Ilustrasi Rumah Singgah (Sumber: Pexels/Max Rahubovskiy)

Rekomendasi 3 Pilihan Rumah Singgah Dekat RSCM Jakarta

27 February 2024   |   20:25 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Mungkin sebagian dari Genhype pernah menemani teman atau keluarga yang lagi sakit di rumah sakit. Bahkan sampai harus menginap berhari-hari. Meskipun menemani pasien di rumah sakit bukanlah hal yang menyenangkan, tapi kehadiran pendamping dapat membuat pasien merasa didukung. 

Dengan dukungan itu, pasien bisa merasa lebih nyaman dan kuat secara mental untuk menghadapi penyakit yang dirasakannya.  Akan tetapi, bagaimana jika tempat tinggal kalian jauh dari rumah sakit namun tetap harus menemani pasien?

Baca juga: Psikolog Tekankan Pentingnya Fasilitas Daycare di Kantor untuk Para Working Mom

Mengingat ruang inap yang diberikan untuk keluarga tidak terlalu besar, rasanya pasti repot juga kalau harus bolak-balik ke kota asal setiap hari, dan pastinya menghabiskan banyak biaya. Tidak memungkinkan juga jika menginap di hotel karena harganya yang sangat mahal. Tapi tenang saja karena sekarang sudah ada solusinya, yaitu rumah singgah.
 

Sumber foto: Pexels/Charlotte May

Sumber foto: Pexels/Charlotte May


Rumah singgah menjadi solusi yang sangat membantu dalam situasi seperti ini. Dengan harga yang lebih terjangkau daripada hotel, kalian dapat menginap dalam jangka waktu yang diperlukan tanpa perlu khawatir akan biaya yang membengkak. Selain itu, rumah singgah juga memberikan suasana yang lebih santai dan nyaman, mirip dengan tinggal di rumah sendiri. 

Salah satu rumah singgah yang cukup dikenal banyak orang adalah Rumah Singgah Kiara tepatnya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Apabila Genhype mencari rumah singgah yang ada di sekitar RSCM, berikut adalah daftarmya. 


1. Rumah Singgah CISC Pramuka

Rumah singgah yang satu ini terletak di Jl. Murtadho 16 A No. 383. RT09/RW06, Paseban, Jakarta Pusat. Tempat ini merupakan salah satu dari tiga rumah singgah milik Cancer Information and Support Group (CISC).

Genhype bisa mendatangi rumah singgah ini dengan menggunakan kendaraan umum melalui Jl. Pramuka. Kalau kalian ingin jalan kaki juga bisa melewati gang-gang kecil. Hanya berjarak 100 meter saja dari gang. 

Ukuran untuk rumah singgah yang satu ini memang tergolong kecil, namun tempatnya sangat nyaman dan penuh rasa kekeluargaan. Fasilitasnya ada tempat tidur untuk pasien dan seorang pendampingnya, kamar mandi, serta dapur yang dipakai bersama.

Pasien dan pendamping memiliki kebebasan untuk memasak bersama atau memasak sendiri. Terdapat biaya sebesar Rp10.000 per hari untuk penghuni rumah singgah. Selain itu, rumah ini bisa menampung sebanyak 7 pasien dan 7 pendamping. 


2. Rumah Singgah Pasien IZI

Rumah Singgah Pasien IZI adalah fasilitas penginapan yang disediakan untuk pasien kurang mampu dan membutuhkan tempat singgah saat sedang menjalani perawatan di rumah sakit rujukan. Lokasinya pun cukup strategis karena dekat dengan RSCM. 

Di Rumah Singgah Pasien IZI, tersedia fasilitas seperti tempat tidur, lemari, penyediaan makanan pokok harian, dan dukungan rohani. Selain itu, fasilitas ini juga menyediakan layanan antar-jemput menggunakan mobil, baik dari rumah sakit ke rumah singgah pasien, maupun dari rumah singgah pasien ke bandara atau terminal saat pasien sudah sembuh dan kembali ke kampung halamannya.

Tidak ada batasan waktu tinggal bagi pasien di Rumah Singgah Pasien IZI selama mereka masih membutuhkan perawatan medis di rumah sakit yang dirujuk. 
 

3. Rumah Singgah 'Aafiyah

Rumah singgah ini adalah fasilitas penginapan sementara yang diperuntukkan bagi pasien kurang mampu yang dirujuk dari rumah sakit di daerah untuk menerima perawatan di Jakarta. Rumah singgah ini diprioritaskan bagi keluarga yang membutuhkan tempat menginap sementara saat menjalani rawat jalan di Jakarta. 

Baca juga: Menjajal LRT Jabodebek dari Stasiun Dukuh Atas, Transportasi Publik dengan Beragam Fasilitas

Syaratnya adalah pasien tidak menderita penyakit menular.  Rumah Singgah 'Aafiyah terletak di Jl. Anggrek Garuda V.A No.40 Blok G, RT.7/RW.2, Kemanggisan, Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Spesifikasi Mobil Listrik Xiomi SU7 yang Mejeng di MWC Barcelona 2024

BERIKUTNYA

WARNING Free Fire Season 2 Digelar di 4 Kota Berhadiah Puluhan Juta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: