Penulis Cerita Pratiwi Juliani menghadiri Red Carpet film Pasar Setan di Jakarta, Selasa (27/2/2024). (Sumber gambar: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Film Pasar Setan Gandeng Pratiwi Juliani, Penulis Naskah yang Kental dengan Sastra

28 February 2024   |   13:58 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Rumah produksi IDN Pictures tampak ingin menyuguhkan sentuhan berbeda pada naskah film horor terbarunya berjudul Pasar Setan. Dalam menggarap film tersebut, tim produksi mendapuk sastrawan Pratiwi Juliani sebagai penulis naskahnya.

Pratiwi Juliani adalah penulis asal Kalimantan yang telah melahirkan sejumlah karya. Beberapa tulisannya juga pernah memenangkan Ubud Writers and Readers Festival (UWRF) Emerging Writers Program hingga masuk dalam penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa. 

Baca juga: Cerita Agni Pratistha Perankan Setan Nyi Salimah di Film Pasar Setan

Produser Susanti Dewi mengatakan ada beberapa alasan mengapa dalam produksi film kali ini, IDN Pictures menggandeng penulis yang punya latar belakang kuat di dunia sastra. Hal ini tak lepas agar naskah film dan alur cerita bisa punya warna baru dan tampil lebih kuat.
 

Penulis Cerita Pratiwi Juliani menghadiri Red Carpet film Pasar Setan di Jakarta, Selasa (27/2/2024). (Sumber gambar: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Penulis Cerita Pratiwi Juliani menghadiri Red Carpet film Pasar Setan di Jakarta, Selasa (27/2/2024). (Sumber gambar: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)


Menurut Santi, Pratiwi Juliani adalah seorang penulis yang baik. Dirinya percaya kepada Pratiwi, selain tentu saja sudah tak diragukan lagi dalam hal menulis novel, tetapi juga dia juga sebenarnya dapat meramu sesuatu yang lebih menarik dalam naskah film.

Meski ini adalah dua medium berbeda, transisi penulisan pada dasarnya masih sama. Terlebih, IDN Pictures juga memiliki tim pengembangan kreatif sendiri yang akan membantu para talenta di dalamnya, termasuk penulis naskah, untuk sampai pada potensi terbaiknya.

Di luar itu, Santi melihat keterlibatan orang-orang baru dengan berbagai latar belakang sangat penting untuk memperkaya sebuah film. Hal tersebut juga bisa menjadi pembeda yang unik dari karya-karya yang lain.

“Kami sedari awal juga ingin IDN Pictures bukan hanya membuat film, tetapi lebih menjadi wahana berkarya bagi banyak talenta di Indonesia. IDN Pictures bukan hanya tentang Susanti Dewi dan Fajar Nugros lagi, sekarang lebih besar dari itu semua,” ungkap Santi kepada Hypeabis.id.

Dengan menempatkan sebagai sebuah wahana kreatif, Santi berharap IDN Pictures bisa mengambil peran lebih jauh dalam memajukan perfilman Indonesia. Dengan demikian, keberagaman dalam sinema Indonesia akan muncul dengan sendirinya.

Sementara itu, sutradara Wisnu Surya Pratama mengatakan bahwa proses penulisan naskah film ini dilakukan dengan proses yang matang. Diskusi untuk pengembangan cerita awal sudah dimulai dari Desember dua tahun lalu.

Kemudian, pada Januari, proses penulisan mulai berjalan. Pengembangan cerita naskah ini berlangsung hingga sekitar Maret 2023. Setelah itu, proses reading, workshop, hingga syuting. Pada akhirnya, tahun ini sebentar lagi film ini akan tayang.

Wisnu bersyukur proses kreatif tersebut berjalan lancar secara umum. Salah satu kuncinya ialah semua tim di film ini saling terbuka satu sama lain. Dengan demikian, proses duduk bareng, saling berdiskusi, hingga mengkritik dan memberi saran berlangsung seru dan pada ujungnya makin mempertajam jalan cerita.
 

Produser, Sutradara, dan pemain film Pasar Setan berfoto usai konferensi pers di Jakarta, Selasa (27/2/2024). (Sumber gambar: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Produser, Sutradara, dan pemain film Pasar Setan berfoto usai konferensi pers di Jakarta, Selasa (27/2/2024). (Sumber gambar: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)


Film Pasar Setan akan mengeksplorasi fenomena gaib yang melegenda dan populer, terutama di beberapa daerah pegunungan di Indonesia. Tempat yang dinamakan pasar setan tersebut dipercaya sebagai lokasi makhluk gaib melakukan proses jual beli secara supranatural.

Kisah-kisah misterius yang terjadi di banyak gunung maupun hutan di Indonesia juga sering terkait dengan Pasar Setan, termasuk cerita tentang orang yang menghilang setelah mengunjungi tempat tertentu.

Cerita di film ini akan dimulai ketika empat vlogger horor beranggotakan Tamara (Audi Marissa), Kevin (Roy Sungkono), Yunus (Pangeran Lantang), dan Caca (Shindy Huang), sedang mencari konten horor.

Tim vlogger ini akan menjelajahi sebuah hutan dan bertemu dengan penampakan asli dari para setan di sebuah wilayah yang disebut Pasar Setan. Keempatnya kemudian tersesat dan harus mencari jalan keluar. 

Baca juga: Film Pasar Setan Siap Tayang 29 Februari 2024, Angkat Fenomena Gaib & Kehidupan Vlogger Horor

Teror semakin nyata di depan mereka. Hanya Tamara (Audi Marissa) yang menjadi saksi kunci. Dia selamat dari ancaman yang ada di Pasar Setan di gunung tersebut. Kasus ini pun menarik perhatian polisi untuk melakukan penyelidikan secara lebih jauh. Film Pasar Setan akan mulai tayang pada 29 Februari 2024. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

5 Fakta The Watchers, Film Horor Terbaru Warner Bros Siap Tayang Juni 2024

BERIKUTNYA

4 Game Simulator Untuk Bersantai dan Melepaskan Stres

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: