinya di sore atau malam hari, bisa menyebabkan kalian tidak bisa tidur. 
 

Cara mengatasi insomnia

1. Atur waktu tidur

Pertama, mulai atur waktu tidur. Di siang hari, usahakan untuk melakukan aktivitias seperti biasa, jangan tidur siang dengan waktu yang lama karena bisa membuat tidur menjadi sulit di malam hari. Kalau Genhype benar-benar ngantuk di siang hari, kalian bisa tidur selama 30 menit.

Di malam hari, kalau kalian belum bisa tidur coba untuk membaca buku sampai kalian merasa ngantuk. Setelah itu langsung bergegas pindah ke kasur untuk tidur. Terapkan waktu tidur dan bangun yang sama setiap harinya, cobalah dengan bertahap sampai kalian merasa terbiasa dengan jam tidur kalian.
 

2. Relaksasi

Kalau kalian tidak bisa tidur di malam hari, coba deh untuk rileks sebentar. Genhype bisa melakukan latihan pernapasan saat hendak tidur dengan mengendalikan pernapasan, detak jantung, dan ketegangan otot agar lebih nyaman. Genhype juga bisa mandi dengan air hangat sebelum beranjak ke kasur. Kalau ingin sambil mendengarkan musik yang tenang juga bisa. 
 

3. Kurangi waktu di kasur

Kalau Genhype sedang tak ada aktivitias yang harus dilakukan, sebaiknya jangan berbaring seharian di kasur. Hal itu nantinya bisa membuat Genhype menjadi tidak produktif dan kebanyakan tidur sepanjang hari. Coba untuk melakukan kegiatan yang bisa membuat kalian lelah di malam harinya. Misalnya, olahraga pada sore hari atau beberapa jam sebelum mau tidur. 
 

4. Ubah pola pikir

Nah, ada satu tips lagi nih yang penting buat Genhype agar bisa cepat tidur di malam hari. Begitu sudah di kasur, jangan langsung mikir kalau kalian akan susah tidur. Alih-alih, pikirkan saja kalau sudah di kasur, artinya waktunya tidur. Tips ini bisa mengurangi pikiran berlebih tentang insomnia, jadi tidurnya bisa jadi lebih gampang.
 

5. Penggunaan cahaya

Usahakan buat lingkungan kamar kalian menjadi lebih nyaman saat hendak tidur. Kalian bisa mematikan lampu dan atur suhu ruangan. Atur juga kamar kalian agar minim cahaya. Selain itu, jauhkan suara yang bisa menggangu tidur kalian seperti jam dinding atau alarm handphone.

Baca juga: Awas! Insomnia Bisa Sebabkan Gagal Jantung Hingga Stroke

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Dokter Kulit Ungkap Rahasia Menjaga Kelembapan Kulit di Iklim Tropis Indonesia

BERIKUTNYA

Mengintip Koleksi 4everforward dengan Detail Lace & Sentuhan Monogram

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: