Produser, Sutradara, dan pemain film Pasar Setan berfoto usai konferensi pers di Jakarta, Selasa (27/2/2024). (Sumber gambar: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Film Pasar Setan Siap Tayang 29 Februari 2024, Angkat Fenomena Gaib & Kehidupan Vlogger Horor

27 February 2024   |   19:34 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Satu lagi film horor karya sineas dalam negeri akan meramaikan bioskop Indonesia. Terinspirasi dari kisah nyata, film bertajuk Pasar Setan yang jadi debut penyutradaraan Wisnu Surya Pratama ini direncanakan rilis pada 29 Februari 2024.

Diproduksi oleh IDN Pictures, film ini akan mengangkat fenomena gaib pasar setan yang kerap dialami oleh para pendaki gunung atau mereka yang melakukan perjalanan di tengah hutan. Layaknya sebuah pasar, aktivitas jual beli berlangsung ramai, tetapi itu semua diyakini datang dari kalangan jin.

Cerita seramnya pasar setan tersebut kemudian menjadi premis utama yang kemudian berkembang jadi alur panjang yang mengeksplorasi berbagai hal. Termasuk, mengaitkannya dengan fenomena vlogger horor yang dalam beberapa tahun terakhir jadi tren baru. 

Baca juga: Amrit Punjabi Ungkap Kemungkinan Film Horor Pulau Hantu Jadi Universe Baru

Film Pasar Setan akan mengikuti tokoh bernama Tamara. Dia adalah vlogger yang banyak membuat konten-konten horor. Suatu hari, dia ingin menaikkan jumlah penonton YouTube-nya dengan membuat konten penampakan makhluk halus. 

Namun, semua penampakan tersebut sudah direkayasa olehnya. Sialnya, trik konten tersebut bocor dan membuat reputasinya jatuh. Untuk mengembalikkan kepercayaan penonton, Tamara dan tim produksinya kemudian memberanikan diri mencari pasar setan dan terjebak di dalamnya.

Beberapa tim produksi Tamara bahkan harus meregang nyawa. Kasus ini kemudian memancing Rani, seorang polisi wanita untuk melakukan penyelidikan lebih jauh. Namun, alih-alih mendapat petunjuk baru, berbagai teror mencekam mulai terkuak dan membuat kasus yang didapatinya penuh misteri.
 

Produser Film Pasar Setan, Susanti Dewi memberikan keterangan saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (27/2/2024). (Sumber gambar: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Produser Film Pasar Setan, Susanti Dewi memberikan keterangan saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (27/2/2024). (Sumber gambar: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Produser Susanti Dewi mengatakan bahwa pasar setan adalah sebuah mitos dan legenda yang terus diceritakan dari waktu ke waktu. Keberadaannya masih penuh misteri, beberapa orang mengaku pernah masuk ke dalam pasar gaib, tetapi yang lain mengatakan hanya bagian dari mistis semata.

Santi, panggilan karibnya, menyatakan film ini akan mengeksplorasi cerita mengenai mitos tersebut dan menggabungkannya dengan fenomena vlogger horor yang juga makin marak. Dengan demikian, diharapkan film ini bisa lebih relate kepada banyak orang, tidak hanya mereka yang suka naik gunung, tetapi juga anak muda secara keseluruhan.

Santi mengatakan bahwa proses syuting film ini berjalan selama 17 harian dengan 11 harinya berada di dalam hutan. Lokasi syuting sendiri terletak di Taman Nasional Situ Gunung, Jawa Barat.

"Kalau diperhatikan, film-film IDN Pictures memang berangkat dari apa yang digemari gen Z. Kita coba olah itu menjadi sebuah film yang semoga tidak hanya sekadar bagus, tetapi juga punya dampak positif setelah menonton ini," ujar Santi dalam konferensi pers di XXI Epicentrum, Jakarta, Selasa (27/2/2024).
 

Sementara itu, sutradara Wisnu Surya Pratama mengatakan bahwa membawa mitos pasar setan ke dalam dunia vlogger horor yang kian marak menjadi sesuatu yang menarik yang ditawarkan di film ini. Film ini mencoba melihat bagaimana para konten kreator tersebut berburu cerita-cerita seram. Namun, pada satu titik mereka harus menghadapi konsekuensi dari tindakannya. 

Wisnu mengatakan dalam menggarap film ini, dirinya mencoba memakai konsep found footage untuk memberikan intensi lebih pada sudut pandang konten kreator yang jadi bagian penting di cerita ini.

"Film Pasar Setan menggunakan pendekatan found footage yang secara komposisi adalah 50 persen dari film, sebagai bagian dalam menyampaikan gaya bercerita," terangnya.

Untuk mengambil gambar dengan gaya found footage, para cast pun turut terlibat dalam pengoperasian kamera. Beberapa pemain yang kedapatan memainkan scene ini adalah Audi Marissa, Roy Sungkono, Pangeran Lantang, dan Fajar Gomez. Menurut Wisnu, film Pasar Setan total menggunakan enam jenis kamera, mulai dari kamera ponsel, drone, hingga action cam.

Film Pasar Setan akan mulai tayang di bioskop mulai 29 Februari 2024. Tak hanya soal cerita saja yang menarik, film ini juga akan dibintangi oleh aktor dan aktris ternama, seperti Rana Audi Marissa, Roy Sungkono, Shindy Huang, dan Pangeran Lantang. Selain itu, ada pula kehadiran dari Agni Pratistha, Michelle Tahalea, Kiki Narendra, Fajar Gomez, Fang Tatis, dan Epy Kusnandar.

Baca juga: 6 Film Horor Indonesia yang Bakal Tayang di Bioskop Maret 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Awas, Modus Serangan Siber 2024 Makin Canggih dan Mata Duitan

BERIKUTNYA

Spesifikasi Mobil Listrik Xiomi SU7 yang Mejeng di MWC Barcelona 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: