Ilustrasi perempuan yang memiliki kantung mata (Sumber foto: Pexels/Alena Darmel)

Punya Mata Panda? Cek Penyebab dan Cara Mengatasi Kantung Mata

21 February 2024   |   19:15 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Sebagian besar dari Genhype pasti pernah mengalami munculnya kantung di bawah mata. Ketika kurang tidur menjadi kebiasaan atau terlalu banyak waktu dihabiskan di depan layar laptop, kantung di bawah mata pun dapat muncul tanpa disadari. 

Dilansir melalui Mayo Clinic, kantung mata adalah kondisi dimana terjadi pembengkakan ringan pada bawah mata yang berbentuk seperti kantung. Jadi, cairan lemak yang berada di mata itu berpindah kebawah kelopak mata sehingga tampilannya terlihat seperti bengkak. Sebenarnya keadaan ini umum terjadi pada siapa saja apalagi jika usia kalian semakin bertambah.

Baca juga: Ini 3 Alasan Kenapa Krim Mata Wajib Digunakan secara Rutin

Untuk gejalanya sendiri itu biasanya pembengkakan yang ringan dikelopak bawah mata, kulit menjadi kendur, dan muncul lingkaran gelap di bawah mata. Hal ini tentu pasti membuat kalian risih karena dapat menganggu penampilan wajah dan membuat kita menjadi tidak percaya diri. Lalu, sebenarnya apa yang dapat menyebabkan munculnya kantung di bawah mata?


Penyebab munculnya kantung mata

  • Penuaan
  • Retensi cairan, terutama setelah bangun tidur atau setelah mengonsumsi makanan asin
  • Kurang tidur
  • Alergi
  • Merokok
  • Genetika
  • Kondisi medis, seperti dermatitis, dermatomiositis, penyakit ginjal, dan penyakit mata tiroid
 

Sumber foto: Pexels/MART PRODUCTION

Sumber foto: Pexels/MART PRODUCTION


Cara mengatasi kantung mata

Sebenarnya kantung mata memang bukan merupakan gejala yang terlalu serius atau membutuhkan perawatan medis. Umumnya, pembengkakan di bawah mata akan menghilang secara alami seiring berjalannya waktu.

Sementara itu, kamu juga tidak perlu mendatangi dokter karena gejala ini bisa kamu atasi sendiri di rumah, diantaranya:


1. Tidak menggunakan bahan kimia

Penting untuk menghindari bahan-bahan kimia yang berpotensi merusak atau menyebabkan iritasi pada kulit, karena hal ini dapat mempengaruhi kesehatan kulit di sekitar mata dan memicu pembengkakan. Memilih produk yang lembut dan ramah kulit bisa menjadi langkah untuk menjaga area mata tetap sehat dan bebas dari kantung mata yang tidak diinginkan.
 

2. Kompres air dingin

Genhype juga bisa kompres kantung mata tersebut dengan air dingin atau es batu yang dibaluti dengan kain. Tempelkan saja selama beberapa menit pada kantung mata. Jangan lupa lakukan pengobatan ini secara rutin agar hasil maksimal dan kantung mata cepat hilang.
 

3. Gunakan eye cream

Selain itu disarankan juga untuk rutin menggunakan eye cream setiap malamnya. Pilih produk yang cocok dengan kulit kalian. Namun, jika kalian merasa kondisi kantung mata menjadi lebih parah hingga membuat matamu iritasi, maka segera hubungi dokter, ya!


4. Kompres dengan kantung teh

Apakah Genhype tahu kalau teh memiliki kandungan kafein? Nah, kandungan kafein itu nantinya berguna untuk mengeluarkan cairan pada kantung dibawah mata yang dapat mengurangi pembengkakan. Kalian bisa rendam kantung teh tersebut pada air dingin selama beberapa menit. Kemudian tempelkan kantung teh yang sudah direndam tersebut di area bawah mata. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Harga Beras Naik Tinggi, Cek 5 Bahan Makanan Alternatif Pengganti Nasi 

BERIKUTNYA

3 Musisi Lokal dengan Ciri Khas Audio & Visual yang Unik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: