Fitur kendaraan yang canggih menjadi salah satu alasan kendaraan diminati konsumen (Sumber gambar: pexels/ Ibrahim Bilgin)

Ini Model Desain & Fitur Mobil yang Akan Diminati Masyarakat Sepanjang 2024

04 January 2024   |   22:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Selain fitur yang mumpuni, model desain kendaraan juga menjadi salah satu pertimbangan konsumen dalam memilih mobil. Sepanjang tahun ini, desain kendaraan yang modern, futuristik, advance, dan sporty akan menjadi pilihan masyarakat.

Ada berbagai alasan kendaraan dengan desain-desain tersebut akan menjadi pilihan konsumen di dalam negeri sepanjang tahun ini. Salah satu di antaranya adalah karakteristik dari kendaraan tersebut.

Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Fransiscus Soerjopranoto menilai bahwa pasar mobil listrik akan kian menarik pada 2024 lantaran masyarakat akan kian akrab dengan kendaraan tersebut.

Kendaraan listrik itu memiliki model desain yang advance, modern, serta futuristik. “Jadi, desain yang tidak sama dengan saat ini. Kalau kita lihat brand baru memiliki model sama, lebih modern, advance, dan futuristik,” ujarnya.

Baca Juga: Cara Aman Berkendara di Jalan Tol MBZ, Perhatikan Kondisi Mobil dan Pengemudi

Kendaraan listrik merupakan sesuatu yang baru di dalam negeri dengan spesifikasi yang juga advance, sehingga desain kendaraannya diarahkan ke model tersebut. Desain kendaraan listrik tersebut juga tidak terlepas dari karakteristik konsumennya yang muda.

Meskipun begitu, dalam perkembangannya, desain tersebut mendapatkan apresiasi dari generasi yang lebih tua. Mereka ingin menjadi bagian dari kendaraan listrik.

Berbeda dengan kendaraan listrik, mobil dengan mesin pembakaran dalam atau internal combustion engine (ICE) tidak memiliki tren tertentu. “Mau desain apa saja ada,” ujarnya.

Sementara itu, Sales Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy menilai bahwa secara keseluruhan model desain mobil yang akan diminati oleh masyarakat pada 2024 adalah sporti. Alasannya, konsumen di dalam negeri memiliki karakter selalu berjiwa muda.

Baca Juga: Cek Teknologi EV Terbaru Xiaomi SU7, Padukan Ekosistem Kendaraan dan Tempat Tinggal

Konsumen yang memiliki karakter itu adalah individu yang suka dengan desain sporti dan futuristik. Kesukaan terhadap model desain sporti membuat tren mobil sport utility vehicle (SUV) akan terus mengalami peningkatan popularitas pada 2024. Mobil jenis itu menawarkan kenyamanan, keamanan, tenaga, dan juga efisiensi bahan bakar.

Minat masyarakat terhadap kendaraan dengan model desain sporti membuat perusahaan menyediakan varian RS untuk sebagian besar model mobil Honda.

Terkait dengan fitur, Soerjo dan Yusak menilai bahwa kendaraan dengan fitur teknologi tinggi akan diminati oleh masyarakat pada tahun ini. Bagi masyarakat, mobil bukan lagi sekadar alat transportasi untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.  

Soerjo menuturkan bahwa salah satu di antaranya adalah fitur yang menghubungkan antara pengemudi dengan kendaraannya melalaui gawai pintar. Pemilik mobil dapat melakukan banyak hal dengan fitur koneksi ini, seperti kondisi kendaraan, lokasi, dan sebagainya.

Selain konektivitas yang canggih, Yusak menilai kendaraan dengan teknologi ramah lingkungan dan fitur keselamatan yang lengkap juga akan menjadi pilihan masyarakat pada tahun ini.

Mereka akan memilih kendaraan tersebut lantaran kesadaran akan lingkungan mengalami peningkatan; insentif dari pemerintah untuk mobil berteknologi ramah lingkungan; dan sebagainya.

Baca Juga: Siap-siap, Harga Mobil Toyota Hingga Mitsubishi Naik pada Awal Tahun

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Siap-siap, Harga Mobil Toyota Hingga Mitsubishi Naik pada Awal Tahun

BERIKUTNYA

Game Minecraft Bakal Diadaptasi Jadi Film Live Action, Tayang 4 April 2025

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: