Perpustakaan Umum Jakarta di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Eusebio chrysnamurti)

Cara Reservasi & Daftar Anggota di Perpustakaan Umum Taman Ismail Marzuki Jakarta

15 January 2023   |   18:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Ibu kota Jakarta memiliki deretan perpustakaan dengan koleksi bukunya yang melimpah. Salah satu yang kerap dikunjungi anak-anak muda untuk membuka wawasan mereka adalah Perpustakaan Umum Jakarta di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat, yang cukup menyita perhatian dalam beberapa waktu terakhir. 

Sejak dibuka pada 8 Juli 2022, perpustakaan ini memang tak pernah sepi pengunjung. Pasalnya tempat ini tidak hanya menjadi gedung yang mengkoleksi ribuan buku, melainkan juga jadi ruang publik yang bisa dinikmati masyarakat dengan berbagai fasilitas menarik. 

Baca jugaCek Syarat & Cara Meminjam Buku di Perpustakaan Nasional, Wajib Jadi Anggota Dulu
 
 

Bangunan yang menjadi bagian Gedung Panjang di kawasan TIM ini terletak di lantai 3-6. Adapun, berbagai fasilitas yang bisa dinikmati adalah ruang baca terbuka, bilik bermain anak, ruang privasi, ruang siniar (podcast), ruang membaca khusus disabilitas, hingga ruang komunitas, dan area koleksi.

Sementara itu, dari segi koleksi buku, dihimpun dari akun instagram resminya, Perpustakaan Jakarta memiliki 38.000 judul buku, dan terdiri dari kurang lebih 190.000 eksemplar. Untuk jam operasional, Perpustakaan ini dibuka dari pukul 09.00-17.00 WIB.  Tapi, kamu tidak bisa langsung berkunjung ke sana loh Genhype. Sebab kamu harus melakukan reservasi dulu, berikut caranya.
 

Cara Reservasi Online

  • Buka aplikasi Jaklitera atau laman perpustakaan.jakarta.go.id.
  • Klik fitur 'Akun' yang terletak di bagian di bawah.
  • Jika belum memiliki akun kamu bisa mendaftarkan diri dengan memasukkan data username/NIK/No Kitas, serta password. Tapi jika sudah, maka langsung pilih 'Masuk'.
  • Jika sudah bisa masuk portal, klik 'Jelajahi' dan isi buku tamu yang telah disediakan oleh laman.
  • Masukkan tanggal kunjungan yang diinginkan di bagian formulir, pilih Perpustakaan Jakarta Cikini, lalu ketikkan NIK kalian.
  • Setelah selesai, maka akan muncul QR code yang gunanya nanti dapat difungsikan untuk check-in saat berkunjung ke Perpustakaan Umum Taman Ismail Marzuki Jakarta.
Selain cara melakukan reservasi, ada baiknya kamu juga masuk dalam daftar keanggotaan Perpustakaan Umum Taman Ismail Marzuki Jakarta loh Genhype. Sebab dengan masuk menjadi anggota, kamu bisa meminjam buku yang belum selesai dibaca untuk dibawa pulang ke rumah. 

Tak hanya itu, kamu juga memiliki fasilitas lebih, termasuk bisa langsung memilih jadwal kunjungan, menggunakan fasilitas ruang multimedia, dan multifungsi, hingga mengoperasikan komputer yang ada di sana. Berikut langkah-langkahnya.
 

Cara Daftar keanggotaan 

  • Buka aplikasi Jaklitera atau kunjungi laman perpustakaan.jakarta.go.id. 
  • Jika belum terdaftar sebagai anggota maka daftarkan diri dengan klik 'Register'. Isi data diri berupa NIK, Nama Lengkap, Nomor WhatsApp, User Name, Email dan Kata Sandi.
  • Klik 'Selanjutnya' untuk memperoleh kode OTP melalui email. 
  • Konfirmasi kode OTP melalui tautan yang masuk ke amil yang telah dicantumkan. 
  • Selanjutnya, verifikasi data diri dengan cara mengunggah foto diri dengan format close up, lalu klik 'Lengkapi Data Diri'. 
  • Bagi masyarakat yang memiliki KTP luar DKI Jakarta maka wajib mengunggah KTP dan surat keterangan domisili atau surat keterangan yang menunjukan bekerja, atau bersekolah di Jakarta. 
  • Isi alamat lengkap yang sesuai dengan alamat KTP, lalu klik 'Selesai'. 
  • Jika pendaftaran berhasil, Anda akan menerima status Terverifikasi melalui email atau periksa akun Jaklitera masing-masing. 
Baca jugaRekomendasi 5 Perpustakaan Estetik di Jakarta, Koleksinya Lengkap & Bikin Betah

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

10 Outfit Wajib Saat Traveling ke Negara Bersalju

BERIKUTNYA

Bukan Border Collie, Ini Ras Anjing Paling Pintar di Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: