Seventeen. (Sumber gambar: Pledis Entertainment)

3 Grup K-Pop yang Pernah Tampil di Nissan Stadium, Terbaru Ada Seventeen

29 January 2024   |   17:57 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Boygroup Seventeen akan kembali melanjutkan tur dunianya yang bertajuk Follow. Rangkaian tur kali ini merupakan encore atau konser tambahan yang akan dimulai pada musim semi tahun ini. Tur yang diberi judul Follow Again itu akan digelar di tiga titik di Korea Selatan dan Jepang.

Seventeen akan memulai tur encore mereka dengan konser selama dua hari di Stadion Utama Incheon Asiad Korea pada 30 dan 31 Maret 2024. Dua bulan berselang, grup besutan Pledis Entertainment itu akan berangkat ke Jepang untuk tampil di Stadion Yanmar Nagai Osaka pada 18 dan 19 Mei 2024, serta di Stadion Nissan Kanagawa pada 25 dan 26 Mei 2024.

Baca juga: SEVENTEEN Umumkan 3 Kota Tambahan Tur Konser Follow

"Karena ini adalah tur encore yang disiapkan untuk memberikan penghormatan kepada Carat yang mencintai Seventeen, kalian dapat mengharapkan panggung yang paling indah. Seluruh ruang pertunjukan di stadion [akan] dihiasi dengan cahaya Rose Quartz Serenity," kata Pledis Entertainment dikutip dari Fannstar.

Follow merupakan tur dunia keempat Seventeen. Tur tersebut dimulai pada 21 Juli 2023 di Gocheok Sky Dome di Seoul, Korea Selatan, yang dihadiri sebanyak 133.000 penonton. Dari Korea, Seventeen menggelar konser tunggal di 8 titik di sejumlah negara Asia yakni Jepang, Thailand, Filipina, dan China.

Kabar rencana konser Seventeen ini pun menjadi perbincangan. Pasalnya, Seventeen akan menjadi grup K-Pop ketiga yang mengadakan konser tunggal di Stadion Nissan, stadion terbesar di Jepang, setelah Twice dan TVXQ. Meski dikonfirmasi tampil di Stadion Nissan setelah Twice, Seventeen akan menjadi grup K-Pop kedua yang mengadakan konser di stadion tersebut. Sebab, konser Twice baru akan berlangsung pada Juli 2024.
 

TWICE. (Sumber gambar: JYP Entertainment)

TWICE. (Sumber gambar: JYP Entertainment)

Stadion Nissan atau yang dikenal juga dengan nama Stadion Internasional Yokohama merupakan stadion terbesar di Jepang. Dengan kapasitas sekitar 75.000 penonton, stadion ini menjadi tempat impian banyak idol K-Pop untuk menyelenggarakan konser. Bahkan, tak jarang ini menjadi standar kesuksesan para idol.

Tak dipungkiri, Jepang bisa dibilang merupakan pasar utama para idol K-Pop untuk memasarkan musik mereka di luar Korea. Menukil dari situs The Korea Times, seorang pejabat dari perusahaan hiburan yang tak disebutkan namanya mengatakan bahwa Jepang merupakan pasar yang unik, lantaran terbuka terhadap konten-konten hiburan internasional.

"Penggemar Jepang juga cenderung menunjukkan ketertarikan mereka pada seseorang yang serupa atau bersahabat dengan mereka," katanya.

Selain Jepang, China juga menjadi pasar utama bagi bintang K-Pop memasarkan musiknya. Namun, sejak diberlakukannya larangan China terhadap konten Korea pada 2016, hal ini menjadi hambatan yang sangat penting dan hampir mustahil idol K-Pop untuk tampil di sana. "Jadi, pasar Jepang telah menjadi alternatif bagi perusahaan hiburan untuk menarik penggemar luar negeri," imbuh pejabat tersebut.

Oleh karena itu, tak ayal jika bisa tampil di Stadion Nissan menjadi kebanggaan tersendiri bagi idol K-Pop, lantaran bisa mengukuhkan eksistensi mereka khususnya bagi para penggemar di Jepang. Terlebih, sejak beroperasi pada 1998, tercatat belum banyak idol yang berhasil menyelenggarakan konser di Stadion Nissan Jepang. Sampai saat ini, baru ada 3 grup K-Pop yang bisa mengadakan konser tunggal di stadion tersebut.


1. TVXQ

Grup K-Pop pertama yang menggelar konser tunggal di Stadion Nissan adalah TVXQ. Grup besutan SM Entertainment itu tercatat telah dua kali menggelar konser di stadion terbesar di Jepang itu, yakni dalam Time: Live Tour pada 2013 dan Begin Again Tour pada 2018. Kedua konser itu pun sukses mendatangkan banyak penonton dan meraup pendapatan fantastis dari penjualan tiket.

Pada Time: Live Tour yang digelar pada 17-18 Agustus 2023, TVXQ berhasil mendatangkan 150.000 penonton. Sementara untuk konser Begin Again Tour pada 2018, sebanyak 225.000 orang memadati stadion itu untuk menonton penampilan idol mereka. Bahkan, Forbes menyebut bahwa TVXQ menjadi duo K-Pop dengan tur terlaris di Jepang lantaran berhasil menjual lebih dari 1 juta tiket.
 

TVXQ. (Sumber gambar: SM Entertainment)

TVXQ. (Sumber gambar: SM Entertainment)


2. TWICE

TWICE menjadi grup kedua yang akan tampil di Stadion Nissan Jepang setelah TVXQ. Meski demikian, TWICE mencetak sejarah lantaran menjadi girlgroup K-Pop atau artis asing perempuan pertama yang akan konser di stadion tersebut. 

Pada 29 Desember 2023 lalu, TWICE mengonfirmasi akan mengadakan konser READY TO BE in JAPAN SPECIAL pada musim panas mendatang, dan salah satunya akan digelar di Stadion Nissan. Grup besutan JYP Entertainment itu akan tampil di Stadion Nissan pada 27-28 Juli 2024, setelah merampungkan pertunjukan mereka di Stadion Yanmar Nagai di Osaka pada 13-14 Juli 2024.


3. SEVENTEEN

Terbaru, Seventeen mengonfirmasi akan mengadakan konser Follow Again di Korea Selatan dan Jepang, dan salah satunya bakal diadakan diadakan di Stadion Nissan. Hal ini pun menjadikan Seventeen menjadi grup K-Pop ketiga yang akan mengadakan konser tunggal di stadion tersebut.

Meski dikonfirmasi tampil di Stadion Nissan setelah Twice, Seventeen akan menjadi grup K-Pop kedua yang mengadakan konser di stadion tersebut. Sebab, konser Twice baru akan berlangsung pada Juli 2024. Selain di Stadion Nissan, Seventeen juga akan menggelar konser di Stadion Utama Incheon Asiad Korea pada 30 dan 31 Maret 2024, dan di Stadion Yanmar Nagai Osaka pada 18 dan 19 Mei 2024.

Baca juga: 7 Stadion Terbesar di Dunia, Salah Satunya Ada di Korea Utara

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Daftar Film Horor Indonesia yang Tayang di Bioskop Februari 2024

BERIKUTNYA

Dapat Meningkatkan Refleks Tubuh, Cek Manfaat & Kiat Olahraga Pingpong

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: