Ilustrasi Abdel (kanan) saat mendapat award sebagai Komika Terfavorit di Anugerah Komedi 2022 (sumber gambara Instagram Abdel)

Profil Abdel Achrian, Komedian dan Penyiar Multitalenta yang Akrab dengan Budaya Betawi

11 April 2023   |   15:25 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Kabar duka tengah menyelimuti keluarga komedian Abdel Achrian. Sebab, anak pertamanya bernama Keissha Aliyya Wulandari, meninggal dunia pada Senin, 10 April 2023. Anak sulung dari sosok komedian dan host kondang itu tutup usia pada umur 22 tahun yang dikabarkan akibat sakit.

Melalui akun Instagramnya, Abdel mengumumkan kabar duka tersebut. Dalam postingannya, dia juga menyertakan foto makam tempat anaknya dikebumikan. Namun, tidak mencantumkan di mana lokasi pemakamannya.

Baca juga: Mau Jadi Komika? Intip Peluang Stand Up Comedy di Indonesia Dulu Yuk!

"Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun, telah berpulang putri kami, Keissha A. Wulandari, kemarin tanggal 10 April 2023 jam 16.00 dikarenakan sakit, dan telah dimakamkan hari ini," tulis Abdel pada Selasa, (11/4/2023).
 
 

Selain itu, Abdel juga mengucapkan terima kasih atas semua perhatian dan doa dari para netizen. Ucapan duka dan doa memang datang dari banyak pihak, termasuk selebritas di Tanah Air seperti Yuki Kato, Ipang Lazuardi, hingga Gofar Hilman.

"Terima kasih atas perhatian dan kami mohon doanya untuk almarhumah," tulis sosok yang sering disapa Cing Abdel itu dalam postingannya.
 

Kiprah Abdel Achrian

Dihimpun dari beberapa sumber, Abdel Achrian lahir di Jakarta pada 27 september 1970. Meski dikenal sebagai komedian, Abdel memulai kariernya sebagai penyiar radio Suara Kejayaan (SK) yang sempat populer di Jakarta pada dekade 1980-an akhir.

Abdel merupakan anak ketujuh dari delapan bersaudara dari pasangan Daan Ahliddar Casym dan Putri Ratna Gumala. Orang tua Abdel hijrah ke Jakarta pada 1960-an, seiring pecahnya peristiwa Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI) di Sumatra Barat.

Di Ibu kota, Abdel tumbuh besar di lingkungan yang kental dengan budaya Betawi sehingga membuatnya terbiasa bicara dengan dialek dan bahasa Betawi. Tak hanya itu, karena sudah akrab dengan budaya Betawi, dia pun kerap disapa Cing Abdel oleh masyarakat.

Adapun, mengenai bakatnya sebagai komedian, Abdel mengaku kemampuannya melucu boleh dibilang karena bakat yang diturunkan ayahnya. Hal inilah yang kemudian membuat lelaki keturunan Minangkabau itu merambah dunia komedi sembari tetap menjadi penyiar radio.

Abdel merupakan alumni jurusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia. Suami dari Riani Wahyuningsih ini mulai dikenal masyarakat saat bermain di sitkom Abdel dan Temon bersama Simson Rarameha.

Program televisi yang populer pada dekade 2000-an ini memang membuat nama Abdel moncer. Tak hanya itu, serial komedi tersebut juga laris manis di pasaran, bahkan sampai dibuat beberapa sekuelnya yang saat ini pun masih sering disaksikan masyarakat.

Dalam sitkom ini juga ada karakter lain, yaitu Muklis seorang satpam yang selalu menjadi orang yang ditipu oleh Abdel dan Temon karena keluguannya. Tingkah kocak trio tersebut biasanya menemani masyarakat di siang hari dengan berbagai cerita sederhana tapi dibalut komedi yang bernas.
 

Presenter hingga Pemain Sinetron

Setelah namanya populer, Abdel juga sempat menjajal dunia presenting dengan menjadi pembawa acara rohani Mamah dan Aa Beraksi bersama ustazah Mamah Dedeh. Duetnya bersama ustazah dengan dialek Sunda itu pun berlanjut hingga acara bertajuk Hati ke Hati bersama Mamah Dedeh.

Selain itu, Abdel pun sempat bermain dalam sinetron Tukang Bubur Naik Haji (TBNH) the Series. Dia memerankan karakter Nelan, paman dari Haji Sulam yang merupakan suami dari Ncum. Sinetron yang tayang di RCTI pada 2012 itu pun cukup membuat pamor Abdel kembali populer.

Tak hanya itu, untuk mengasah bakatnya, Abdel juga menulis buku bertajuk Keluarga Berencanda. Selain itu dia turut berkolaborasi dengan komedian Mongol Stres dengan membuat  buku komedi Abdel & Mongol: It's Real, Man! yang mengisahkan sisi-sisi jenaka mereka.

Baca juga: Cerita Coki Anwar Menemukan Lucu dari Persona Komika Kuat

Di tengah boominginya tayangan stand up comedy di Indonesia, Abdel pun sempat  terjun dalam dunia komika. Lalu, pada 2017 Abdel  didaulat sebagai juri komentar di Stand Up Comedy Academy sempat yang tayang di Indosiar. Setelah itu dia juga sempat tampil sebagai komentator di beberapa ajang stand up comedy lainnya di Tanah Air.

Editor: Fajar Sidik
 

SEBELUMNYA

Keuntungan Mobil yang Punya Fitur Perintah Suara, Bisa Lebih Aman Berkendara

BERIKUTNYA

Rayakan Perilisan Lagu, Solois Jordan Susanto Bikin Showcase Still Drunk at Three Buns

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: