Ilustrasi perpustakaan (Sumber gambar: Unsplash/Gabriel Sollmann)

Daftar 5 Perpustakaan Terbesar di Dunia, China Masuk

25 February 2024   |   14:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Bagi para pencinta buku, bermain ke perpustakaan menjadi hal yang menyenangkan. Selain bisa membaca buku sepuasnya secara gratis, di perpustakaan pengunjung juga bisa mendapatkan banyak akses informasi lain yang penting dan juga menarik.

Jauh dari kata membosankan, ada banyak perpustakaan di dunia yang dibuat dengan konsep menarik. Beberapa di antaranya dibangun dengan optimal dan menjadi salah satu perpustakaan terbesar di dunia, baik secara luas lahan maupun koleksinya.

Jika sedang berkunjung ke beberapa negara berikut, tak ada salahnya untuk menyinggahi beberapa perpustakaan terbesar di dunia di bawah ini. Tentunya ini akan memberikan pengalaman membaca yang berbeda karena tingkat kenyamanan, fasilitas, hingga koleksinya juga berstandar internasional.

Baca Juga: Mencari Suasana Baru di Perpustakaan dan Pusat Budaya Belanda Erasmus Huis Jakarta

Berikut adalah 5 perpustakaan terbesar di dunia:
 

1. Perpustakaan Tianjin Binhai

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Yelly Chankomol (@yellyrzyx)


Perpustakaan Tianjin Binhai bukan hanya sebuah tempat menyimpan buku. Ini adalah tempat yang berfungsi sebagai distrik budaya dengan luas total 33.700 meter persegi. Terwujud dalam auditorium berbentuk bola bercahaya, perpustakaan ini menyimpan jutaan buku di rak-rak bertingkat dari lantai hingga ke langit-langitnya.

Rak buku bertingkat yang menggemakan bentuk bola menciptakan lanskap interior, topografi, yang konturnya menjangkau dan membungkus fasad. Perpustakaan futuristik ini memiliki lima tingkat yang berisi beragam fasilitas pendidikan, tersusun di sepanjang tepi interior dan diakses melalui ruang atrium utama.

Dari lantai dasar pengunjung dapat dengan mudah mengakses area membaca untuk anak-anak dan orang tua, auditorium dan akses bertingkat ke lantai atas. Lantai pertama dan kedua sebagian besar terdiri dari ruang baca, buku, dan area lounge, sedangkan lantai atas mencakup ruang pertemuan, kantor, ruang komputer dan audio, serta dua teras atap.
 

2. Library of Congress

 

Perpustakaan ini terletak di kota Wahsington DC. Pertama kali berdiri pada 1800, perpustakaan ini masih terus mampu bertahan dan eksis. Bahkan, melalui situs resminya, Library of Congress menyatakan diri sebagai perpustakaan terbesar di dunia.

Di perpustakaan ini, ada jutaan buku, film dan video, rekaman audio, foto, surat kabar, peta dan manuskrip dalam koleksinya. Perpustakaan ini berkomitmen melestariakan dan menyediakan akses ke sumber pengatahuan yang kaya, beragam, dan abadi. Sebab, melalui bacaan, orang akan menerima inspirasi dan perpustakaan selalu melibatkan itu pada upaya intelektual maupun kreatif.
 

3. British Library

 

British Library adalah perpustakaan nasional Kerajaan Inggris yang berada di bawah naungan Department for Digital, Culture, Media, and Sport. Perpustakaan ini menyimpan banyak arsip dan buku berharga dunia.

Rak di perpustakaan ini telah menampung lebih dari 170 juta item koleksi yang setiap harinya terus bertambah. Meski banyak mengoleksi buku klasik dan lawas, perpustakaan ini juga terus menerima buku terbitan baru.

Tak hanya buku, perpustakaan ini juga menyimpan arsip surat kabar, peta, rekaman suara, hak paten, hingga perangko. Perpustakaan ini berkomitmen menjadi ruang terbuka untuk belajar, bertemu teman, memulai bisnis baru, dan menapatkan inspirasi.
 

4. Perpustakaan Stuttgart

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Marwin Hui (@marwinhui)


Perpustakaan Stuttgart juga menjadi salah satu terbesar di dunia. Dengan arsitektur modern, perpustakaan ini memiliki dominasi warna putih bersih yang menciptakan suasana tenang. Perpustakaan ini terbilang bangunan anyar karena baru diresmikan pada 2011.

Selain keindahan arsitekturnya, tentu saja perpustakaan ini punya banyak buku yang bisa dibaca. Koleksinya lengkap baik untuk anak hingga dewasa. Dari segi konten, terdapat fokus khusus pada dunia sastra di wilayah Stuttgart, termasuk pameran permanen tentang penulis dan pemenang hadiah Stuttgart yang telah diperluas untuk mencakup seluruh wilayah budaya.
 

5. Central Library of Vancouver

 

Perpustakaan (Sumber gambar: www.vpl.ca)

Central Library of Vancouver (Sumber gambar: www.vpl.ca)


Central Library of Vancouver adalah salah satu perpustakaan besar yang terletak di Kanada. Perpustakaan ini berdedikasi untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran, membaca, dan informasi seumur hidup penduduk Vancouver selama lebih dari 100 tahun.

Setiap tahunnya, perpustakaan ini dikunjungi sekitar 6,5 juta orang dengan pelanggan yang meminjam hampir 9,5 juta buku, baik fisik maupun digital.

Baca Juga: Cara Reservasi & Daftar Anggota di Perpustakaan Umum Taman Ismail Marzuki Jakarta

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Daftar Pemenang SAG Awards 2024, Oppenheimer & The Bear Borong Piala

BERIKUTNYA

Film Agak Laen Tembus 7 Juta Penonton, Kritikus Film Minta Hal Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: