Avatar: The Last Airbender. (Sumber foto: Nickelodeon)

Bikin Nostalgia, Ini 6 Kartun Jadul Tahun 2000-an yang Menemani Masa Kecil

28 February 2024   |   18:02 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Jujur siapa yang dulu sebelum berangkat sekolah harus nonton kartun setiap pagi? Memang belum lengkap rasanya saat kita masih kecil kalau belum nonton kartun. Mendengar tema lagunya saja sudah membuat kita senang dan semangat.

Pasti dari Genhype disini juga masih hafal dengan seluruh karakter yang diperankan. Belum lagi lagu-lagu khas dari kartun yang membuat kita terngiang-ngiang. Duh, rasanya jadi nostalgia deh. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Film Remaja 2000-an, Bikin Nostalgia & Masih Seru Ditonton

Kartun zaman kita kecil memang mengesankan banget. Rasanya setiap kenangan kita saat masih kecil ada di tiap kartun yang kita tonton. Mulai dari bangun pagi yang langsung beranjak nonton kartun, sehabis pulang sekolah juga menonton kartun, sampai sore menjelang malam pun masih nonton kartun. Kartun memang tidak bisa lepas dari kehidupan kita saat masih kecil. 

Untuk mengenang masa kecil, yuk, kita nostalgia lagi tentang kartun kesayangan kita. Ini dia beberapa kartun dari era 2000-an yang menemani masa kecil. 
 

1. Doraemon

Doraemon adalah salah satu serial kartun jadul yang sangat populer. Bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Nobita Nobi yang sering kali menghadapkan masalah di sekolah atau hubungan dengan teman-temannya seperti Giant, Suneo dan Shizuka. Tapi untungnya, Nobita memiliki teman berupa robot kucing yang berasal dari masa depan, namanya Doraemon. 

Doraemon selalu membantu Nobita dalam menghadapi masalahnya itu. Bersama-sama, mereka menjalani berbagai petualangan kehidupannya yang penuh dengan keajaiban. Doraemon juga punya kantong ajaib yang isinya alat-alat ajaib, seperti pintu kemana saja yang bisa membawa mereka ke tempat-tempat seru. Ada juga mesin waktu yang bisa mengubah kejadian di masa lalu dan jangan lupa baling-baling bambub yang membawa kita terbang ke mana saja.

Persahabatan mereka yang kuat itu lantas menjadi inti pada cerita Doraemon dan mengajarkan kita tentang pentingnya kepercayaan, kesetiaan, dan saling peduli. Doraemon merupakan kenangan manis bagi anak-anak Indonesia dan sampai sekarang tak ada yang bisa menggantikannya.
 

2. Ben 10

Ben 10 bercerita tentang seorang bocah 10 tahun bernama Ben Tennyson yang menemukan jam Omnitrix alien yang bikin dia bisa berubah menjadi berbagai makhluk asing yang kuat. Dia punya kemampuan baru tiap kali dia berubah, mulai dari api hingga benda-benda luar angkasa.

Bersama teman seperjuangannya, Gwen dan kakeknya Max, Ben menjelajahi dunia dan melawan berbagai musuh, termasuk alien jahat dan penjahat antariksa. Setiap kali dia pake Omnitrix, dia memiliki keberanian yang tidak tertandingkan.
 

3. Ninja Hattori 

 

Ninja Hatori. (Sumber foto: TV Asahi)

Ninja Hattori. (Sumber foto: TV Asahi)

Ninja Hattori adalah kartun yang sangat seru. Ceritanya tentang seorang ninja cilik bernama Hattori yang tinggal di Jepang bersama keluarga dan sahabatnya, Shinzo. Hattori selalu siap membantu Shinzo mengatasi masalah di sekolah atau dengan teman-temannya yang kadang bikin kacau.

Karena dia seorang ninja, Hattori punya keahlian khusus dan alat-alat ajaib yang dapat membantunya. Dia bisa berlari cepat seperti kilat, menyamar jadi orang lain, atau menggunakan shuriken untuk mengalahkan musuh. Namun yang paling penting, dia selalu menggunakan keahliannya untuk melakukan hal-hal baik dan melindungi orang-orang yang dia sayangi. Ninja Hattori mengajarkan kita tentang persahabatan, keberanian, dan pentingnya membantu sesama. Makanya, enggak heran kalau banyak yang suka dengan kartun ini.
 

4. The Powerpuff Girls

The Powerpuff Girls itu kartun yang bikin anak kecil suka banget. Ceritanya tentang tiga cewek kecil yang punya kekuatan super dan tugas untuk menjaga kota mereka, Townsville, dari berbagai macam bahaya, mulai dari penjahat sampai monster raksasa.

Gadis-gadis kecil ini namanya Blossom, Bubbles, dan Buttercup, mereka diciptakan dari bahan kimia oleh si Profesor Utonium. Tiap karakter punya kepribadian dan kekuatan unik: Blossom yang cerdas dan berani, Bubbles yang ramah dan peka, dan Buttercup yang kuat dan pemberani.
 

5. Crayon Shinchan

Seluruh kota merupakan tempat bermain yang asyik, oh senangnya aku senang sekali. Wah, siapa sih yang tak mengenal sepenggal tema lagu yang satu ini. Baru menyanyikan satu bait saja pasti sudah langsung muncul kartunnya dipikiran kita. Rasanya lagu ini sudah menjadi lagu kebangsaan para anak kecil zaman dulu. 

Crayon Shinchan adalah salah satu anime komedi terpopuler di kalangan anak-anak. Kartun Shinchan bercerita tentang bocah kecil bernama Shinnosuke Nohara atau Shinchan, seorang anak laki-laki yang duduk di bangku taman kanak-kanak dengan segala kelucuannya yang memiliki imajinasi liar dan membuat gemas semua orang di sekitarnya. Ia sering membuat ulah di mana-mana, termasuk di sekolah, di rumah, atau bahkan di tempat umum.

Dia suka melakukan hal-hal yang aneh nan lucu yang terkadang membuat orang dewasa geleng-geleng kepala. Namun di balik kelucuannya, Shinchan juga punya sisi yang hangat dan peduli dengan keluarga dan teman-temannya.
 

6. Avatar: The Last Airbender

Dahulu keempat negara hidup dengan damai. Namun semuanya berubah saat negara api menyerang... 

Pembukanya saja sudah membuat kita merasa kagum dengan animasi Avatar. Konten yang alur ceritanya sangat keren karena karakternya yang memiliki kekuatan. Avatar bercerita tentang suatu kota dimana ada orang-orang yang bisa mengendalikan unsur seperti air, tanah, udara, dan api. Namun, hanya ada satu orang yang bisa mengendalikan semua unsur itu, namanya Avatar. 

Avatar yang dibahas adalah seorang anak laki-laki bernama Aang yang memiliki ciri khas adanya tanda panah berwarna biru dikepalanya yang botak. Ternyata Aang adalah Avatar terakhir yang harus melawan negara api yang jahat untuk menyelamatkan dunia. 

Bersama teman-temannya seperti Katara, Sokka, dan Toph, serta dua hewan peliharaan bernama Momo dan Appa, mereka melakukan misi itu agar mampu menguasai empat elemen untuk mengalahkan Raja Api dan membawa kembali kedamaian di muka bumi. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Eksplorasi Tren Fesyen Lewat Kegiatan Seru dan Edukatif dari Mahasiswa ESMOD Jakarta 

BERIKUTNYA

Novo Amor Gelar Konser di Jakarta 2 Maret, Ajak Penonton Peduli Lingkungan Lewat Lagu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: