Ilustrasi studio seni. (Sumber gambar: Unsplash/Matthieu Comoy)

Mau Belajar Seni? Cek Rekomendasi Studio Seni Menarik di Indonesia & Dunia

21 February 2024   |   09:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Studio kini tidak lagi hanya untuk memproduksi karya seni, tetapi membangun pengetahuan dengan berbagai macam kegiatan seperti pameran, simposium, hingga workshop. Dengan demikian, ada perdagangan wacana seni yang terbarukan melalui kegiatan ini hingga terbentuknya komunitas-komunitas baru.

Hal ini lah yang ditanamkan dalam Studio Kalahan, yang didirikan Heri Dono sejak 2014 di Sleman, Yogyakarta. Bekas rumah residensi polisi Belanda yang sempat digunakan untuk pembuatan keramik dan sekolah dasar itu, dibuka sebagai wadah seniman muda tampil untuk menggelar pameran hingga diskusi. 

Baca juga: Intip Dapur Studio Seni Adi Gunawan, Heri Dono, Nana Tedja & Dolorosa Sinaga

Heri Dono menyampaikan sejak dibuka untuk publik 2015, banyak masyarakat dari luar kota hingga luar negeri yang berkunjung untuk mendapat pengetahuan tentang seni, baik itu lukisan hingga seni instalasi kontemporer. Studio Kalahan menyimpan arsip tentang seni mulai dari 1979 hingga ragam karya yang diciptakan Heri Dono sampai saat ini. 

“Jadi orang ke sini (Studio Kalahan) tidak hanya melihat karya seni, tetapi mereka belajar dari apa yang ada pada konsep yang saya buat sebelumnya,” ujar Heri Dono kepada Hypeabis.id beberapa waktu lalu. 

Selain Studio Kalahan, berikut daftar studio para seniman lokal hingga mancanegara yang bisa kamu kunjungi untuk belajar banyak hal tentang seni. Apa saja? Yuk simak selengkapnya. 
 

Studio Seni di Indonesia

 

1. Nasirun Studio

Studio koleksi pribadi milik pelukis Nasirun ini terletak di Kompleks Perum Bayeman Permai, Bantul, Yogyakarta. Buka dari jam 08.00-16.00 WIB, Nasirun Studio menampung ratusan karya milik ‘Pelukis Sufi’ itu dan sejumlah seniman lainnya.  
 

2. Somalaing Art Studio

Terletak di Jalan Raya Pondok Gede, Makasar, Jakarta Timur, Somalaing Art Studio didirikan oleh pematung perempuan ternama Indonesia, Dolorosa Sinaga. Wanita kelahiran Sibolga, Sumatra Utara itu mengelola dan mendidik pekerjanya menjadi mahir di bidangnya seperti ahli cetak, ahli pewarnaan patung, dan ahli membuat model patung di studio miliknya. Dia juga membuka studionya bagi siapa saja yang tertarik untuk belajar membuat patung. 
 

3. Ganara Art

Konsep yang ditawarkan lembaga pendidikan seni budaya Ganara Art terbilang cukup unik. Studio ini terbilang mobile karena berada di sejumlah lokasi di Jakarta seperti pusat perbelanjaan dalam jangka waktu tertentu. Didirikan Saraswati Djumaryo, Ganara Art terdiri dari galeri yang menyediakan instalasi seni, hingga menyediakan berbagai workshop seni seperti membuat keramik dan melukis. 
 

4. Bartega

Diluncurkan pada 2017, fokus utama Bartega adalah menyediakan wadah masyarakat yang ingin melukis hingga acara bertema kesenian. Bartega kerap menyelenggarakan acara melukis di sejumlah tempat dengan cara bermitra dengan yayasan amal dan platform penggalangan dana. Bartega Studio kini berada di Lotte Shopping Avenue, Jakarta. 
 

5. Studio Tactic

Di Studio ini banyak karya seni yang terbuat dari sampah plastik seperti instalasi hingga berbagai kerajinan yang punya nilai jual. Didirikan Mutia Bunga, seniman lukis asal Yogyakarta itu mengajak masyarakat sekitar berkesenian dengan media sampah sebagai aksi mengatasi persoalan lingkungan.  
 

Studio Seni Populer di Dunia

 

1. Jackson Pollock and Lee Krasner, New York

Terletak di East Hampton, New York, Amerika Serikat, pengunjung bisa melihat sisa-sisa cat di lantai hasil dari kerja karya seniman Pollock dan istrinya, Krasner. Sementara itu, di dindingnya terdapat foto dan teks yang berkaitan dengan karier kedua seniman tersebut serta memperlihatkan jejak fisik lukisan Krasner. 
 

2. Rene Magritte, Belgia

Menjadi markas para surealis di Belgia, studio ini menjadi saksi bisu kerja sang seniman, Rene Magritte. Di tempat itu, Rene melukis hampir setengah karyanya yang unik, termasuk menjadikan barang-barang rumah tangga sebagai inspirasi dalam menghasilkan karya seni yang apik. 
 

3. Studio Barbara Hepworth, Inggris

Di studio Barbara Hepworth, pengunjung bisa melihat ruangan tempat Hepworth menghasilkan patung-patungnya. Ada potongan batu dan kayu khas, serta cetakan plester yang menjadi wadah pematung Inggris pada awal Perang Dunia II itu. Semua dijaga sesuai kondisi aslinya. 
 

4. Studio Joan Miro, Spanyol

Pelukis, pematung, dan pembuat grafis asal Spanyol, Miro yang dikenal karena patung biomorfik dan komposisi abstraknya mendirikan Fundació Pilar i Joan Miró, untuk melestarikan studionya. Studio ini dibuat sebagai inspirasi bagi seniman masa depan. Saat ini, garasinya menampung bengkel seni grafis yang masih berfungsi. 
 

5. Studio Claude Monet’s, Perancis

Di tempat ini, pengunjung bisa melihat tempat pelukis impresionis Claude Monet menuangkan karya-karyanya pada 1883, hingga meninggal 46 tahun kemudian. Rumah ini dipenuhi dengan koleksi cetakan ukiyo-e Jepang karya Monet, yang tidak diragukan lagi memengaruhi pilihan subjek, pendekatan komposisi, dan keinginannya untuk melukis perubahan musim.

Sang seniman memiliki tiga studio berbeda di lokasi tersebut. Studio aslinya di lantai dasar kini dipenuhi dengan 60 replika lukisan. Putra Monet mewariskan properti tersebut kepada Academie des Beaux-Arts dan dibuka sebagai objek wisata pada 1980.

Sejak saat itu, tempat ini menjadi salah satu studio seniman terkenal terbaik untuk dikunjungi di Eropa, meskipun sebagian besar pengunjung datang untuk mengagumi taman yang rimbun, kolam teratai, dan subjek jembatan Jepang yang sangat familiar dari lukisan sang seniman.

Baca juga: Penikmat Seni Merapat, Cek Agenda Pameran Seni Februari 2024 di Jakarta hingga Bali

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Memacu Derap Kesetaraan Gender di Bidang Studi STEM

BERIKUTNYA

Rekomendasi Laptop Gaming Februari 2024, Performa & Sistem Pendinginnya Top

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: