Jungkook BTS, Jeon Soyeon (G)I-DLE, & Vernon SEVENTEEN. (Sumber gambar: BIGHIT Music/CUBE/Unicef))

Jungkook BTS, Soyeon (G)I-DLE, & Vernon SEVENTEEN Jadi Anggota Tetap KOMCA

02 February 2024   |   12:24 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Jungkook BTS, Jeon Soyeon (G)I-DLE, dan Vernon SEVENTEEN telah dipromosikan menjadi anggota tetap Asosiasi Hak Cipta Musik Korea (KOMCA). Ketiga musisi K-Pop itu dipromosikan menjadi anggota tetap oleh dewan direksi KOMCA berkat keterlibatan kreasi dan kontribusi dalam membuat karya-karya musik yang memajukan industri.

Daftar promosi anggota tetap KOMCA biasanya diumumkan setiap awal tahun, untuk menarik banyak perhatian publik. Hal ini dilakukan agar publik bisa lebih mengenal penulis lirik dan komposer berbakat yang mendukung perkembangan industri musik K-Pop, termasuk penyanyi dan penulis lagu terkenal.

Baca juga: Jungkook BTS Bakal Rilis Single 3D Remix Kolaborasi Bareng Justin Timberlake

Menukil dari laman Naver, sebagai penyanyi sekaligus penulis lagu dengan banyak penggemar, Jungkook BTS berpartisipasi langsung dalam menulis lirik dan menggubah lagu-lagu populer secara global, seperti Seven, Still With You, dan Dreamers

Penyanyi pemilik nama asli Jeon Jeong-guk itu menjadi member keempat BTS yang tergabung dalam daftar anggota tetap KOMCA, menyusul Suga yang terpilih pada 2018, serta RM dan J-Hope yang menjadi anggota tetap pada 2020.

Sementara Jeon Soyeon (G)I-DLE dan Vernon SEVENTEEN terpilih sebagai anggota tetap KOMCA lantaran popularitas mereka yang meningkat secara global, serta mencetak rekor penjualan musik. (G)I-DLE dan SEVENTEEN disebut sebagai grup K-Pop pertama dalam sejarah industri musik Korea yang berhasil menjual 5 juta kopi untuk penjualan album awal, termasuk basis penggemar global.

Beberapa lagu yang mendongkrak popularitas (G)I-DLE antara lain Tomboy, Queencard, dan Nxde. Sementara SEVENTEEN kian dikenal oleh penikmat musik global berkat nomor-nomor seperti Very NiceSuper, dan God of Music

Baik Jeon Soyeon (G)I-DLE dan Vernon SEVENTEEN, mereka sama-sama sedang membangun karier dan reputasi sebagai musisi dengan berpartisipasi dalam menulis lirik, mengarang, dan memproduksi lagu dalam grup mereka masing-masing.

Nantinya, para anggota tetap ini dapat menghadiri dan memberikan suara pada rapat umum tahunan, serta dapat dipilih menjadi dewan direksi. Dewan direksi KOMCA terdiri dari 21 anggota, yang dipilih untuk masa jabatan tiga tahun.
 

Namun, tak hanya Jungkook BTS, Jeon Soyeon (G)I-DLE, dan Vernon SEVENTEEN yang masuk dalam daftar anggota tetap KOMCA tahun ini. Ada 30 orang yang dipromosikan menjadi anggota tetap KOMCA dari berbagai bidang musik seperti musik murni, musik tradisional Korea, lagu-lagu anak dan rohani, baik itu yang populer maupun non-populer.

Sejumlah penulis lirik dan komposer lagu yang juga masuk dalam daftar anggota tetap KOMCA yakni Code Kunst (Cho Seon-woo), Versa Choi (Choi Seung-hyuk), Lee Seo-ran dan TOIL. 

Cho Seon-woo atau Code Kunst adalah komposer sekaligus produser musik. Dia ditetapkan sebagai anggota tetap KOMCA karena dinilai sebagai produser hip-hop Korea Selatan berpengaruh dengan memproduksi berbagai lagu hit seperti Jasmine, To All They Who Were Lost, dan Good Day dengan kemampuan komposisi dan karakteristik musik uniknya yang mencakup berbagai genre.

Produser kelahiran 18 Desember 1989 itu juga menggubah lagu-lagu hit seperti Attention, Hype Boy, dan Ditto untuk grup NewJeans yang baru-baru ini mencetak rekor sebagai girlgroup K-Pop terlama di tangga lagu album utama Billboard AS 250.

Sementara Versa Choi atau Choi Seung-hyuk terpilih lantaran karyanya yang menggubah banyak lagu untuk Stray Kids, boygroup multinasional dengan harga saham tertinggi, dan Lee Seo-ran yang menulis banyak lagu hit untuk grup idola top Korea seperti Nmixx, Red Velvet, Twice, dan EXO.

Tak ketinggalan, penulis lirik dan komposer terkenal yang memimpin budaya K-Pop termasuk TOIL, yang menggubah lagu untuk banyak artis hip-hop seperti Big Naughty (Seo Dong-hyun), Rillermalz, dan BE'O.

Sementara di bidang musik non-populer, ada penulis lagu anak-anak Yoon Hye-jeong, penyanyi religi Joo Min-jeong, dan penulis musik tradisional Korea Lim Kyo-min. Termasuk, penyanyi Rain (Jeong Ji-hoon) dan Lee Sang-min yang pernah dipromosikan sebelumnya, kembali ditetapkan sebagai anggota penuh KOMCA. 

Sementara itu, Asosiasi Hak Cipta Musik Korea (KOMCA) adalah kolektif hak cipta nirlaba Korea Selatan yang mengelola pertunjukan publik dan hak siar, serta hak rekaman dan reproduksi mekanis. Didirikan pada 1964, KOMCA adalah organisasi pengelolaan hak kolektif karya musik kedua di Asia, setelah JASRAC di Jepang.

KOMCA juga merupakan salah satu organisasi pengelolaan hak kolektif karya musik terbesar di Asia, dengan lebih dari 40.000 anggota. Pada Januari 2024, KOMCA diketahui mengelola hak cipta lebih dari 51.000 penulis lagu dan komposer. Sementara pada 2021, KOMCA telah mengumpulkan biaya lisensi sebesar US$221 juta dan mendistribusikan royalti sebesar US$196 juta kepada seluruh anggotanya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Pre-order Capai 160%, Cek Varian Samsung Galaxy S24 Series yang Jadi Favorit Pencinta Gadget

BERIKUTNYA

Jurus Raffi Ahmad Kembangkan Bisnis Body Care Lewat Live Streaming

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: